Batamindo Industrial Park (BIP) yang terletak di Mukakuning adalah salah satu kawasan industri bergengsi di Kota Batam. Disebut bergengsi karena di sini berdiri perusahaan-perusahaan besar bertaraf internasional. Sanyo, Philips, Ciba Vision, Panasonic, dan perusahaan-perusahaan lainnya. Menurut data dari Departemen Perdagangan dan Perindustrian, hingga saat ini ada 77 perusahaan yang bertempat di BIP.

 

Luas kawasan BIP mencapai 320 Ha. Jangan tanya soal fasilitas kawasan, pokoknya komplit. Bank, kantor pos, pujasera, mesjid, gereja , vihara, pusat olahraga, taman, plaza, klinik 24 jam, keamanan dan petugas pemadam kebakaran yang siaga 24 jam juga.

 

Berdiri sejak tahun 1990, Batamindo menyerap puluhan ribu tenaga kerja yang berasal dari pelosok Indonesia, juga tenaga kerja asing. Selain itu, kawasan ini juga menyediakan kawasan perumahan bagi karyawan berupa dormitory. Berderet-deret dari blok A sampai blok Q.


Jika Anda jalan-jalan ke sana, jangan sangka akan menemui sebuah kawasan tipikal pabrik yang gersang dipenuhi cerobong asap. Justru sebaliknya, Anda akan mendapati pohon-pohon besar sepanjang jalan dan rumput-rumput yang dipangkas rapi. And you know what? Tidak ada sampah sepanjang jalan. Bersih, hijau, dan berbunga. Pengelolaan sampah dan limbah pabrik ditangani oleh kawasan. Benar-benar dibangun dengan perhitungan matang dan memperhatikan lingkungan.
Ketika tarif listrik dinaikkan oleh PLN, BIP tidak mengalami imbas yang berarti, sebab kawasan ini memiliki suplai listrik dan air sendiri. 114 MW power supply, dan 4.500 M3 water capacity.

 

Hanya 20 menit perjalanan dari Bandara Hang Nadim, Anda akan sampai di BIP. Tidak ada alasan keterlambatan karena macet, sebab di Batam memang hampir tidak pernah macet.

 

BIP juga pantas disebut sebagai one stop industrial park. Berbagai fasilitas umum tersedia. Jadi bagi mereka yang tinggal di dormitory, hanya memerlukan waktu sebentar untuk sampai di fasilitas itu. Panbill mall terletak di seberang kawasan, lalu RS Casa Medica. Belum lagi para tukang ojek dan angkutan umum yang selalu ‘berkerumun’ di sekitar kawasan. Gimana, berminat pindah tempat kerja? Atau mau berinvestasi di sana?

 

7 Comments

  1. May 1, 2009 at 9:46 am

    Selain tempat yang bersih saya juga seneng banget ngeliat penataan bangunannya. Cuma sayang ada 1 hal yang gak saya sukai disana…standar gaji yang terlalu kecil…hehehehehe

  2. Skylashtar-Reply
    May 2, 2009 at 2:32 am

    Wah, kalau soal standar gaji, saya nggak sempet riset tuh :D. Lagipula, biasanya karyawan suka malu-malu gimana…gitu kalau ditanya tentang gaji.

  3. May 4, 2009 at 2:36 am

    Wah batam tuh kota yang maju ya kak!
    Jujur baru tau!

  4. June 12, 2009 at 1:55 pm

    Ih si Teteh mah… kok PT.UNISEM(dulu ASTRA) nggak disebut?PT gede juga loh teh.
    Dormnya sampai blok R loh nggak cuman sampai blok Q (deu…yang mantan penghuni dorm protes ceritanya).
    Kapan mudik Teh? nitip cabe gendot ya…he..he..

  5. desti-Reply
    September 13, 2009 at 5:09 am

    batam aq kangen…..khusnya ank2 ciba vision plasma area…..
    batam is the best.

  6. yudha-Reply
    December 27, 2009 at 4:43 am

    BATAM : Bila Anda Tiba Anda Menangis..
    BATAM : Bila Anda Tabah Anda Menang.. 🙂

  7. muh rusli-Reply
    August 26, 2010 at 9:43 pm

    rusli makassar

Leave a Reply