5 Keunggulan Serta Kekurangan Jika Memakai Kompor Listrik

Untuk kegiatan memasak sehari-hari, biasanya kita menggunakan kompor gas. Namun berkat kemajuan zaman, saat ini kita memiliki banyak sekali alternatif, salah satunya adalah kompor listrik. Dibandingkan dengan kompor gas, kompor listrik lebih ramah lingkungan karena tidak menggunakan gas ataupun minyak untuk menyalakannya. Namun dengan munculnya berbagai macam jenis kompor, tentunya akan membuat para pengguna sedikit bingung untuk memilihnya.

Anda juga bisa beli kompor listrik di MatahariMall.com, untuk itu, agar Anda tidak terlalu bingung dalam memilih kompor, berikut ini sedikit keterangan tentang keunggulan dan kekurangan dalam menggunakan kompor listrik :

[heading centered=”yes” margin_bottom=”no” large=”no” background=”no”]Kekurangan kompor listrik:[/heading]

[checklist type=”checked” margin_bottom=”no”]

  • Dengan permukaan yang datar, pastinya Anda akan merasa kesulitan saat hendak memakai untuk memasak saat memakai peralatan seperti wajan atau penggorengan yang bawahnya tidak rata.
  • Kompor listrik membutuhkan daya yang cukup besar, sehingga bagi Anda yang tidak memiliki daya listrik yang tidak terlalu besar tentunya akan kesulitan saat hendak memakai kompor listrik. Untuk sekali pemakaian kompor listrik memerlukan daya 400-1000 watt, memang sebenarnya bisa juga memakai daya sekitar 100 watt namun tentunya akan membuat waktu masak Anda menjadi lebih lama.
  • Untuk kompor listrik yang menggunakan kumparan kawat di dalamnya, tergolong sangat berbahaya saat tangan Anda tidak sengaja menyentuh permukaan kompor tersebut saat menyala.
  • Tidak bisa digunakan untuk peralatan masak yang berukuran besar, karena ukuran kompor listrik yang kecil tidak akan sesuai dengan ukuran panci atau penggorengan yang besar.
  • Jika Anda memakai kompor listrik yang mengandung micro controller chip di dalamnya, maka Anda tidak bisa menggunakan alat-alat masak yang terbuat dari stainless steel.

[/checklist]

 

[heading centered=”yes” margin_bottom=”no” large=”no” background=”no”]Kelebihan kompor listrik :[/heading]

[checklist type=”checked” margin_bottom=”no”]

  • Lebih ramah lingkungan, karena kompor listrik tidak memerlukan gas ataupun minyak untuk menyalakannya, selain itu menggunakan kompor listrik juga tidak ada buangan limbah berupa gas atau polusi lainnya.
  • Untuk kompor listrik bisa dibilang harganya lebih murah dibanding kompor gas, memang untuk setiap unitnya mempunyai harga yang bervariasi namun cenderung lebih murah dibandingkan dengan kompor induksi. Selain itu kompor listrik ini sifatnya permanen, yaitu Anda hanya perlu mengeluarkan uang sekali saja setelah itu tidak perlu mengeluarkan banyak uang lagi nantinya.
  • Jauh lebih aman dibandingkan dengan kompor gas atau kompor minyak. Jika memakai kompor gas Anda harus berhati-hati saat hendak memasang gasnya, selain itu Anda juga harus secara rutin memeriksa selang gas agar tidak terjadi kecelakaan yang tidak diinginkan. Jika Anda memakai kompor listrik tentunya hal tersebut tidak akan terjadi.
  • Dengan kompor listrik, Anda akan lebih mudah mengatur suhunya dibanding menggunakan kompor lainnya. Anda juga bisa mengatur panas kompor sesuai dengan masakan yang hendak anda masak.
  • Dengan memakai kompor listrik tentunya akan lebih ekonomis, dengan kemampuan yang hampir sama dengan kompor gas, kompor listrik tidak memerlukan banyak energi dibandingkan dengan menggunakan kompor gas.

[/checklist][spacing margin=”no” border=”no”][/spacing]

Bagaimana? Masih bingungkah untuk menentukan hendak memakai kompor listrik atau kompor gas? Saya sarankan untuk memilih kompor listrik dibandingkan kompor gas, meskipun ada kekurangannya namun cenderung lebih aman dibandingkan kompor gas. Apalagi jika Anda memang menghindari pemasangan gas karena terlalu rumit.

Untuk pemilihan kompor listrik sendiri, anda bisa melihat berbagai macam jenis untuk beli kompor listrik di MatahariMall.com akan ada banyak promo di MatahariMall setiap bulannya, jadi jangan sampai ketinggalan, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *