SEO, seperti yang kita semua tahu, adalah singkatan dari search engine optimization. Dalam pengertian yang lebih sederhana, SEO adalah cara mesin pencari seperti Google.com, Yahoo.com, dan Bing.com dalam menyajikan halaman Anda dari hasil pencarian para pengguna di situs mereka.

✎

BAGAIMANA CARA MEREKA MELAKUKANNYA?

Well, mereka menggunakan software canggih yang disebut spider. Jika Internet diibaratkan sebagai sebuah ruangan kosong dan situs-situs sebagai partikel udara, maka tugas Mr. Spider-lah untuk menyelinap ke dalam ruangan tersebut. Pada dasarnya, setiap langkah kecil yang diambil oleh Mr. Spider, artinya ia sedang menjelajahi berbagai situs, itu sebabnya ada istilah “Google crawl” atau “crawling”. Begitulah bagaimana cara mesin pencari bekerja, dengan menjelajahi situs demi situs, mempelajari, dan memberinya peringkat. Peringkat ini penting, sangat penting. Semakin tinggi peringkat sebuah situs, maka ia akan selalu berada di halaman pertama hasil Google’s search, tentu saja berdasarkan pertanyaan atau kata kunci yang relevan.

Jadi, agar mendapatkan peringkat yang tinggi, kita membutuhkan SEO. SEO itu seperti bumbu dalam sebuah masakan yang bisa menjadikannya lebih lezat. Dalam pengertian yang lebih sederhana, agar mesin pencari menemukan situs kita dan memberinya peringkat lebih tinggi daripada situs lainnya, kita harus mengoptimasi.

✎

CARA MENGOPTIMASI SEO BLOG

Sebelum mulai mengoptimasi blog agar memiliki SEO yang lebih berkualitas, penting sekali untuk mengklasifikasikan tip-tip tersebut ke dalam dua hal yang mendasar.

  • On-page Optimization

Ini mengacu kepada optimasi situs Anda termasuk kode HTML, teks atau konten, juga gambar dan grafik.

  • Off-page Optimization

Off-page optimization mengacu kepada backlink (hyperlink yang mengarah kepada situs Anda, berasal dari situs lain, aplikasi, atau jaringan)

1. Buatlah Judul Postingan yang SEO Friendly

Judul sebuah postingan penting untuk SEO. Ini penting karena judullah yang akan berfungsi sebagai “deals makers” atau justru “breakers”. Kapanpun Anda menulis sesuatu, pastikan Anda menaruh perhatian kepada judul postingan. Buatlah judul yang sederhana, menarik, deksriptif, dan tidak multi tafsir atau menipu sehingga pembaca tahu postingan Anda itu tentang apa dan sesuai dengan yang mereka harapkan.

Untuk pendekatan yang lebih baik, cobalah gunakan “searchers shoes” ketika membuat judul. Berpikirlah bagaimana Anda mencari di Google untuk konten-konten seperti yang Anda tulis.

Juga jangan lupa untuk memasukkan kata kunci ke dalam judul dan jangan membuat judul lebih dari 70 karakter atau mesin pencari akan memangkasnya begitu saja.

2. Tingkatkan Kualitas Konten

Jika Anda berpikir bahwa konten tidak penting untuk SEO, cobalah pikir ulang. Konten Anda adalah bagian paling penting dari situs yang Anda miliki. Ketika menulis, perhatikan hal-hal berikut:

  1. Jangan pernah copas dari mana pun.
  2. Jangan membuat kalimat yang hanya berisi kata kunci, tapi buatlah kalimat yang lengkap.
  3. Jangan memborbardir sebuah postingan dengan gambar atau file multimedia. (Catatan penerjemah: Gue dan Diko dalam bahaya nih)
  4. Jangan menulis kurang dari 300 kata.

Keempat hal di atas akan memengaruhi peringkat situs Anda secara signifikan.

Jadi, buatlah sebuah konten seperti ini:

  • Orisinal.
  • Tempatkan kata kunci secara merata di seluruh postingan alih-alih “keyword stuffing”.
  • Gunakan gambar seperlunya dan pastikan diberi nama file yang sesuai agar bisa muncul dalam image search results. Contoh, gambar dengan nama “img007.jpg” tidak akan pernah muncul dalam image search results. Sebaliknya, gambar dengan nama “7_Tips_to_Success.jpg” akan muncul.
  • Cara paling baik untuk mengelola tampilan konten adalah menggunakan tag HTML seperti atau membaginya ke dalam bab dan subbab (mesin pencari menyukai konten seperti ini).
  • Pastikan konten Anda berisi paling sedikit 300 kata.
how to create subheading

3. Keyword Adalah Kunci

Kata kunci atau keyword adalah istilah yang digunakan ketika seseorang melakukan pencarian di Internet. Meskipun kata kunci penting untuk SEO, tapi jangan pernah menumpuk dan memenuhi situs Anda dengan kata kunci. Karena itu akan menyebabkan situs Anda dianggap spam, Mr. Spider akan mengabaikan situs Anda dan beranjak ke situs selanjutnya.

