Setiap perempuan, terutama para hijabers, selalu identik dengan dua kata ini: anggun dan feminim. Namun, anggun dan feminim bukan berarti harus memakai busana yang teramat girly dengan motif bunga atau renda. Kita masih bisa terlihat anggun dengan potongan busana yang simple, masih bisa terlihat feminim dengan warna-warna bold atau warna-warna bumi seperti biru, abu, dan cokelat, bahkan dengan warna hitam dan putih sekalipun.

Saya penggemar warna hitam dan abu garis keras, sulit rasanya tampil feminim dengan dua pilihan warna itu, terutama saat Lebaran kemarin. Bagaimana dengan Anda? Apa pilihan busana Lebaran Anda? Well, meskipun momen Lebaran sudah lewat, saya kira membahas baju muslim bisa dilakukan kapan saja, bukan?

Ngomong-ngomong soal baju muslim, pada kesempatan ini saya ingin membahas Minarets, koleksi model baju muslim terbaru dari Jenahara yang dibuat eksklusif untuk Blibli.com dan bagaimana Minarets bisa membuat para perempuan semakin terlihat anggun.

Perjumpaan pertama saya dengan Jenahara adalah bulan Oktober tahun 2015 silam. Kebetulan waktu itu saya hadir di Jakarta Fashion Week untuk meliput dan Jenahara adalah salah satu desainer yang mengisi perhelatan akbar itu. Pertemuan kedua datang dalam bentuk kado ulang tahun, bulan Januari tahun 2016. Jirshwal berwarna fuschia black yang dihadiahkan oleh seseorang.

Memang, ini bukan rancangan Jenahara sendiri melainkan kolaborasi dengan ibunya, Ida Royani, aktor dan desainer terkemuka di Indonesia. Tapi, memiliki salah satu rancangan seorang desainer tetap saja membuat saya agak-agak gimana gitu, ya. 🙂

♥♥♥

Minarets for Blibli.com

Koleksi Minarets pertama kali diperkenalkan dalam ajang Muslim Fashion Festival (Muffest) Indonesia 2016 di Istora Senayan, Jakarta, bulan Mei lalu. Di perhelatan fesyen ini, Blibli menggandeng empat orang desainer yang namanya sudah wara-wiri di kalangan pecinta fesyen: Jenahara, Ria Miranda, Restu Anggreini, dan Anindya Kusuma Putri (I.K.Y.K).

Jika sebelumnya, Nanida Jenahara Nasution atau yang lebih akrab dipanggail Jehan, Creative Director of Jenahara, lebih terkenal dengan warna-warna desainnya yang cenderung monokrom, khusus untuk koleksi Ramadhan Jehan justru bermain dengan warna-warna yang lebih soft dan variatif. Minarets didominasi warna biru, cokelat, abu, dan tentu saja: hitam dan putih. Konon, pemilihan tema Minarets terinspirasi dari arsitektur masjid biru di Istambul, Turki sana.

Jika dilihat dari sisi warna, pemilihan bahan, dan eksplorasi bentuk, koleksi Minarets untuk Blibli.com ini memang mengedepankan kesan baju muslim modern yang ready to wear baik itu untuk momen istimewa seperti hari raya maupun kegiatan sehari-hari.

Hal menarik lainnya adalah dari sisi harga. Mengapa ini saya bahas? Karena selama ini kita selalu menganggap bahwa baju muslim rancangan desainer ternama pastilah muahal sehingga jauh dari jangkauan. Blibli, mal online pertama dan terbesar di Indonesia, secara tidak langsung menepis kekhawatiran itu karena koleksi Jenahara dibandrol dengan harga yang menurut saya terjangkau. Tapi, meskipun harga disesuaikan dengan daya beli kustomer Blibli, bukan berarti kualitasnya ikut pula “dipangkas”, dong.

♥♥♥

Anggun dan Feminim dengan Jenahara

Salah satu ciri khas dari rancangan-rancangan karya Jenahara adalah perpaduan antara potongan baju perempuan dengan laki-laki sehingga beberapa memberikan kesan maskulin, namun tidak begitu dengan Minarets yang dibuat khusus untuk Blibli. Minarets justru memiliki potongan-potongan khas perempuan, meski pada beberapa item seperti kemeja dan celana panjang, “jejak” maskulin itu masih terlihat. Barangkali karena Minarets dibuat agar ready to wear itu tadi.

