7 Tempat Wisata Penuh Misteri di Bali

Berbicara tentang Bali, tentu bukan hanya berbicara tentang deretan pantai memesona dengan bangunan hotel dan vila mewah di sisinya. Ternyata, Pulau Dewata ini menyimpan berbagai tempat-tempat unik dengan kisah mistis yang bisa mengundang rasa penasaran. Selain terkenal dengan aura mistisnya, beberapa bangunan misterius ini bisa Anda jadikan destinasi wisata seru sekaligus uji nyali! Atau kalau Anda tertarik dengan sejarah, tempat-tempat ini bisa dijadikan tempat pembelajaran. Penasaran seperti apa dan bagaimana cerita di balik bangunan-bangunan terbengkalai ini? Berikut beberapa spot di Bali yang sarat akan kisah mistisnya.

1. Pura Gowa Lawah Bali

Foto: Budi Suartika

‘Lawah’ dalam bahasa Bali memiliki arti kelelawar. Pura ini selain difungsikan sebagai tempat ibadah para umat Hindu, juga merupakan rumah dari ribuan kelelawar yang berdiam di dalam mulut gua. Menurut legenda masyarakat lokal, gua ini menyimpan berbagai kisah yang unik juga misterius. Ada yang meyakini bahwa lorong di dalam gua ini memiliki jarak yang sangat panjang hingga dapat melewati gunung sampai kota terdekat. Mitos lainnya menyebutkan bahwa gua ini merupakan rumah dari raja ular yang memiliki mahkota di kepalanya. Selayaknya mitos, sampai saat ini, tidak ada yang dapat memastikan kebenaran cerita tersebut, dan hingga kini masih menjadi sebuah cerita saja. Terlepas dari kebenaran ceritanya, Pura Goa Lawah memiliki struktur candi yang memiliki keunikan tersendiri. Anda pun bisa mengunjungi tempat ini dan menikmati keindahan alam di sekitar pura.

Destinasi: Pura Gowa Lawah Bali
Lokasi: Desa Pesinggahan, Kabupaten Klungkung, Bali Timur

 

2. Kuburan “Wangi”

Foto: Cumi Lebay

 

Apa yang terlintas di benak anda saat mendengar kata “kuburan”? Batu nisan? Pemakaman? Hal yang berbeda akan Anda temukan di desa Trunyan, kabupaten Bangli, Bali. Setiap jenazah di sini bukan dimakamkan atau dibakar selayaknya upacara pemakaman pada umumnya, tetapi dibiarkan begitu saja di atas tanah. Inilah keunikan yang hanya ada di desa Trunyan. Menariknya, Anda sama sekali tidak akan mencium bau bangkai di area kuburan meskipun banyak sekali tengkorak dan tulang belulang yang berserakan di tempat ini. Ternyata, penyebab jenazah tidak berbau adalah adanya pohon Taru Menyan, yaitu sebuah pohon raksasa yang berusia hampir 11 abad, dan merupakan asal mula nama Desa Trunyan.

Setiap jenazah di sini diletakkan begitu saja di atas tanah dan hanya ditutupi ancak saji atau penutup jenazah yang terbuat dari dedaunan. Ancak saji ini dikhususkan bagi jenazah yang kondisinya masih utuh atau baru saja meninggal, dengan jumlah ancak saji berjumlah 11 (jumlah ancak saji ini tidak boleh lebih atau berkurang). Sebelum menaruh mayat di atas tanah, ancak saji yang berada di paling pinggir, digeser tulang-tulangnya, dan area ancak saji yang kosong itulah yang kemudian “ditukar isinya” dengan jenazah yang baru meninggal. Di sekitar ancak saji disimpan pula benda-benda peninggalan milik mendiang. Banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang penasaran dengan wisata “menyeramkan” ini. Bagaimana dengan Anda?

Destinasi: Kuburan Wangi atau Kuburan Trunyan

Lokasi: Desa Trunyan, Kabupaten Bangli, Bali Timur

 

3. Taman Festival Bali

Foto: Anthony Yates

 

Empat belas tahun yang lalu, Taman Festival Bali merupakan sebuah area rekreasi yang banyak dikunjungi wisatawan. Di sini terdapat area bermain, kolam buaya, dan berbagai fasilitas menarik lainnya. Taman Festival Bali memiliki desain interior yang mewah dan megah. Namun, masalah perekonomian yang buruk membuat taman ini akhirnya ditutup. Jika sekarang Anda pergi ke taman hiburan terbesar di wilayah Sanur Bali ini, maka yang akan Anda lihat adalah sisa-sisa bangunan yang sudah tidak terawat, kandang buaya yang sudah kosong, dan rerimbunan semak belukar yang menutupi sekitar area gedung. Banyak yang menyebut tempat ini sebagai taman hantu karena kisah mistisnya, ditambah banyak orang yang percaya jika tempat ini merupakan persinggahan para buaya untuk membuat sarang mereka. Kini, banyak wisatawan yang datang ke Taman Festival Bali untuk menjadikannya spot foto yang unik. Tidak sedikit pula yang menjadikannya sebagai tempat foto-foto pre-wedding. Tertarik untuk berfoto di tempat ini?

