Manfaat Membaca Buku Bagi Kesehatan

Sumber: Pixabay

Banyak orang yang masih menyepelekan kegiatan membaca buku. Padahal kegiatan yang satu ini sangat menyenangkan dan bermanfaat. Orang-orang yang hobi membaca buku akan menemukan dunianya melalui lembar demi lembar halaman buku yang tuntas dibaca.

Bukan hanya menambah wawasan, membaca buku juga akan memberikan beberapa manfaat ini untuk kita :

Meningkatkan Kemampuan Membaca Pikiran

Sebuah hasil studi yang dirilis pada tahun 2013 menyatakan bahwa membaca karya sastra ternyata ampuh meningkatkan kemampuan kita dalam membaca pikiran dan perasaan orang lain. Tentu saja hal ini baik bagi kemampuan kita dalam berkomunikasi dan bersosialisasi dengan orang lain. Sebab kita jadi terampil memilih ekspresi dan ungkapan yang tepat saat berhubungan dengan orang lain.

Terhindari dari Stres

Penelitian yang dilakukan di Mindlab Internasional pada tahun 2009 menunjukkan bahwa tingkat stres dapat berkurang jika kita rajin membaca buku. Bacalah buku apa pun. Sebab membaca buku dapat menghilangkan kekhawatiran dan perasaan tertekan.

Meringankan Gejala Depresi

Stres yang berkepanjangan bisa menimbulkan depresi yang berisiko bagi kesehatan tubuh dan jiwa. Bila kita sedang merasa stres, masih belum terlambat untuk memulihkan kondisi kita agar jadi lebih baik. Mulailah membiasakan diri untuk membaca buku. Karena ternyata membaca buku juga terbukti ampuh menjadi salah satu bentuk pemulihan bagi orang-orang yang depresi.

Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi

Jika kita mulai sering lupa dan konsentrasi pun mudah buyar, mungkin sudah saatnya kita butuh bantuan dari buku. Konsentrasi dan daya ingat kita akan menjadi lebih baik jika kita rajin membaca buku. Sebab kita pun akan terbiasa untuk berkonsentrasi pada bahan bacaan sekaligus berusaha mengingat tentang alur buku yang sudah kita baca. Mendapatkan tambahan pengetahuan baru tentu semakin mengasyikkan jika bisa sekaligus meningkatkan ketajaman otak.

Tak masalah bila kita tak punya waktu untuk berburu buku baru di toko. Sebab kita juga bisa mendapatkannya di MatahariMall. Belanja hemat di MatahariMall memang menyenangkan dan membuat kita bisa mendapatkan buku yang sudah lama kita inginkan. Lengkapi koleksi buku di rumah dengan beragam buku terbaru di MatahariMall yang super lengkap.

Jadi, dengan manfaat sebesar itu, berapa banyak buku yang sudah dan akan Anda baca tahun ini?

Salam,
~eL

Please feel free to share

24 Comments

  1. April 6, 2016 at 4:09 pm

    Semakin banyak membaca semakin banyak guru yang kita punya

  2. March 3, 2016 at 11:33 pm

    Umumnya yang suka baca buku jadi luas wawasannya. Malah gara-gara baca buku juga saya bisa menjadi penulis sekarang.

  3. March 2, 2016 at 7:18 pm

    iya bener tuh menambah daya ingat. Contohnya si eyang, padahal udah 90 tahun tapi ingatannya rrruuuuaaarrr biasssoooo…. JEMPOL!

  4. March 2, 2016 at 4:30 am

    Saya kalo baca buku sukanya skimming aja pengen cepet beres padahal kalo lebih detail dan mendalam pasti kerasa efek2 ini. Time to change ��

  5. February 24, 2016 at 1:38 am

    Bunda sudah merasakan manfaatnya. Yang belum adalah bagaimana caranya membuat review buku yang sudah dibaca, hehehe… Membaca memang memberikan kepada kita dampak yang positip. Makasih, ya, tips-nya.

  6. February 24, 2016 at 1:04 am

    jadi inget lagi untuk baca2, udah lama nggak sempet ke toko buku, tapi kan udah ada solusinya yaaa ;p

  7. February 23, 2016 at 11:25 pm

    Setuju banget dengan uraian di atas. Banyak baca buku selalu menuai manfaat. Kita jadi pintar intinya. 🙂

  8. February 23, 2016 at 11:24 pm

    Setuju banget dengan uraian di atas. Banyak baca buku selalu menuai manfaat. Kita jadi pintar intinya. 🙂

  9. Heni PR-Reply
    February 24, 2016 at 1:26 am

    Sekarang aku lg gandrung novel tebal yg Indonesia bgt. Kayak Nibiru, Gajah Mada. Anakku pun pada suka baca semua. Cuma suami yg ga suka baca

  10. February 23, 2016 at 11:47 am

    paling suka baca buku komik, masih buku kan ya? soalnya sekali lagi daku mahs uka yg bergambar2

  11. February 23, 2016 at 9:25 am

    Aq slalu dan sgt suka Baca buku kaaaak 🙂

  12. February 23, 2016 at 9:15 am

    baca bukunya uda banyaaak.. tapi review di blognya yg beluum 😀

  13. February 23, 2016 at 8:42 am

    Bener banget, membaca emang buanyakk banget manfaatnya Teh. Berencana baca 50 buku. Tapi gatahu deh bisa apa nggak. Hahaha.

  14. February 23, 2016 at 6:59 am

    Sy jarang baca buku mba. Sekarang lebih seneng baca e-book atau nyari info melalui internet. Kangen sih pengen baca novel2 lucu.

  15. February 23, 2016 at 6:33 am

    ini mungkin efek sering stres hahaha…

    mari membaca lagiii

  16. February 23, 2016 at 5:52 am

    Saya seneng baca buku, biar gak kalah ngomong sama cowok-cowok sotoy. #lah #dilemparkekawahijen

  17. February 23, 2016 at 5:35 am

    Yang ada juga “perjanjian hitam di atas putih.” Jadi apa yg tertuang di atas kertas, itu yg sah. So, kembali ke buku pelajaran *lho*

  18. February 23, 2016 at 5:14 am

    Buku memang tak tergantikan

  19. February 23, 2016 at 5:14 am

    Sejak punya 2 unyils aku jadi jarang ngebaca buku. Gak nyalahin mereka juga sih, cuman sayanya aja kurang pintar manajemen waktu. Padahal manfaatnya banyak banget ya.

  20. February 22, 2016 at 5:07 pm

    Targetku di tahun 2016 ini membaca minimal seminggu 2 buku (ini lbh sedikit dr resolusi tahun lalu), tapi ternyata sampai menjelang akhir Februari, baru baca 4 buku aja.

  21. February 20, 2016 at 5:47 am

    Sudah lama enggak baca buku sayah, makasih ya Mbak artikelnya membuatku buka lemari buku. hihii

  22. February 20, 2016 at 4:39 am

    Yang paling kerasa banget sih, melatih daya ingat. Gimana ga ya mba, mau ga mau kita dilatih buat mengingat nama tokoh atau tempat atau justru poin2 penting dalam sebuah buku. Jadilah efeknya berlatih mengingat 🙂

  23. February 20, 2016 at 4:30 am

    kalo baca lewat hape termasuk nggak? pake watpad misalnya

  24. February 20, 2016 at 2:37 am

    Lagi membiasakan diri buat terus baca-baca buku, Teh! 😀
    Pengennya sih tiap minggu makan 1 buku, tapi mentoknya sebulan satu buku, hahah.

Leave A Comment