Keunggulan Jenahara terletak pada desain-desainnya yang sederhana dan sedikit motif sehingga mudah di-mix and match. Cocoklah untuk perempuan seperti saya yang sering gagal tampil anggun hanya karena tidak terlalu suka pakaian dengan banyak corak. Unique value-nya justru terletak pada pemilihan bahan dan aksen cutting, lipat, dan tie belt. 

Saya yakin, setiap perempuan memiliki selera dan kebijakan masing-masing ketika memilih baju muslim. Pun, setiap orang memiliki warna favorit. Itu sebabnya saya ingin berbagi inspirasi outfit berdasarkan color tune. 

Nude Color Tone

  1. Jenahara Zoe-014 D Dress Muslim – Nude / Cotton
  2. Jenahara Glyn JBB-006 T Atasan Muslim-Nude / IDR 339.000,- (237.299) / Cotton
  3. Jenahara Yuna JBB-001 O N Atasan Wanita / IDR 399.000,- / Polyester
  4. Jenahara Aimi JBB-011 O Atasan Muslim-Nude / IDR 439.000,- (307.300,-) / Polyester
Tidak sulit untuk tampil memukau dengan nude pink. Pink sendiri sudah memberi kesan feminim. Nude pink yang mendekati skin color tone memberikan kesan yang lebih soft dan lebih anggun, cocok dipakai oleh para perempuan Indonesia warna kulit apa pun.

Masing-masing item memiliki keunikan sendiri-sendiri. Jenahara Zoe Nude misalnya, dress ini memiliki aksen unik berupa tumpuk-lipat di bagian lengannya. Atau Jenahara Yuna yang tidak dijahit di bagian kanan kirinya, melainkan disatukan dengan pita.

Berbahan katun dan polyester, keempatnya bisa dipergunakan untuk berbagai kesempatan, baik itu formal maupun kasual. Karena motifnya yang polos, kita bisa bebas berekspresi tanpa takut “tabrakan”. Nude pink cocok dipadankan dengan warna-warna seperti putih, hitam, gold, silver, dan brown.

Untuk kesempatan istimewa seperti hari raya atau pesta, padukan dengan high heels, dan clutch, tidak lupa lengkapi dengan kalung sebagai fashion statement. Untuk kesempatan formal lainnya, high heels dan satchel bag bisa dijadikan pilihan. Ingin tampil kasual sekaligus anggun? Saya kira platform, sandal, dan sling bag atau tote bag adalah pilihan terbaik.

Inspirasi Outfit:

Baby Blue Color Tune

  1. Jenahara Zoe JBB-014 D Dress Muslim-Baby Blue / IDR 599.00,- (419.300,-) / Cotton
  2. Jenahara Gavi JBB-005 T Atasan Muslim-Baby Blue / IDR 299.000,- (209.300,-) / Cotton
  3. Jenahara Yuka JBB-015 S Bawahan Muslim-Baby Blue / IDR 399.000,- (279.300,-) / Polyester
  4. Jenahara Quilla JBB-010 D Dress Muslim-Black Baby Blue / IDR 500.000,- (419.300,-) / Cotton
Saya akui, tidak semua orang nyaman memakai busana berwarna biru, terutama perempuan berkulit sawo matang seperti saya. Tapi, baby blue jelas bisa memberikan kesan feminim karena warnanya yang soft. Untuk perempuan berkulit kuning langsat atau putih, baby blue justru akan membuat si pemakai tampak lebih “terang”.
As usual, aksen lipit dan tie belt menjadi ciri khas dari desain-desain Jenahara. Baby blue cocok dipadukan dengan jilbab berwarna senada atau satu tone lebih tua, putih, hitam. Pilihan lainnya adalah jilbab bercorak yang memiliki kombinasi warna putih, biru, dan pink.

