Berapa banyak waktu yang Anda perlukan untuk belanja keperluan bulanan? Saya? Nyaris seharian. Bandung dan Cimahi adalah kota yang macetnya sudah berada di ambang kewarasan. Dibutuhkan waktu berjam-jam dari dan ke supermarket langganan. Itu kendala pertama. Kendala kedua adalah gelora naluri perempuan (((gelora))). I mean, sering kali apa yang dituliskan di daftar belanja jauh berbeda dengan yang kita bawa pulang. Bujet awal kerap kali membengkak hingga dua atau tiga kali lipatnya. Contoh, yang tadinya tidak butuh toples tiba-tiba jadi butuh hanya karena toplesnya lucu. Atau, yang tadinya tidak butuh wajan, jadi butuh hanya karena ada wajan bermotif bunga-bunga dan warnanya sesuai dengan color tone dapur. Sounds familiar, huh?

Iya, pasar swalayan adalah tempat “berbahaya” bagi para perempuan.

Andaikan bisa, saya lebih suka duduk di depan komputer dan menyelesaikan semua pekerjaan yang tertunda daripada menghabiskan waktu untuk belanja. Belum lagi kalau harus belanja sambil bawa Aksa. Dia kan hobi banget tuh menjatuhkan display sehingga terjadi kehebohan. Selain itu, dia punya hobi caper ke SPG.

“Ibu Peri, kabulkanlah permintaan mamah-mamah pemalas nan sibuk ini. Kirimkanlah seorang personal shopper yang memudahkan saya berbelanja kebutuhan bulanan.”

Permintaan saya pun dikabulkan. Lalu, tring! Dikirimkanlah akang-akang berbaju hijau ini. 😀
muvers

Bukan, akang-akang itu jelas bukan kiriman Ibu Peri meski saya menganggapnya begitu, dia adalah Muvers, tim Mumu Indonesia yang membantu saya berbelanja groceries di LotteMart Festival City Link dan mengantarkannya tepat ke pintu kosan saya.

BELANJA MUDAH BELANJA MURAH

Mumu Indonesia atau Mumu ID adalah sebuah platform yang menyediakan jasa pengantaran belanja. Apakah ini toko? Oh, tentu saja bukan. Kita tetap berbelanja di supermarket langganan kita, bedanya adalah mereka yang melakukan belanja dan mengantarkannya ke rumah. Udah kayak punya personal shopper.

Nah, hari Senin kemarin (25 Juli 2016), saya memang sedang membutuhkan diapers, susu, dan beberapa item lain. Sayangnya saya tidak bisa pergi ke supermarket karena seminggu ini saya memang super sibuk (Emang kapan sih lu nggak sibuk, Chan?), lagi pula pergi ke supermarket di saat bujet pas-pasan saya kira bukan langkah bijaksana.

Jadi mulailah saya pilih-pilih item yang saya butuhkan di LotteMart. Lalu, voila, belanjaan saya dikirim dalam waktu 1 jam, sesuai janji mereka.
Pelayanan Mumu Indonesia For your reference, ini beberapa manfaat yang saya rasakan ketika berbelanja via Mumu ID:

1. Mudah

Ada dua macam cara belanja, via web dan aplikasi. Kemarin sih saya belanja via aplikasi karena lebih mudah swipe-swipe-nya. Kita tinggal pilih barang, placed order, bayar, udah deh barang dikirimkan. Nggak perlu kena macet, nggak perlu dorong-dorong troli, nggak perlu khilaf cuci mata ke barang lain.

Hingga saat ini Mumu ID menyediakan layanan untuk Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Jakarta Utara, Jakarta Timur, Tangerang, Bandung, Surabaya, dan Medan (Bekasi coming soon). Bekerja sama dengan supermarket-supermarket yang ada di kota tersebut. Kalau di Bandung baru dengan LotteMart. Kabarnya sih daftar supermarket ini akan terus bertambah.

Mungkin Anda bertanya-tanya, saya kan di Cimahi, kok bisa menggunakan layanan Mumu ID? Ya karena tempat saya masuk coverage pelayanan mereka. Sukahaji-Cibabat mah deket atuh, Cuma 8.5 Km. Emang deket, tapi jalur ke sana adalah jalur macet sehingga kadang saya jadi malas kalau harus belanja.

2. Cepat

Saya placed order pukul 12.11 siang untuk pengantaran pukul 13.00-14.00, belanjaan tiba pukul 14.06. Lebih 6 menit sih, karena sebelumnya akang-akang Muvers harus nanya-nanya dulu letak kosan saya yang memang jauh dari mulut gang.

Dalam waktu 1 jam itu, saya bisa makan siang, menulis 1 draft blogpost, komunikasi dengan kustomer, mendesain 1 banner. Kalau belanja biasa nih, saya berangkat pukul 12.00, pulangnya bisa-bisa pukul 5 sore.

Sebagai bahan renungan pertimbangan, saya berikan komparasi efisiensi waktu belanja konvensional vs Mumu ID:
mumu_5_opt

3. Terkendali

Kebiasaan para perempuan itu sering menyalahi daftar belanja. Selain alasan-alasan impulsif yang saya ceritakan di awal, kadang kita juga sering ilusif. Pas lihat deterjen, tiba-tiba ingin beli deterjen karena merasa stoknya sudah habis, padahal tidak. Nah, waktu belanja di Mumu, saya bisa dengan mudah memeriksa persediaan groceries yang ada di kosan. Nggak lagi berilusi, “Bentar, bentar, perlengkapan mandi Aksa yang habis itu shampoo apa sabun ya? Ah udah deh beli dua-duanya.”

