Citra Buana Centre Park (selanjutnya saya singkat menjadi CBCP) tidak terpusat di satu area, melainkan ada tiga area. Itu sebabnya ada CBCP I di Kampung Seraya, CBCP II di Batu Ampar, dan CBCP III di Batam Centre.


CBCP I berdiri sejak tahun 1994, menyusul CBCP II di tahun 2000, dan CBCP III pada tahun 2002.


CBCP I berada di Kampung Seraya, Nagoya. Berbatasan dengan Batu Ampar dan Bengkong. Tetanggaan dengan Rumah Sakit Budi Kemuliaan (RSBK), Rumah Sakit Harapan Bunda (RSHB) dan Kodim. Berita bagusnya, juga tidak jauh dari Nagoya Hill, salah satu mall terbesar di Batam.


Luas CBCP I hanya 10 Ha dan seluruhnya dijadikan bangunan. Cukup kecil memang jika dibandingkan dengan BIP, tapi saya tidak menyarankan Anda mengelilinginya dengan jalan kaki. Kawasan ini berada di daerah perbukitan, jadi jalannya agak menanjak.



Ada 54 perusahaan yang berada di kawasan ini. Mengenai fasilitas, CBCP I terbilang minim. Hanya ada kios telepon, kantin, mini market, dan mushola. Juga tidak ada fasilitas dormitory. Tambang emas bagi daerah sekitarnya. Apalagi kalau bukan usaha rumah kost.


CBCP II berada tak jauh dari ‘kakaknya’. Jarak? Nggak sampai 1 km deh pokoknya. Dengan luas 8 Ha dan berisi 7 perusahaan. Terletak di daerah Batu Ampar. Memang hanya berisi 7 perusahaan, tapi perusahaan-perusahaan besar, bo! Giken yang mendominasi satu blok, ada juga NSP Technology.


Fasilitas CBCP II juga hampir sama dengan ‘kakaknya’, bahkan ketika saya ke sana tidak melihat kantin atau pujasera. Jadi para karyawan terbiasa makan siang di warung-warung makan seberang jalan. Mmmmhhh….


Si bungsu, CBCP III memiliki area paling luas, 13 Ha. Berisi 13 perusahaan. Salah satunya adalah Bintan Bersatu Apparel (BBA), salah satu pabrik garment terbesar di Batam selain Ghim Li. Faslilitas umum standar lah.


Bagi Anda yang berniat mencari pekerjaan, Anda bisa berkeliling di kawasan ini. Karena biasanya mereka tidak memasang iklan lowongan pekerjaan di koran, melainkan menempelkannya di pintu pagar. Satu tips dari saya: siapa cepat dia dapat. Begitu melihat lowongan di pagar, kalau kriteria kita memenuhi, langsung saja kirimkan. Karena apa? Karena bila pagi ini ada lowongan, belum tentu siangnya atau besoknya masih ada.

2 Comments

  1. May 5, 2009 at 2:44 pm

    Saya pernah tuh nyasar di Citra Buana 1, waktu mo meeting. Udahlah langsung dari johor bahru belum sempet makan siang langsung diajak nyasar ma supir kantor. Tapi seru juga paling gak jadi tahu ternyata selain Mukakuning ada juga Kawasan perkantoran lain ya citra buana ityu. Coba ya jika pemerintah batam bisa menyedikan 1 atau 2 lagi kawasan seperti muka kuning paling gak pabrik dan perkantoran bisa lebih teratur di batam.

  2. Skylashtar-Reply
    May 13, 2009 at 1:27 am

    mba ine, ada puluhan kawasan industri di Batam, cuma yang fasilitas dan kenyamanan seperti BIP mungkin tidak banyak.Selain itu, Batam kan punya business centre yang berserak-serak.

Leave a Reply