Ada Setan di Kepalaku

Judul                                : Ada Setan di Kepalaku (Kumcer)
Penulis                             : Langit Amaravati
Penerbit                            : Metafor Imagination (Mei, 2013)
Disainer kover, ilustrasi
& Layout                   : Langit Amaravati
Halaman                           : viii + 255 halaman
Harga                                : IDR 50,000,- (pre order sampai 30 April diskon 10%)

—-


            Aku tidak sedang berbohong ketika kukatakan ada setan di kepalaku. Setan itu berbentuk seperti perempuan, wajahnya nyaris sama seperti wajahku. Hanya di punggungnya ada sayap hitam serupa kelelawar dan geliginya runcing bertaring. Aku tidak tahu apakah setan-setan yang lain nampak seperti itu karena jujur saja, hingga umurku dua puluh tujuh tahun, belum pernah aku melihat setan lain selain ia.

Kumpulan cerpen Ada Setan di Kepalaku berisi 21 cerpen pilihan karya Langit Amaravati. Sebagian besar sudah pernah dimuat di media cetak dan online. Cerpen Ada Setan di Kepalaku yang menjadi judul kumcer ini adalah cerpen yang memenangkan juara I dalam lomba penulisan cerpen bertema “Cinta untuk TKI”, diadakan oleh Lembaga Bhinneka pada tahun 2012.

Tema-tema besar yang diangkat tak jauh dari tema-tema sosial, isu-isu yang sedang in, politik, dan masalah-masalah domestik seperti cinta dan rumah tangga. Namun di tangan Amaravati, tema-tema tersebut dikemas ke dalam cerita yang nyaris tidak biasa sehingga lebih nikmat dibaca.
            
 Meski disebut-sebut sebagai ‘mirip Djenar’, namun eksplorasi teknik penyajian yang terus menerus dilakukan menciptakan gaya bercerita yang khas dan bernas. Semua cerpen dalam kumcer ini pun memakai teknik unsur kedekatan, pembaca tak disuguhi hikmah yang bisa diambil begitu saja melainkan dilemparkan ke dalam ruangan berisi cermin maha besar. Pembaca diajak untuk tidak hanya menikmati cerita melainkan juga berkaca.

Selamat menikmati, selamat terinfeksi.



Leave a Reply