Inspirasi Outfit:

Brown Color Tone

  1. Jenahara Chia Dress JBBR-001 D Dress Muslim – Brown / IDR 999.000 / Torino
  2. Jenahara Alesa Outer JBBR-014 O Atasan Muslim – Brown / IDR 499.000,- / Torino
  3. Jenahara Kavi Pants JBBR-016 P Bawahan Muslim – Brown / IDR 499.000,- / Torino
  4. Jenahara Nima Outer JBBR-019 O Atasan Muslim – Brown / IDR 499.000,- / Torino

Brown color tone pilihan saya didominasi oleh busana berbahan torino. Kain torino memang sering dipakai untuk membuat gamis karena karakteristiknya yang tebal, bertekstur, jatuh, lembut, dan tidak kaku. Meskipun tebal, kain torino tidak panas dan tidak mudah kusut.

Cokelat sering disebut-sebut sebagai warna alam, warna bumi. Memberi kesan yang hangat sekaligus elegan. Tone yang saya pilih ini juga sama-sama memiliki aksen adjustable tie belt sehingga mudah disesuaikan dengan bentuk tubuh dan selera si pemakai. Mau dibuat longgar atau ngepas badan, tergantung pilihan, yang penting tetap syar’i.

Seperti biasa, rancangan Jenahara for Blibli memang sengaja dibuat ready to wear. Long dress, outer, dan palazzo pants bisa dipakai dalam kesempatan apa pun.

Inspirasi Outfit:

Grey Color Tone

  1. Jenahara Afa Top JBBR-012 T atasan muslim – Grey / IDR 419.000 / Cotton Poplin
  2. Jenahara Gaia JBB-013 T Atasan Muslim-Grey / IDR 419.000,- (293.000,-) / Cotton
  3. Jenahara Shika JBB-012 O Atasan Muslim-Grey / IDR 399.000,- (279.300,-) / Cotton Polyester
  4. Jenahara Feta Skirt JBBR-021 R Bawahan Muslim – Grey / IDR 399.000 / Rayon

Abu-abu, campuran antara hitam dan putih adalah warna yang tidak mengenal kedaluwarsa, akan selalu menjadi trend dari tahun ke tahun. Bisa dipadukan dengan berbagai macam warna tanpa khawatir “tabrak lari”.

Jenahara Afa Top yang berbahan katun poplin agak unik menurut saya. Berbeda dengan bahan katun yang statis, katun poplin lebih bertekstur dan lentur sehingga agak-agak stretch gitu. Pemilihan bahan lainnya ada pada Jenahara Feta Skirt. Rok panjang ini berbahan rayon yang sering disebut-sebut sebagai sutra buatan. Karakteristiknya agak mengkilap juga tidak mudah kusut. Pilihan bijak untuk sebuah rok.

Detail yang lebih unik terlihat pada desain Shika Outer. Outer ini memiliki potongan high low style, di depannya hanya sampai bawah dada, sedangkan di belakang panjang. Untuk detailnya, Anda bisa melihat di link masing-masing item.

Inspirasi Outfit:

Black and White Color Tone

  1. Jenahara Gyuri JBB-008 D Dress Muslim-Black / IDR 599.000,- (419.300) / Jersey
  2. Jenahara Neil JBB-007 T Atasan Muslim-White / IDR 419.000 (219.300,-) / Polyester
  3. Jenahara Adiva Pants JBBR-009 P Bawahan Muslim – White / IDR 499.000 / Cotton
  4. Jenahara Adyra JBBR-010 D Dress Muslim – White / IDR 799.000 / Torino

Dari sekian banyak warna di dunia, hitam dan putih adalah warna busana paling “aman” untuk dikenakan karena cocok untuk setiap orang. I repeat, setiap orang. Jenahara memang terkenal dengan warna-warna monokromnya yang khas.

Jenahara Gyuri, misalnya, long dress berwarna hitam ini memang terkesan simpel, sangat simple. Namun aksen cutting yang bisa diaplikasikan sebagai self tie belt di depannya berhasil mempercantik desain secara keseluruhan. Dress ini cocok untuk Anda yang tidak terlalu suka baju muslim dengan terlalu banyak detail. Untuk hari raya atau ke pesta, padukan dengan jilbab hitam bermotif dan clutch. Untuk kegiatan sehari-hari bisa banget dipadukan dengan jilbab hitam atau putih.

