Tadi malam nonton film The League of Extraordinary Gentleman di Global TV. Okeh, mungkin film ini sudah lama rilis dan akulah satu-satunya orang dewasa di Indonesia yang belum nonton. But, it’s okay, mengingat aku emang nggak hobi nonton di bioskop.

Aku ngefans sama Sean Connery [pemeran Allan Quatermain] di film itu. Yang membuat aku bertengkar sama si Aa, karena dia tetap pada kesimpulan bahwa tokoh utama tidaklah sah jika ia berambut putih dan di atas usia lima puluh tahun. Sementara aku tetep keukeuh pada pendirian bahwa Sean bisa menjadi tokoh utama film manapun karena kualitas aktingnya, bukan umurnya.

Yang unik adalah; film ini -sesuai namanya- mengumpulkan semua tokoh mitos dan legendaris di dalam satu film. Mina harker, Dorian Gray, Dr. Jeckyl/Dr. Hyde, Kapten Nemo, Agent Sawyer, Skinner, Phantom.

Karena keterbatasan pengetahuanku mengenai novel terjemahan dan film holywood, jadi sayang aku nggak bisa kasih resensi apa-apa. Yang jelas film ini asyik. Lucunya lagi, pemeran kapten Nemo adalah bintang film India [aku hafal wajah tapi nggak hafal namanya].

Seru pokoknya. Apalagi setelah itu aku jadi penasaran dan berusaha mencari legenda semua tokoh secara terpisah. Kapten Nemo pernah disebut-sebut sekilas di novel Michael Crichton, Dorian Gray ada di buku tutorial novel favoritku, Mina harker kayaknya nggak pernah denger; tapi kalau dracula sih tahu. Dr Hyde/Dr. Jeckyl kedua penokohan ini menjadi panduanku dalam menciptakan tokoh yang punya double personality disorder, tapi di film ini dokter Hyde yang digambarkan pembunuh berdarah dingin malah jadi monster. Agent Sawyer sama sekali belum pernah denger. Allan quatermain, yuhu, belum pernah denger juga sih. 😀

Tapi itulah gunanya punya short memory term alias amnesia akut; karena sering lupa jadi harus sering buka buku, buka kamus, googling, dan lain-lain. Jadi nambah pengetahuan. Selalu penasaran dan kata ‘kayaknya pernah denger’ menjadi mantra ajaib untuk membuka pintu pengetahuan baru. TERUS BELAJAR! TERUS MENGEJAR IMPIAN!

Leave a Reply