Idealnya, ketika Anda sudah memilih judul postingan (yang berisi kata kunci seperti judul postingan ini), gunakan dalam page URL, di dalam awal dan akhir paragraf, juga di dalam artikel jika memang dibutuhkan. Sesekali, Anda bisa menautkannya menggunakan anchor text ke dalam atau ke luar situs.

permalink title

4. Meta-tag Memang Penting, Tapi Tidak Sebegitunya

Jika kita hidup di awal abad ke-20, meta-tag mungkin akan melakukan semua pekerjaan SEO bagi situs Anda, sayangnya tidak lagi. Google dan mesin pencari lainnya sudah lama meninggalkan meta-tag sebagai sumber informasi. Maka dari itu, jika seseorang mengatakan bahwa meta-tag adalah satu-satunya hal yang Anda butuhkan untuk optimasi SEO, katakan padanya bahwa itu tidak benar.

Namun, penting bagi Anda untuk menggunakan kata kunci dalam meta-data. Beberapa platform dan template sudah melakukan itu untuk Anda, jika tidak (Anda bisa mengeceknya di page source atau view source code melalui browser) jangan degdegan dulu. Anda bisa menggunakan fasilitas dari pihak ketiga seperti All in One SEO Pack.

5. Sosialisasi

Buatlah agar orang-orang membicarakan situs Anda (Catatan penerjemah: situs Anda, bukan kenyinyiran Anda #eh), bagikan postingan Anda ke media sosial. Bahkan, akan lebih baik jika situs yang memiliki peringkat lebih tinggi memiliki backlink ke situs Anda. Ini akan membuat si Mr. Spider berpikir bahwa Anda adalah orang penting yang sedang dibicarakan banyak orang. Dia akan menilai dan meningkatkan peringkat situs Anda secara dramatis. (Catatan penerjemah lagi: Dibicarakan orang? Damn, I’m good on it)

Guest post, adalah pendekatan lain yang bagus untuk sosialisasi. Berkomentar di situs lain, berteman dengan blogger lainnya (ini bagus untuk bisnis, siapa tahu ada yang ngasih job), dan buatlah agar mereka berkomentar di situs Anda. Langkah “kecil” ini akan berpengaruh banyak untuk meningkatkan SEO situs Anda.

6. Link-in dan Link-Out

Dalam SEO, hyperlink atau link ini penting. Anda bisa menggunakannya untuk:

  • Tautan keluar, ke jaringan atau postingan, atau bahkan ke dalam postingan Anda sendiri (disebut juga inbound atau backlink) dengan menggunakan anchor elements berisi kata kunci.
  • Atau, akan lebih baik jika orang lain membagikan situs Anda ke situs atau media sosial mereka.
  • Seperti yang disebutkan sebelumnya, strategi untuk membangun link adalah guest post.
add link to text in blogpost

7. Menulis Secara Berkala

Sebuah situs dengan konten baru setiap hari atau dua tiga kali seminggu akan memiliki peringkat yang jauh lebih tinggi daripada situs yang diisi setiap dua minggu sekali. Semakin sering dan berkala sebuah situs diisi, maka Mr. Spider akan datang ke situs Anda secara berkala pula. Ini akan meningkatkan SEO situs Anda dan peringkat di mesin pencari.

✎

Apakah kita sudah selesai? Percayalah, peringkat situs Anda berada di tangan Anda sendiri, bukan di Google atau Yahoo. SEO hanya tentang mengerjakan segala sesuatu dengan rapi dan canggih. Lakukan ketujuh cara ini untuk optimasi SEO yang lebih berkualitas. Anda akan menyaksikan perbedaan situs Anda di mesin pencarian Google, jika tidak, cari di mesin pencarian lain.

Remember, code clean, write original, socialize. This is what SEO is all about.

Regards,
~eL

Catatan:

40 Comments

  1. May 20, 2016 at 3:01 am

    termasuk cara kasik koment Guest post adalah dengan memberikan nama dan URL, bukan akun google plus/blogger

  2. May 20, 2016 at 3:10 am

    SEO bikin meriang euy…perasaan mah dah dilakukan semua tapi ya gitu trafficnya gak luwaar biasa

  3. May 20, 2016 at 3:12 am

    Nah, itu cara menuai backlink yang konon efektif. (((menuai)))

  4. May 20, 2016 at 3:14 am

    Konon, optimasi SEO memang dibutuhkan kerja keras dan waktu lama. Tapi kalau “cuma” traffic, membuat konten viral bisa banget tuh.

  5. May 20, 2016 at 4:28 am

    mancap.. ijin berguru…

  6. May 20, 2016 at 5:17 am

    Kalau udah mengenai SEO, buat saya seperti perjalanan panjang untuk belajar. Saya belajar banget untuk yang satu ini 😀

  7. May 20, 2016 at 6:48 am

    Lah, ini aku juga lagi belajar, makanya bela-belain nerjemahin, Mas. 🙂

  8. May 20, 2016 at 6:49 am

    Harus ngulik dan yaaa … aku juga senang sih belajar ini, penasaran gimana gitu. 😀

  9. May 20, 2016 at 7:28 am

    Penerapan SEO blogku masih standar mba, pingin siy coba ngulik-ngulik sendiri. Belum pernah dapet efek yang maha dahsyat (((MAHA))). Hahaha…

  10. May 20, 2016 at 8:03 am

    jaman dulu saya juga pernah ops 3 bulan sampai PR3 di blog tapi sekarang sekedar silaturahmi saja, sibuk bgt soalnya

Leave a Reply