Alexa traffic rank merupakan hal yang krusial bagi para blogger serius. Sebab rank ini bukan hanya untuk mengukur peringkat sebuah situs web di antara jutaan web yang ada di dunia, tapi juga berpengaruh terhadap *ehem* job. Menurut para blogger yang sudah senior sih gitu, Alexa rank menjadi salah satu faktor yang dijadikan pertimbangan oleh brand ketika akan memberikan job kepada blogger.

Sejak diperkenalkan pada tahun 1998, Alexa Traffic Rank ini sudah menuai banyak sekali mitos. Hasil spekulasi para netizen yang beredar dari postingan ke postingan. Tapi apakah semua mitos itu benar? Coba kita lihat.

Artikel ini saya terjemahkan secara membabi buta bebas dari artikel “Top 6 Myth About The Alexa Traffic Rank” yang ditulis langsung oleh Greg Orelind, Senior Product Manager-nya Alexa. Semoga bermanfaat.

#1. Alexa hanya menghitung traffic dari website yang sudah menginstal Alexa toolbar

Tidak benar. Alexa rank dihitung berdasarkan spesifikasi yang sangat luas, juga berdasarkan ekstensi browser dan plug-in yang berbeda-beda. Alexa toolbar hanya salah satu dari sekian banyak ekstensi browser yang memuat data Alexa. Dan, bagi website yang sudah menginstal Alexa Certify Code, Alexa akan langsung menghitung trafik seluruh pengunjung website baik itu yang memiliki Alexa toolbar maupun tidak.

#2. Alexa hanya menghitung para Internet Marketing dan pemilik website

Ini berhubungan dengan mitos pertama, juga tidak benar. Sistem penghitungan Alexa berdasarkan jutaan pengguna Internet yang menggunakan lebih dari 25,000 ekstensi browser, sebuah perbandingan yang sangat luas.

#3. Mengklaim website akan meningkatkan rank Alexa

Mengklaim website yang Anda gunakan tidak akan berpengaruh terhadap rank, Anda bahkan tidak harus melakukan klaim hanya agar website Anda dihitung oleh Alexa. Mengklaim website (yang notabene gratis) dan mengisi data-data serta informasi kontak yang valid berfungsi agar Anda tidak kehilangan kesempatan bisnis dari jutaan orang yang mengunjungi Alexa setiap bulannya.

#4. Menginstal Alexa widget akan meningkatkan rank

Nope. Alexa widget berfungsi agar Anda bisa mempromosikan rank Alexa kepada pengunjung website Anda. Widget tidak dipergunakan untuk menghitung trafik.

#5. Jika trafik website meningkat selama beberapa hari, rank akan otomatis meningkat

Tidak juga. Global Alexa rank memang update setiap hari, tapi ini berdasarkan jumlah pengunjung website Anda dalam kurun waktu 3 bulan. Jadi, trafik hari ini adalah 1/90 dari trafik yang akan berpengaruh pada rank web Anda. Lagi pula, rank sebuah web sangat tergantung kepada web lainnya. Jadi, perubahan trafik web lain akan berpengaruh kepada rank Alexa Anda.

#6. Jika menggunakan Alexa berbayar, rank Alexa akan lebih baik

Sama sekali tidak. Memang, produk yang berbayar dapat membantu Anda mendapatkan lebih banyak trafik yang barangkali saja bisa meningkatkan rank Anda. Itu karena dengan menggunakan Alexa Certify Code, trafik web Anda akan dihitung secara pasti alih-alih hanya estimasi. Penghitungan jadi lebih akurat, tapi lebih akurat bukan berarti rank yang lebih baik.

*

Well, cara paling baik untuk meningkatkan Alexa rank menurut para pakar Alexa adalah dengan membuat konten yang berkualitas dan kontinu untuk mendongkrak trafik dan engagement dengan pembaca blog Anda. Tolong diingat, urutannya adalah kualitas konten dulu lho ya, jangan trafik dulu karena mesin pencari Google sekarang mah sudah cerdas.

Demikian. Selamat siang.

~eL
(Blogger setengah serius)

45 Comments

  1. July 31, 2016 at 2:46 pm

    Peingkat dipengaruhi oleh peringkat web lain, Mas.

  2. July 31, 2016 at 2:45 pm

    Content is a king.

  3. January 9, 2016 at 5:35 pm

    *angguk-angguk* endingnya apik, yabg penting kualitas kontennya dulu. Iyes. 😀

  4. November 4, 2015 at 7:21 am

    Itu aku waktu pertama-tama, sering terbalik dengan klout score. Hahaha.

Leave a Reply