Oh iya, karena masing-masing bahan seperti polyester, katun, dan torino sudah saya bahas di tone sebelumnya, kali ini saya ingin membahas bahan jersey. Jersey memiliki karakteristik yang lentur, jatuh, tidak terlalu tebal seperti torino, tapi tidak terlalu tipis seperti katun. Karena karakternya yang elastis, sering salah dikira sebagai spandex. Baju muslim berbahan jersey seperti Jenahara Gyuri Dress sangat cocok digunakan untuk Anda yang berbadan agak bongsor, apalagi warnanya yang hitam akan memberikan kesan langsing.

Yang paling unik adalah Adiva Pants. Celana panjang ini dilengkapi dengan detail berupa lipatan asimetris di bagian depannya. Desainnya lucu sih kalau menurut saya. Jika Anda tidak terlalu suka celana berwarna putih karena khawatir mudah kotor, Adiva Pants tersedia juga dalam warna biru tua.

Inspirasi Outfit:

♥♥♥

Oh iya, seluruh koleksi Jenahara yang saya ulas hanya bisa dibeli di Blibli.com, jadi please feel free untuk cuci mata di sana. Sssttt … ada beberapa item yang sedang diskon, lho. Free ongkir pula. Untuk Anda para lelaki yang sedang kebingungan mencari hadiah bagi istri terkasih, saya kira semua perempuan tidak akan menolak jika dihadiahi Minarets.

Ingin memberi kejutan di hari pernikahan atau hari jadinya? Mudah banget atuh. Tinggal pilih itemnya, beli, dan kirimkan ke rumah atau ke kantor istri Anda.

Well, saya cukupkan sekian pembahasan anggun dan feminim dengan koleksi Minarets dari Jenahara. Sudah menentukan apa warna favorit Anda? Sudah menemukan inspirasi outfit yang cocok? Apa pun pilihan Anda, semoga Anda menjadi lebih anggun dan feminim.

Have a nice day.

Regards,
~eL

25 Comments

  1. July 17, 2016 at 4:36 am

    Lengkappp, as usual lah pokonya. Warna dari koleksi terbaru Jenahara ini kalem ya. Cocok buat yang kalem kaya saya *ehh* modelnya pun simple ngga ribet, pas banget buat saya yang simple *ehgimana* 🙂

  2. July 17, 2016 at 9:05 am

    Asli mupeng sama koleksi Jenahara setelah baca postingan ini. Baju-bajunya tuh memang simple tapi chic banget. Ga bakal mati gaya deh kalo dipake. Info bahan-bahan kainnya juga paten. Bisa jadi guidance buat calon buyer. Jadi cuma di blibli.com aja nih. Ok deh. Cuuuzzzz…

  3. July 17, 2016 at 11:45 am

    Cakeeeeppp koleksinya Jenahara ya mbak. Lengkap banget pulak ini ulasannyaaa. Juarak! Bikin pengen membawa pulang salah satu koleksi Jenahara nihhh . Hihihii. Good luck ya mbak El <3

  4. July 17, 2016 at 1:35 pm

    Cakeeuuubbb ilustrasinya. BTW, itu gambar bisa ganti gitu pake apah? #kepo ^_^

  5. July 18, 2016 at 1:16 am

    Model dan warnanya bagus-bagus.
    Pas untuk segala keperluan
    Terima kasih artikelnya
    Salam hangat dari Jombang

  6. July 18, 2016 at 4:28 am

    Simple yak… tapi berkelas. Saya suka yang hitam putihnya… birunya juga sih… soft banget yak..

  7. July 18, 2016 at 6:32 pm

    Makin kalem kamu, Ci. Apalagi sekarang udah mulai jadi model OOTD, kan? 😀

  8. July 18, 2016 at 6:38 pm

    Yoyoy, Miss. Cuma ada di Blibli ini mah.

  9. July 18, 2016 at 6:39 pm

    Aku pun mupeng, ini bikin artikel lama karena kebanyakan cuci mata. Hahah.

  10. July 18, 2016 at 6:40 pm

    Syudah eike jawab di postingan di grup yes. 😀

Leave a Reply