Dengan begini coba bayangkan berapa banyak bujet bulanan yang bisa diselamatkan?

4. Aman

Takut belanjaan kita dibawa kabur atau nggak sampai? Ya nggak, dong. Karena ada dua macam pilihan pembayaran: Cash on Delivery (COD) dan via CC. Bagi perempuan males dandan seperti saya, berbelanja via Mumu juga aman karena nggak harus ganti baju untuk pergi ke supermarket. You know what? Saya pernah nekad pergi ke supermarket dengan kostum harian (celana pendek + kaos dekil + sandal jepit), alhasil selama belanja saya diikuti satpam. Jadi, kali ini Anda bisa belanja bulanan sambil masih dasteran.

5. Murah

Mungkin Anda akan bertanya, harga item-itemnya sama nggak dengan yang di supermarket? Sama, lho. Beneran. Diapers Aksa malah lebih murah 500 rupiah dari terakhir kali saya beli di supermarket yang berbeda.

Murah di sini juga hemat ongkos. Memang sih, ada biaya pengiriman sebesar 15 ribu rupiah. Tapi lebih murah jika dibandingkan dengan pergi sendiri ke supermarket.

SHOPPING GUIDE

Saya yakin sih kalau Anda semua pasti sudah familiar dan jago menggunakan berbagai aplikasi, terutama aplikasi belanja. Tapi, saya akan dengan senang hati berbagi how to belanja via Mumu ID:
cara-mudah-belanja-di-mumu-id_optshopping-guide_1_optshopping-guide_2_optshopping-guide_3_optshopping-guide_4_opt

Menurut saya, layanan seperti yang disediakan oleh Mumu Indonesia ini memiliki banyak manfaat, terutama bagi mereka yang dibebat kesibukan. Saya saja yang pengangguran terselubung ini perlu kok, apalagi mereka yang ngantor di kota besar seperti Jakarta atau yang memiliki bayi dan tidak bisa keluar rumah untuk berbelanja.

Anda yang ngantor misalnya, bisa banget belanja groceries ketika Anda bahkan masih di belakang meja. Barang belanjaan bisa dikirim ke kantor atau ke rumah Anda, waktu pengantaran bisa disesuaikan. Atau Anda yang masih punya bayi, tidak punya asisten rumah tangga, dan kerepotan belanja barang-barang kebutuhan sehari-hari, it helps you much. Believe me, I feel you. Saya tahu banget rasanya bagaimana pasca melahirkan, tinggal berdua dengan Aksa di kosan, dan tidak tahu harus meminta tolong kepada siapa ketika harus belanja kebutuhan sehari-hari.

Oh iya, untuk Anda yang pertama kali menggunakan Mumu ID dan belanja minimal 300 ribu rupiah, ada benefit diskon sebesar 25 ribu rupiah plus free delivery. Caranya mudah, tinggal masukkan kode kupon pada saat Placed Order.
gdn-mumu805-300-x250
Oke deh, saya cukupkan sekian cerita saya tentang betapa mudahnya berbelanja groceries dengan Mumu ID. Jika masih membutuhkan referensi, please feel free untuk jalan-jalan ke website dan mengunduh aplikasinya di sini. Have a good day.

Regards,
~eL

22 Comments

  1. July 29, 2016 at 8:19 am

    Coba kalau bisa nganter ke Cianjur itu si Akangnya… Disuguhan liwet geura ku saya, ��

    Praktis emang ya Teh. Saya juga suka pilih belanja via online gitu. Kalau Mumu ini sudah sampai ke kampung, wah, hebat pisan pokoknamah. Sok atuh iraha nya nyampeur ka saya?

  2. July 29, 2016 at 8:50 am

    asik banget baca tulisannya, menikmati infografisnya 🙂

  3. July 29, 2016 at 9:01 am

    Semoga cepet sampe Cianjur, biar bisa belanja gampang ya, Teh. 🙂

  4. July 29, 2016 at 9:02 am

    Semoga bermanfaat ya, terima kasih sudah mampir. 🙂

  5. July 29, 2016 at 10:11 am

    Bener-bener postingan yang memanjakan mata. Akaaang helep me toooo!

  6. July 29, 2016 at 12:18 pm

    Aku malah pengen jadi tukang belanjanya…hahaha..seru ah kayaknya

  7. July 29, 2016 at 1:02 pm

    Jakarta dan sekitarnya udah ada lah Mumu ini, tapi mungkin yang datang abang-abang. Hahaha.

  8. July 29, 2016 at 1:04 pm

    Harus bisa belanja dan nganter dalam waktu 1 jam lho. Sanggup? 😀

  9. July 29, 2016 at 1:45 pm

    Wah menarik! Instal juga ah appsnya. Suka males belanja tuh, mending jalan2 makan2 aja hahaha

  10. July 29, 2016 at 3:42 pm

    Sabet jalan-jalan, bari balanja. Jadi jalan-jalan beres balanja beres. Hahaha.

Leave a Reply