Destinasi: Taman Festival Bali

Lokasi: Desa Kesiman, Kota Denpasar, Bali Selatan

 

4. PI Bedugul

Foto: Piet Mulder

 

Bangunan ini merupakan sebuah hotel terbengkalai yang berlokasi di kawasan wisata Bedugul, dibangun pada tahun 1997 oleh anak dari presiden Indonesia kedua Soeharto, yaitu Tommy Suharto. Dilihat dari arsitektur bangunannya, hotel ini sudah hampir selesai, namun, proses pembangunannya tiba-tiba dihentikan tanpa sebab yang pasti. Dari cerita yang beredar, tempat ini menyimpan berbagai kisah misterius. Konon jika Anda masuk ke dalam bangunan hotel, Anda bisa mendengar suara alat-alat berat seperti sedang melakukan pembangunan sebuah gedung. Banyak pula yang menyebut hotel ini sebagai istana berhantu. Apakah Anda cukup berani untuk mengunjungi hotel ini?

Destinasi: PI Bedugul (Hotel Istana Berhantu)

Lokasi: Kabupaten Tabanan, Bali Utara

5. Patung Bayi Sakah

Foto: Nyoman Martawan

 

Di daerah Gianyar, tepatnya di simpang tiga jalan raya Sakah, Desa Batuan Kaler, Sukawati, terdapat sebuah patung raksasa berbentuk bayi yang terkenal sangat angker. Menurut masyarakat setempat, patung bayi ini selalu menangis di pertengahan malam, terutama pada saat bulan purnama. Patung ini merupakan lambang perwujudan Sang Hyang Brahma Lelare, yang merupakan simbol kelahiran manusia di dunia. Tampilan patung ini menyerupai bayi manusia, tanpa busana, posisinya duduk tenang penuh wibawa di atas bongkahan batu karang yang artistik. Hingga saat ini, belum diketahui secara pasti asal muasal pembuatan patung bayi yang menjadi ciri khas Gianyar.

Destinasi: Patung Bayi Sakah

Lokasi: Desa Batuan Kaler, Kabupaten Gianyar, Bali Timur

6. Pohon Bunut Bolong

Foto: Niko Sergeew

 

Di Kabupaten Jembarana, tepatnya di Desa Manggis Sari, Kecamatan Pekutatan, terdapat sebuah pohon unik yang dikenal dengan nama Bunut Bolong. Pohon ini memiliki lubang di tengahnya, sehingga bisa menjadi akses keluar masuk kendaraan. Namun, tidak sembarangan kendaraan bisa dan boleh melewati pohon Bunut Bolong,  mobil jenazah, mobil pembawa pengantin, serta mobil yang membawa abu orang meninggal, dilarang keras untuk melewati pohon lubang misterius ini. Beberapa kisah menyebutkan, bahwa jika melanggar aturan tersebut, maka kendaraan yang melewati pohon ini tidak akan selamat sampai tujuan. Saat ini, pemerintah setempat sedang berencana untuk membangun jalan di sebelah kanan pohon Bunut Bolong, khusus untuk kendaraan yang tidak diperbolehkan melewati lubang pohon ini, supaya semua kendaraan bisa melewati daerah ini dengan aman dan nyaman.

Destinasi: Pohon Bunut Bolong

Lokasi: Desa Manggis Sari, Kabupaten Jembrana, Bali Barat

 

7. Bounty Beach Club

Foto: Berita 9

 

Vila terbengkalai ini terletak di Gili Menoa, sebuah pulau kecil di Bali. Jika anda penasaran ingin pergi ke tempat ini, Anda akan menemukan puing-puing bangunan yang masih tetap utuh tapi sudah sangat berantakan. Berbagai rumor beredar tentang bangunan tak berpenghuni ini, ada yang menyebutkan bangunan ini terabaikan setelah peristiwa bom Bali pada tahun 2002 silam. Sementara rumor lain menyebutkan bangunan ini terbengkalai setelah sang pemilik meninggal tak terduga. Meskipun begitu, bangunan dengan arsitektur khas Bali ini bisa menjadi alternatif pilihan spot foto yang Instagramm-able. Berani berfoto di sini?

  • Destinasi: Bounty Beach Club
  • Lokasi: Gili Menoa, Bali

Pulau Bali memang dikenal dengan tradisi juga adat budaya yang masih dijaga hingga sekarang, mungkin hal itu pula yang menjadikan beberapa tempat memiliki aura magis tersendiri. Jika Anda berminat pergi ke sana, sebelum mengunjungi tempat-tempat di atas, pastikan Anda didampingi oleh tour guide warga lokal setempat agar tidak melanggar adat yang berlaku. Dan pastikan juga anda update mengenai info harga tiket pesawat murah menuju Bali. Jangan terlewat untuk update promo hotel dan melakukan booking kamar hotel termurah melalui situs Reservasi.com. Terlepas dari kisah seramnya, melakukan traveling ke tempat-tempat yang belum pernah dikunjungi sambil belajar mengenai beragam kebudayaan dan sejarahnya, tentunya sangat seru mengasyikan bukan?

Salam,
~eL

3 thoughts on “7 Tempat Wisata Penuh Misteri di Bali

  1. norikoreza Reply

    dari dulu paling penasaran sama Desa Trunyan karena ada kuburan wanginya..
    pengen mampir kesana tapi nggak pernah berani dan akhirnya cari lokasi wisata lain >_<

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *