Mengatasi Anyang-anyangan dengan Prive Uri-cran, Cara Saya Belajar dari Kehilangan

Prive Uri-cran Plus

MENGATASI ANYANG-ANYANGAN DENGAN PRIVE URI-CRAN, CARA SAYA BELAJAR DARI KEHILANGAN

Saya tidak pernah menyangka bahwa Infeksi Saluran Kemih (ISK) bisa menjadi salah satu penyebab kepergian janin yang tengah saya kandung, janin yang saya beri nama Ziarre Amaravati, yang hanya bertahan 3 bulan lalu pergi dengan cara menyakitkan. Andai waktu itu, empat tahun lalu, saya sudah tahu cara mengatasi anyang-anyangan, atau andai waktu itu Prive Uri-cran sudah ada, mungkin Ziarre masih bersama saya. Tapi, kematian adalah garis kepastian yang sepenuhnya berada di tangan Tuhan, tak banyak yang bisa saya lakukan kecuali mengambil pelajaran.

Usia kandungan saya baru 3 minggu ketika saya dan suami berpisah karena dia memutuskan untuk berbahagia dengan perempuan lain. Pascaperpisahan, karena tak ingin membuat orang tua kecewa, saya tak pulang ke rumah. Saya justru tinggal di sekretariat komunitas di Kebun Seni, Bandung. FYI, Kebun Seni terletak di tempat parkir utara Kebun Binatang Bandung, setiap harinya ada ratusan atau mungkin ribuan orang yang berkunjung, sedangkan di sana hanya ada satu toilet berisi dua bilik untuk perempuan dan 1 bilik untuk laki-laki.

Di toilet itu pulalah para penghuni Kebun Seni, termasuk saya yang waktu itu tengah mengandung, melakukan segala macam “urusan”. Ya, namanya juga toilet umum, jangan tanya perihal kebersihannya. Juga jangan tanya seberapa sering saya menahan kencing.

Pernah, lho, saya sampai BAK di kantong kresek dan membersihkannya hanya dengan tisu basah gara-gara antrean toilet sudah seperti antrean nonton konser JKT48. Mandi dan berganti pakaian ? Nggg ... kalau sempat dan kalau ingat.

Tak sampai 1 bulan tinggal di sana, saya mulai merasa sakit buang air kecil, urine saya mulai berbau dan berwarna keruh. Bodohnya lagi, saya menganggap anyang-anyangan atau dalam basa Sunda disebut jeungjeuriheun sebagai hal yang biasa, sekadar pengaruh hormon dan rahim yang menekan kandung kemih. “Ah, nanti juga sembuh,” pikir saya.

Waktu itu saya tak tahu, sungguh saya tak tahu, bahwa anyang-anyangan yang merupakan salah satu gejala Infeksi Saluran Kemih bisa berbahaya bagi janin jika tak segera ditangani. Karena riwayat kehamilan sebelumnya (saya pernah mengandung bayi dengan kelainan anencephaly yang meninggal 5 jam setelah dilahirkan), depresi pascaperceraian, ritme hidup yang berantakan, ditambah anyang-anyangan, Ziarre hanya sanggup bertahan tak lebih dari tiga bulan dalam kandungan.

Kehilangan suami memang menyakitkan, tapi kehilangan anak jauh lebih menyakitkan. Pertengahan tahun 2013 itu adalah titik terendah dalam hidup saya. Saya jatuh sejatuh-jatuhnya.

PENGALAMAN ADALAH GURU

Anyang-anyangan pada wanita hamil

Seperti yang dikatakan orang-orang bijak, pengalaman adalah guru paling berharga. Dua kali kehilangan anak membuat saya lebih waspada dan peduli dengan organ-organ reproduksi, termasuk ketika beberapa bulan kemudian saya pindah kos ke Cimahi yang lebih bersih (dan punya kamar mandi sendiri), bertemu pasangan baru, dan kembali mengandung. Meskipun sama seperti ayah Ziarre, ayah Aksa pun meninggalkan kami ketika saya sedang hamil, tapi saya tidak ingin kandungan saya terganggu. Saya lebih rajin check up, lebih memerhatikan kandungan gizi, kebersihan, dan waspada terhadap anyang-anyangan.

Karena anyang-anyangan dan kehamilan sulit dipisahkan, sekali dua kali gejalanya masih terasa, tapi untungnya tidak separah sebelumnya. Anak keempat saya ini lahir dengan sehat pada tahun 2014, anak laki-laki yang saya namai Aksa.

 

ANYANG-ANYANGAN BERULANG

Anyang-anyangan itu seperti kenangan, bisa datang secara berulang. Gejalanya mungkin terlihat tidak berbahaya, but for your information, jika ini dibiarkan tanpa diobati, bisa terjadi komplikasi yang menyebabkan infeksi ginjal (pyelonephritis) dan sepsis yang dapat menyebabkan kematian. Atau jika Anda sedang hamil, ISK bisa menyebabkan kelahiran prematur atau bahkan keguguran.

Empat tahun lalu itu adalah pengalaman ISK pertama saya dan yang paling buruk, dan apakah anyang-anyangan pernah mampir kembali? Sayangnya, iya. Sering menahan BAK, malas mandi, mengonsumsi 8 gelas kopi sehari, dan jarang minum adalah beberapa “dosa” besar yang membuat anyang-anyangan sulit dihindari.

Kira-kira sebulan yang lalu area V mulai terasa perih jika BAK, penyebab sakit saat buang air kecil ini sepertinya sudah jelas: anyang-anyangan. Padahal saat itu saya harus ke Jakarta untuk meliput, bawa Aksa pula. Kebayang dong, ya, gimana rasanya berada di mobil travel selama 4 jam lebih dengan kandung kemih yang memberontak nyaris setengah jam sekali? 

 

Saat itulah saya ingat sebuah blog post tentang anyang-anyangan yang ditulis Kak Haya Aliya Zaki tentang pengalamannya mengatasi anyang-anyangan. Di blog post itu Kak Haya bercerita bahwa ada obat yang bisa mengatasi susah buang air kecil sekaligus menjaga area V: Prive Uri-cran.

“Pulang nanti mampir dulu ke Guardian atau Century, ah, beli Uri-cran,” tekad saya dalam hati.

Tapi, dasar pucuk dicinta ulam pun tiba, ternyata di Mom & Baby Expo ada booth Uri-cran. Eh, lagi diskon pula. Dengan gembira, saya langsung membeli 4 boks Prive Uri-cran Plus setelah sebelumnya mencoba secangkir tester yang disodorkan mbak-mbak penjaga booth.

Cerita tentang Uri-cran dan bagaimana ekstrak cranberry di dalamnya mengatasi anyang-anyangan akan saya bahas di subbab lain. Sebelumnya, yuk kenalan lebih jauh dengan ISK agar kita para wanita lebih teredukasi.

Beberapa Fakta
tentang Anyang-anyangan
Infeksi saluran kemih pada anak-anak

SETIAP ORANG

Setiap orang memiliki risiko terkena anyang-anyangan, pria dan wanita, orang dewasa dan anak-anak.

Fakta tentang anyang-anyangan
Risiko anyang-anyangan pada wanita

WANITA LEBIH BERISIKO

Wanita lebih rentan terkena ISK karena secara anatomi, jarak uretra dengan anus lebih dekat.

Infeksi Saluran Kencing pada Wanita

5 DARI 10 WANITA

Pernah mengalami Infeksi Saluran Kemih (ISK) dengan gejala awal anyang-anyangan.

Anyang-anyangan berulang

ANYANG-ANYANGAN BERULANG

Anyang-anyangan bisa berulang jika tidak ditangani dengan benar.

Masalah anyang-anyangan pada wanita hamil

WANITA HAMIL

Sebagian besar wanita hamil mengalami masalah anyang-anyangan.

Wanita Prive Uri-cran

Mengenal Anyang-anyangan
dan Infeksi Saluran Kemih (ISK)

Anyang-anyangan yang dulu pernah saya derita bisa dialami oleh siapa saja, laki-laki dan perempuan, dewasa dan anak-anak. Kisah yang saya ceritakan di atas adalah cermin yang semoga saja bisa membuat kita sama-sama berkaca dan menyadari bahwa masalah kesehatan bisa dicegah andaikan kita cukup memiliki pengetahuan.

Apa Itu Infeksi Saluran Kemih?

Infeksi Saluran Kemih (beberapa orang menyebutnya Infeksi Saluran Kencing) adalah infeksi yang terjadi pada organ-organ yang termasuk sistem kemih, antara lain ginjal, kandung kemih, ureter (saluran kemih bagian dalam), dan uretra.

Berdasarkan organ yang terinfeksi, ISK dibagi menjadi dua:

  1. ISK bagian bawah ==> infeksi terjadi pada uretra dan kandung kemih.
  2. ISK bagian atas ==> infeksi terjadi pada ureter dan ginjal.
saluran kemih
Sistem Kemih
GEJALA INFEKSI SALURAN KEMIH

Salah satu tanda Infeksi Saluran Kemih atau gejala awal yang paling mudah dideteksi adalah anyang-anyangan. Namun, tidak semua anyang-anyangan merupakan gejala ISK, bisa saja itu karena dehidrasi atau overaktif bladder (kandung kemih yang terlalu aktif). 

Gejala anyang-anyangan tidak selalu spesifik atau sama pada setiap orang, tapi harap waspada jika Anda mengalami gejala seperti ini:

  • Frekuensi buang air kecil meningkat, tapi volumenya sedikit-sedikit.
  • Keinginan buang air kecil yang sulit ditahan.
  • Rasa perih atau terbakar ketika buang air kecil.
  • Urine lebih pekat dan keruh, berbau, dan pada kasus-kasus tertentu mengeluarkan darah.
  • Badan terasa tidak nyaman dan mudah lelah.
  • Nyeri dan rasa tidak nyaman pada perut bagian bawah.
  • Panggul terasa nyeri pada perempuan, dan anus terasa nyeri pada laki-laki.

Pada ISK bagian atas, gejalanya juga disertai dengan:

  • Mual dan muntah.
  • Demam.
  • Tubuh menggigil.
  • Gelisah.
  • Disorientasi.
Fakta tentang anyang-anyangan

PENYEBAB ANYANG-ANYANGAN
DAN CARA MENCEGAHNYA

Anyang-anyangan bisa disebabkan oleh banyak hal, pada kasus saya,
itu terjadi karena faktor lingkungan yang kurang bersih juga karena saat itu saya sedang hamil.
Berikut beberapa faktor penyebab anyang-anyangan dan tip pencegahannya:

Sering menahan kencing

Sering menahan buang air kecil

Urine adalah kotoran yang harus segera dikeluarkan. Jika urine terlalu lama berada di kandung kemih yang notabene sudah penuh, ini akan menyebabkan bakteri berkembang biak.

Kebersihan toilet

Kebersihan toilet

Toilet, apalagi toilet umum, adalah tempat kuman-kuman dan bakteri jahat bersarang. Sebelum BAK atau BAB di toilet umum, siram dahulu toilet dan sekitarnya untuk membuang kuman-kuman dan bakteri.

Kebersihan pakaian dalam

Kebersihan pakaian dalam

Nah, ini nih. Pakaian dalam yang jarang diganti adalah tempat berkembang biaknya bakteri. Ganti pakaian dalam minimal 2 kali sehari atau segera ganti jika terasa lembap.

Cara membasuh yang salah

Cara Membasuh yang Salah

Sesudah selesai BAK atau BAB, cara membasuh yang benar adalah dari depan ke belakang, bukan sebaliknya. Pada wanita, membasuh dari belakang ke depan bisa membawa bakteri dari anus masuk ke area V dan menyebabkan infeksi.

Lembap

Kelembapan

Terutama untuk wanita, area V yang terlalu lembap bisa menyebabkan bakteri mudah berkembang biak. Selalu keringkan area V setiap kali selesai BAK atau BAB.

Kurang minum air putih

Kurang Minum Air Putih

Kurang minum air putih selain bisa menyebabkan dehidrasi juga bisa menyebabkan anyang-anyangan. Ini karena ginjal bekerja lebih keras ketika asupan cairan tubuh kurang.

BAKTERI E-COLI

Penyebab anyang-anyangan yang saya jelaskan di atas adalah pemicu berkembang biaknya bakteri-bakteri yang bisa menyebakan infeksi. Nah, 80% anyang-anyangan disebabkan oleh bakteri bakteri Escherichia coli atau E-Coli yang menempel di dinding saluran kemih. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa melihat infografik di bawah ini:

Infographic bakteri E-coli
TIP MENCEGAH ANYANG-ANYANGAN
Tip #1

Biasakan untuk tidak menahan jika ingin buang air kecil. 

Tip #2

Jika misalnya kita terpaksa BAK atau BAB di toilet umum, lakukan beberapa hal ini sesudah dan sebelum menuntaskan hajat:

  1. Siram toilet terlebih dahulu.
  2. Pilih toilet jongkok daripada toilet duduk.
  3. Jika BAK di toilet duduk, saya tidak pernah lagi menyentuh atau duduk langsung di kloset. Melainkan agak-agak ... ya, pokoknya gitu, deh. Cangkeul, dong? Ya, BAK kan tidak lama, paling berapa detik, sih. Atau, Anda bisa mengalasi dudukan kloset dengan tisu terlebih dahulu.
  4. Ketika membasuh dan yang tersedia adalah air dalam ember, cuci dulu gayung, ambil air langsung dari keran, jangan gunakan air yang ada di dalam ember karena kita tidak tahu, kan, air itu sudah pernah digunakan untuk apa oleh pengguna toilet sebelumnya.
  5. Keringkan area V dengan tisu PUNYA SENDIRI. Saya pernah baca di mana gitu ya, lupa. Bahwa benda paling kotor di toilet umum adalah tisu gulung yang nangkring di dinding itu, lho.
Tip #3
  1. Gunakan pakaian dalam berbahan katun atau bahan lain yang mudah menyerap keringat.
  2. Hindari menggunakan pakaian dalam yang terlalu ketat.
Tip #4

Biasakan minum air putih paling sedikit 8 gelas sehari dan kurangi minuman yang bersifat diuretik seperti teh atau kopi.

Tip #5

Segera buang air kecil dan bersihkan area genital setelah berhubungan suami istri. 

Tip #6

Cuci tangan dengan sabun setelah BAB dan BAK. Hindari menyentuh area genital setelah BAB jika belum mencuci tangan.

Seperti yang saya ceritakan di atas, anyang-anyangan bisa berbahaya dan bisa berkembang menjadi infeksi yang lebih serius jika tidak segera ditangani. Anyang-anyangan dan Infeksi Saluran Kemih bisa dicegah dengan cara membiasakan diri untuk tidak menahan kencing, banyak minum air putih, menjaga kebersihan, dan pola hidup. Tapi, apakah itu semua cukup? Untuk meminimalisasi risiko, salah satu cara untuk mengobati anyang-anyangan sekaligus mencegahnya datang kembali, sebaiknya kita juga mengonsumsi jus cranberry. Kenapa cranberry, kenapa bukan buah pisang atau semangka, misalnya? Well, karena kandungan Proanthocyanidins (PAC) dalam cranberry berfungsi sebagai antioksidan yang dapat mencegah pertumbuhan bakteri E-coli dan melindungi saluran kemih.

Atuh harus kukurusukan ka kebon untuk mencari buah cranberry? Nggg ... anu ... yang sering ada di kebun atau di pinggiran sawah mah mullbery. Yang ada di Ciwidey dan bisa petik sendiri? Eta mah stroberi, ieuh. Yang kalau dimakan bibir jadi berwarna ungu? Euh, eta mah jamblang, Iroh, jamblang! Ya udah gini weh, daripada kita melantur ke mana-mana, lebih baik ikuti pengalaman Kak Haya aja, yuk. 

Well, saya bersyukur hidup di abad millenial ketika dunia medis sudah berkembang sedemikian pesat. Ketika sebulan yang lalu anyang-anyangan kembali "say hi", saya mengonsumsi 2 sachet Prive Uri-cran Plus per hari. Dalam waktu kurang dari dua minggu anyang-anyangan yang saya alami berangsur-angsur hilang.

Prive Uri-Cran

Prive Uri-Cran adalah minuman kesehatan yang diproduksi oleh Combiphar, berisi ekstrak cranberry yang bisa mengobati anyang-anyangan, mengatasi susah buang air kecil, dan mencegah anyang-anyangan datang kembali.

Buah cranberry (Vaccinium oxycoccos) yang kaya akan Proantocyanidin (PAC) dapat mencegah bakteri E-coli menempel pada dinding saluran kemih. Jadi, ketika kita mengonsumsi Uri-cran, saluran kemih kita akan terlindungi sehingga bakteri dibuang bersama air kencing, tidak lantas berkembang biak dan menyebabkan infeksi. But wait, khasiat buah beri berwarna merah tua ini tak hanya sampai di sini. Nanti akan kita bahas di subbab selanjutnya, ya.

Waktu di Jakarta bulan lalu itu, sebetulnya saya ditawari 2 jenis Uri-cran. Sayangnya saya sedang riweuh mengejar-ngejar Aksa dan memutuskan untuk membeli Uri-cran Plus (bubuk) saja. Khasiatnya sama, kok, perbedaan Uri-cran yang kapsul dengan yang bubuk ada di tambahan komposisi dan well, yang bubuk lebih enak karena bisa diminum seperti kita meminum jus. Berikut dua pilihan Uri-cran sebagai bahan referensi Anda:

Prive Uri-cran Kapsul

Prive Uri-cran Kapsul

Komposisi:

  • Vaccinium macrocarpon (ekstrak Cranberry) 250 mg
  • Mengandung 18 mg PAC (Proanthocyanidin)

    Isi:
  • 30 kapsul/boks

  • Prive Uri-cran Plus

    Prive Uri-cran Plus

    Komposisi:

  • Vaccinium macrocarpon (ekstrak Cranberry) 375 mg;
  • Vitamin C 60 mg;Bifidobacterium bifidum 0,1 mg;
  • Lactobacillus acidophilus 0,1 mg;
  • Frukto Oligo Sakarida 0,1 mg;
  • Kalsium Laktat Glukonat 1 mg

    Isi:
  • 15 sachet @ 8 gram/boks

  • MANFAAT BUAH CRANBERRY

    cranberry untuk mengobati infeksi saluran kemih

    Memang tidak heran jika kita sedikit sulit menemukan buah ini di Indonesia. Itu karena cranberry lebih banyak ditemukan tumbuh di Amerika dan Kanada. Orang-orang Indian kuno sendiri sudah lama menjadikan cranberry sebagai obat untuk menyembuhkan luka. Karena khasiatnya, dunia medis dan kesehatan modern memanfaatkan cranberry sebagai pengobatan. Sejak bulan April 2004, lembaga pengawas obat dan makanan Prancis, AFSSA, telah mengizinkan penggunaan jus cranberry sebagai antibakteri alami untuk mengobati masalah saluran kemih, termasuk tentu saja mengobati anyang-anyangan. 

    Berikut kandungan dan manfaat buah cranberry yang saya kutip dari http://uricran.co.id:

    Kandungan Cranberry

    Buah ini mempunyai kadar vitamin C yang cukup tinggi. Selain itu kaya serat makanan, mineral dan flavonoid antosianidin, sianidin, peonidin, dan quercetin dan memiliki senyawa fitokimia, yaitu salah satu sumber anti oksidan polifenol sehingga buah cranberry sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung dan dapat mencegah penyakit yang berbahaya seperti kanker dan penyakit jantung.

    Manfaat Mengonsumsi Cranberry

    Banyak wanita di atas usia 20 tahun menderita infeksi saluran kemih yang menyebabkan ketidaknyamanan. Sementara, jus cranberry diketahui efektif mencegah infeksi saluran kemih. Hal ini karena buah cranberry memiliki antioksidan yang disebut proanthocyanidins, dan dapat mencegah pertumbuhan bakteri penyebab infeksi ini. Selain itu, antioksidan ini juga dikenal memiliki sifat anti-adhesi yang membuat bakteri tidak akan menempel pada saluran kemih, sehingga mencegah bakteri menularkan infeksi. Kandungan flavonoid antosianidin, sianidin, peonidin, dan quercetin yang terdapat pada buah cranberry terbukti ampuh melawan kanker secara in vitro, namun kurang diserap di dalam tubuh manusia dan cepat dieliminasi dalam darah.

    kandungan buah cranberry
    CARA MENGONSUMSI PRIVE URI-CRAN PLUS

    Saya mengonsumsi dua gelas Uri-cran Plus setiap hari. Buang air kecil yang tadinya selalu perih berangsur-angsur membaik pada hari ketiga. Warna urine juga sudah tidak keruh atau berbau. Pada hari ketujuh, anyang-anyangan sudah betul-betul hilang, sih. Tapi, saya teruskan minum sampai habis dua boks untuk perlindungan jangka panjang. Karena rasanya yang segar (agak mirip buah delima), saya yang biasanya malas meminum apa pun secara rutin justru tidak mengalami kesulitan. Cara menyajikannya pun mudah sekali. Masih ada sisa dua boks, tadinya mau saya simpan untuk stok atau jaga-jaga, tapi karena ada kawan yang sedang hamil dan mengalami anyang-anyangan, ya sudah saya kirimkan untuk dia. Satu boks lagi saya berikan kepada teman. Gampanglah saya mah, nanti beli lagi di Century atau Guardian. Oh iya, FYI, Uri-cran juga bisa dikonsumsi oleh anak di atas usia 3 tahun, lho.

    Cara mengonsumsi Uri-cran bubuk
    obat anyang-anyangan

    SELAMAT TINGGAL ANYANG-ANYANGAN

    Dengan rutin mengonsumsi Uri-cran, sekarang anyang-anyangan sudah sempurna hilang dan semoga saja tidak kembali datang. Semoga seperti Kak Haya dan wanita lainnya, saya bisa mengucapkan selamat tinggal kepada anyang-anyangan. Pengalaman dengan Infeksi Saluran Kemih beberapa tahun silam itu membuat saya banyak belajar bahwa masalah kesehatan, terutama yang berhubungan dengan organ kewanitaan, meskipun itu terlihat kecil, ternyata mampu membawa dampak yang besar. Sebagai orang tua tunggal dan memiliki banyak kegiatan, saya harus senantiasa menjaga kesehatan. Bukan hanya demi saya sendiri, tapi juga demi Aksa, "pengganti" Ziarre yang telah pergi. Biarlah luka dan kehilangan itu saya simpan sebagai pelajaran, juga sebagai pengingat bahwa anak adalah titipan Tuhan, Ia bisa memberi, juga bisa mengambilnya kapan saja.  Pelajaran apa pun yang Anda ambil dari curhatan tulisan ini, semoga Anda lebih peduli dan termotivasi untuk mengedukasi diri sendiri. Ambil apa-apa yang berguna dari sini, lalu buang sepah dan dukanya. Sebab saya hanya perawi, tugas saya mengabarkan, bukan mengajarkan.

    Salam,

    ~eL

    Blog post ini diikutsertakan dalam Wanita Uri-cran Blog Competition

    Logo Wanita Uri-cran

    Anda bisa mendapatkan Prive Uri-cran di apotek dan toko berikut:

    • Guardian
    • Watsons
    • Century
    • Kimia Farma
    • Viva Generik
    Grafis, foto, & ilustrasi
    1. Langit Amaravati
    2. uricran.co.id
    Sumber referensi
    1. uricran.co.id
    2. alodokter.com
    3. id.wikipedia.org
    4. Mutschler, Ernst. 1991. Dinamika Obat, Farmakologi dan Toksilogi. Bandung: Penerbit ITB.
    Please feel free to share

    66 Comments

    1. July 21, 2017 at 6:36 pm

      Baca pengalaman tinggal di Kebun Seni dengan toilet umum yang nggak banget ini sangat menyentuh. Tangguh banget, Mbak…

    2. July 21, 2017 at 2:45 pm

      Saya juga pernah kena anyang2an 3X malah! termasuk waktu hamil muda dulu. Malah saya gak tau kalo ternyata bisa berdampak pada keguguran.
      Makasih infonya ya. Infografisnya keren banget! Pantas lah mbak eL jadi pemenang 👍 selamat mbak.

    3. Novie Mochtar-Reply
      July 21, 2017 at 1:31 pm

      Selamat ya mba. Ulasannya keren, pengalaman sendiri, detail dan sangat informatif. Mba sangat layak memang menjadi pemenangnya. Desain blognya juga wokeh. Selamat sekali.lagi.

    4. July 21, 2017 at 7:03 am

      Selamat buat Uchan atas terpilihnyaj sebagai Pemenang Utama. bilang sama Aksa yang lucu itu, jangan suka bilang “berisik, bunda…icik unda” hehe…

    5. July 21, 2017 at 6:59 am

      Subhaanallah…memang postingaan Uchan ini cetar membahana banget. Bunda bacanya sampe berdecak nih. Kereeen…kereeen…beneran keren deh. Selamat ya untuk hadiahnya yang keren juga. Sukak, baca dialognya sama Aksa… hehehe…Sekali lagi selamat, ya.

    6. July 20, 2017 at 11:39 pm

      Informatif bgt mba tulisannya. Design blognya juga keren

    7. July 20, 2017 at 4:30 pm

      waaah, selamat mbak langit dapat macbook. btw udah enggak anyang2 lagi kaan?

    8. June 30, 2017 at 6:18 pm

      Cakeeep, Langit
      Selaku suka dengan tulisanmu yang selalu ada muatan puitisnya
      Moga beruntung
      Salam buat si kecil yang seusia Pendar Anakku

    9. Anindya-Reply
      June 22, 2017 at 12:30 pm

      Lama ga mampir ke blog teh el, pas buka lagi widiiiiiihhhh ini mah super duper kereeennn.. Tulisannya keren, lengkap, informatif dengan bahasa yang mudah sekali dicerna, jadi anteng baca dari awal sampai akhir. Gambar dan desain graphisnya ini nih yang juara pisan.

      Btw, aku 2 kali kena gejala ISK sekitar 7 tahun yang lalu. Penyebabnya karena kurang asupan air putih, minumnya sehari hari teh kopi teh kopi terus. Ditambah kebersihan toilet yang kurang bagus juga, maklum kamar mandi keroyokan di kostan. Pertama kali kena gejala masih ringan, minum banyak air putih lalu sembuh. Setelah sembuh, masih belum kapok minum air putihnya minim lagi. Lalu kena lagi yang kedua kalinya, kali ini gejalanya makin heboh, makin sakit, dan sempat ada darah saat BAK. BAK bener-bener ga ketahan, setengah jam sekali ke toilet, tapi yang keluar sedikiiiit sekali. Frekuensi BAK makin rapat sampai 15 menit sekali. Badan lemas, mendadak demam, susah bergerak. Rasa ga enaknya itu terngiang ngiang terus sampai sekarang.

      Pelajaran hidup yang berharga. Sejak itu pelan-pelan belajar lebih sehat. Minum air putih 8 gelas sehari, pensiun minum kopi, teh belum bisa stop tapi dibatasi. Alhamdulillah ISK ga say hi lagi sampai sekarang. Mudah-mudahan kita semua selalu sehat ya 🙂

    10. June 21, 2017 at 7:17 pm

      duh teh el, i feel you rasanya kehilangan anak :'(

      anyang-anyangan memang terlihat sepele, tapi dampaknya bahaya apalagi buat ibu hamil

      sehat2 selalu untuk aksa dan teh el

    11. June 21, 2017 at 3:49 am

      Informatif sekali Mba’ 🙂
      Harus waspada sama anyang-anyangan!
      Lalu saya pun langsung keder mau ikutan, gara-gara liat tulisan dan tampilannya kereen 🙂

      • June 21, 2017 at 3:15 pm

        Aih, jangan gitu, dong. Yuk ikutan, yuk. Berbagi pengalaman ketika anyang-anyangan akan sangat berguna bagi perempuan lainnya lho, Mbak. 🙂

    12. June 20, 2017 at 10:35 am

      Ahh… Ahh … Aku tak bisa berkata-kata😍

    13. Pritahw-Reply
      June 17, 2017 at 3:25 pm

      anyang2 an ini sebenernya sepele ya Teh, tapi kita sendiri yang sok ga merhatiin, deuh! Untung sekarang udh ada uri cran yg bisa jadi ‘senjata;. Nice sharing 🙂

    14. June 11, 2017 at 9:48 am

      Hahaha, gagal fokus sama gambar-gambarnya, kereeen. Btw, aku pernah duluuu sekali, anyang-anyangen, enggak enak banget, nyiksa.
      Seneng udah ada obatnya siapa tahu kejangkit lagi.
      Infonya detail, jadi sambil belajar bener nih

    15. June 11, 2017 at 4:33 am

      keren sekali tulisannya kak 😀

    16. June 9, 2017 at 9:32 pm

      Dulu, waktu masih ngekos, kamarku di lantai 2 sementara kamar mandi di lantai 1. Jadinya tiap malam nahan pipis sampe pagi baru turun sekalian wudhu buat solat subuh. Gara2 itu juga kalo malem malas minum biar gk kebelet. Nice inpoh mbak. Selalu suka sama tulisan mbak yang lengkap dan tetap ada unsur personal nya kayak gini. Salam kenal dari Malang.

    17. June 3, 2017 at 2:59 pm

      Ya ampun Mbak El, luengkap banget… Macam kuliah apa gitu, keren pula pake animasi….
      Ah envy dech, pake banget envynya hahaha.
      Keren, totalitasnya super.
      Btw eike belum nyoba price urican ini, mau nyoba abis maghrib biasanya Kumar.

    18. June 3, 2017 at 6:20 am

      Betul Teh, pengalaman adalah guru yang paling berharga. Mengalami kehilangan,menjadikan kita untuk lebih waspada pada organ penting itu,ya…

      • June 4, 2017 at 10:53 am

        Iya, dari pengalaman ini aku jadi sadar bahwa masalah kesehata itu tidak bisa diabaikan.

    19. May 31, 2017 at 5:42 pm

      Info mengenai anyang2annya lengkap sekali mba El…. tampilan blognya juga keren.. aku sukaa… ^^

    20. May 31, 2017 at 7:39 am

      Dulu aku nganggap anyang-anyangan itu biasa..ternyata..gejala ISK ya..duh..

      • June 1, 2017 at 4:52 am

        Iya, Kak. Anyang-anyangan tidak bisa dianggap remeh, lho.

    21. May 31, 2017 at 12:53 am

      Saya dan ibu pernah ngalamin ISK. Alhamdulillah sekarang mah udah enggak…

      • June 1, 2017 at 6:25 am

        Syukurlah kalau sudah sembuh, Teh. Ah, mudah-mudahan anyang-anyangan enggak datang lagi, ya.

    22. May 30, 2017 at 9:38 pm

      Gara2 jeungjeuriheun harus ke dokter kandungan. Da, dulu sudah siwer. Ini teh sakit apa, apekteh infeksi saluran kemih. Gara2na nahan pipis pas macet. Teu pira…. tapi matak

      • June 1, 2017 at 6:26 am

        Tah eta pisan, Ceu. Jeungjeuriheun ternyata bisa menjadi petaka.

    23. May 30, 2017 at 12:00 pm

      Anyang-anyangan mengganggu aktivitas karena harus sering deket-deket toilet. Saya awalnya menganggap ini hal biasa. