[FILM] Dragon Blade: Sampai Jumpa Nanti Malam di Celestial Movies, Jackie Chan

 

Ada beberapa alasan mengapa saya menyukai film-film laga epik Mandarin. Pertama, karena muatan sejarahnya membuat saya ingin membuka buku. Kedua, karena adegan perkelahiannya bukan hanya baku hantam melainkan pameran seni bela diri. Ketiga, karena bumbu-bumbu dramanya membuat film jadi lebih humanis. Keempat, karena saya memang tumbuh besar dengan film-film seperti ini.

Ngomong-ngomong soal film Mandarin, Anda tentu kenal dengan Jackie Chan, aktor laga yang sudah menjadi ikon bukan hanya di Cina, tapi juga di seluruh dunia. Seperti saya, Anda juga pasti rindu dengan film terbarunya. FYI aja sih, Dragon Blade, film terbaru Jackie Chan sudah dirilis tahun lalu di bioskop-bioskop dan akan ditayangkan di televisi malam ini juga. Penasaran? Detailnya penayangannya akan saya ceritakan nanti.


 

REUNI PARA PEMAIN BESAR

Jika Anda terbiasa melihat Jackie Chan di film-film bergenre laga komedi, kali ini Anda harus siap-siap melihat aktingnya di film serius. Dragon Blade merupakan reuni para aktor dan aktris besar dari berbagai generasi. Bercerita tentang Tiberius (Adrien Brody), Raja Romawi yang berusaha mengkekspansi Jalur Sutra. Jackie Chan sendiri berperan sebagai Huo An, kepala tim penjaga Jalur Sutra yang dipercaya untuk mencegah serbuan ribuan tentara Romawi. Pemain besar lainnya adalah John Cusack yang berperan sebagai Lucius dan Choi Siwon yang berperan sebagai Yin Po, ahli strategi sekaligus tangan kanan Huo An.

Karena saya cerpenis, bagi saya pemilihan aktor dan aktris serta akting mereka adalah bagian dari penokohan. Berhasil atau tidak sebuah film tergantung dari seberapa piawai para pemain di dalamnya. Jadi, saya penasaran dengan akting para pemain di film arahan sutradara Daniel Lee ini. Semakin penasaran ketika melihat official trailer-nya di Youtube. Oke, Adrien Brody adalah aktor terbaik Oscar tahun 2003, tapi berperan sebagai penjahat? Tadinya saya mau mengatakan bahwa Tom Hiddleston lebih “gampar-able”, tapi saya urungkan karena foto di bawah ini:

 

Raja, ambisius, kejam, pembunuh ayahnya, dan berseteru dengan adiknya sendiri. Look at his face. Betapa kesepiannya dia duduk di singgasananya itu. Ada sisi lain dari seorang penjahat, bukan hanya diktator lalim yang sering disumpahi atau diludahi penonton. Hal-hal kompleks seperti inilah yang saya harapkan dari sebuah film.



Jackie Chan, ah aktor satu ini memang juara. Saya sudah pernah menonton filmnya sejak saya masih kecil dan selalu kagum dengan totalitasnya. Jackie Chan yang tidak pernah mau memakai stuntman sih bukan rahasia lagi, Jackie Chan yang bertampang serius tanpa adegan komedi “yaelah” barulah sebuah kejutan.

I can’t wait to watch these heroic scene

Konon, Jackie Chan dinobatkan sebagai aktor pekerja keras karena bersedia syuting selama 14-15 jam per hari di tengah cuaca esktrem Gurun Gobi. Selama itu pula ia bersedia memberikan masukan-masukan kepada aktor lainnya. What a humble person. 🙂



Penggemar K-Pop dan drakor mana suaranya? Tapi tolong, kali ini lupakan dulu polisi ganteng, dokter ganteng, atau opa-opa ganteng. Kali ini Choi Siwon akan berperan sebagai Yin Po, ahli strategi militer gagah. Lengkap dengan janggut dan rambut gimbal. Tahan diri Anda, Nona-Nona. Pesona Siwon kali ini agak sukar dielakkan. 🙂

 

BEHIND THE SCENE

Dragon Blade ini film mahal karena dibuat selama 7 tahun dan menghabiskan bujet sebesar USD 65 juta. Selain itu, film ini dibuat di tengah-tengah Gurun Gobi, di tengah cuaca ekstrem 50 derajat Celcius.

Yang lebih menarik lagi, scene-scene tidak dibuat dengan latar belakang green-screen melainkan langsung di lokasi yang dibuat khusus menyerupai Dinasti Han Barat pada masa itu. Pun dengan properti dan kostum para pemain. Serius sekali, ya?


DRAGON BLADE DI CELESTIAL MOVIES (CM)

Wait, apaan sih Celestial Movies? CM adalah saluran televisi berbayar yang memutar film Mandarin dan Asia selama 24 jam nonstop. Kerennya lagi, Celestial Movies juga menayangkan film-film blockbuster secara perdana. Anda yang sering telat ke bioskop seperti saya dan kebetulan memiliki TV kabel, saya sarankan untuk tidak ke mana-mana setiap Minggu malam. Udah, nonton televisi aja udah. 🙂

Apakah CM ada di Indonesia? Oh ada, dong. Berikut ini provider TV kabel yang menayangkan saluran Celestial Movies:

  1. Indovision
  2. Nexmedia
  3. Dens TX
  4. K-Vision
  5. MNC Play
  6. Orange TV
  7. Okevision
  8. Skynindo
  9. Transvision
  10. Topas TV
  11. Usee TV
  12. Matrix TV

So, malam ini Anda tidak akan ke mana-mana, kan? Tidak ada utang deadline atau reportase, kan? Tidak punya antrean blogpost yang harus dijadwal ulang, kan? Nggg … oke, itu saya. Tapi tapi tapi, sayanya mau nonton dulu sambil nge-draft naskah lomba. #eh

Emang punya televisi? Nggak sih, saya mau nonton via streaming TV kabel. Emang bisa bahasa Inggris dan Mandarin? Ya nggak perlu juga, kali. Kan ada subtitle bahasa lokal atuh. Ini nih jadwalnya:

 



Mewahnya nonton film blockbuster di rumah adalah bisa bebas bawa makanan dan minuman dan nonton dengan posisi apa saja. Tidak perlu antre tiket, tidak perlu ngesot-ngesot ke bioskop, tidak perlu hmmm … nyari teman nonton.

Saya tunggu pendapat Anda tentang film ini. See you tonight. 

Cheers,
~eL

6 Comments

  1. January 17, 2016 at 9:22 am

    Mauuu nonton pokoknya 🙂 thanks infonya

  2. January 17, 2016 at 12:36 pm

    Keren ya Jackie Chan mau melakukan adegan berbahaya sendiri tanpa stuntman

  3. January 18, 2016 at 1:39 am

    Nonton di rumah mertua,Bu? Hahaha.

  4. January 18, 2016 at 1:40 am

    Total banget dia mah. 😀

  5. January 19, 2016 at 11:14 am

    hail jackie! 😀
    Saya salah satu penggemar beratnya. kalo nonton film jackie, mau diulang ratusan kalipun nggak bakalan bosen (ealah lebay banget haha). but seriously, jackie adalah legend bagi saya di dunia perfilman “martial art”, nggak ada yang meragukan kepiawaiannya kan?

    ngiri banget bisa nonton duluan tuh film, saya sih nunggu download an aja kali ya hehehhe

  6. January 21, 2016 at 1:47 am

    whuaaa…ada si won, makin keren aja aktingnya nih si won, ngedrama juga makin dapet feelnya, hihihi..kalau jackie mah udah nggak usah diomongin lagi, mupeng nonton ih, btw betah deh lama-lama di blognya teh el, blognya keren

Leave a Reply