Bandung Membaca, Bandung Berkarya


Acara Bandung Membaca yang digawangi IIDN (Ibu-ibu Doyan Nulis) dengan narasumber Gol A Gong dan Yudi Kudaliar Febrianda ini memang luar biasa. Selain memuat banyak manfaat, acara ini juga sebagai ajang shilaturahmi para penulis dan masyarakat penggiat buku. Pelataran lantai dua Ace Hardware, Balubur Town Square hari Jumat (5 Oktober 2012) itu berubah ramai. Tak kurang dari 75 peserta hadir di acara ini, mendengarkan ‘petuah-petuah’ Mas Gong, menimba ilmu, dan tentu ikut serta dalam sesi diskusi. 

Gerakan membaca seperti ini memang sudah seyogyanya dikoarkan di berbagai kota dan lapisan masyarakat, agar masyarakat semakin sadar akan pentingnya membaca. Karena masyarakat yang senang membaca tentu adalah masyarakat yang cerdas. IIDN sebagai komunitas tangkas membaca kebutuhan ini sehingga diadakanlah acara Bandung Membaca. Mas Gong sendiri sudah mengadakan acara seperti ini di berbagai kota, Bandung hanyalah salah satu kota yang beliau jambangi. 


Tidak hanya materi dan diskusi, acara ini juga berisi sajian musik dari pemusik Ferry Curtis dan pembacaan puisi oleh Ratna M. Iwan. Selain itu, ada pembagian buku-buku bekas kepada seluruh peserta. Buku-buku ini berasal dari sumbangan UNPAD. Setiap peserta bebas mengambil buku yang dibutuhkan untuk taman bacaaan mereka. Tak lupa, tentu ada bazar buku karya para penulis IIDN. Ibu-ibu yang biasanya lebih suka belanja baju, ‘dipaksa’ beralih untuk berbelanja buku ^^.

Panitia acara ini, Lygia Pecanduhujan (bukan nama sebenarnya :D), berlarian kesana-kemari untuk memastikan acara berlangsung sebagaimana mestinya. Untung saja MC dipegang oleh ketua IIDN sendiri, Jeng Indari Mastuti sehinga Jeng Gia tidak harus keder di panggung. 


Acara berakhir di sore hari, sekitar pukul 17.00 WIB. Walau cukup singkat, tapi berguna sebagai stimulus agar para peserta yang gemar dan peduli terhadap membaca bersegera menularkan ‘virus’ membaca kepada siapa saja. Semoga IIDN bisa mengakomodir kembali acara-acara bermanfaat sejenis ini dan memberikan manfaat kepada ibu-ibu anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya. Tabik!



~eS



*Foto dicuri dari postingan Dhini Aprilio ^^

2 Comments

  1. October 8, 2012 at 5:46 pm

    keren deh

  2. Skylashtar-Reply
    October 9, 2012 at 1:18 am

    Ouwh, tentu iya… IIDN gitu lho *tring

Leave a Reply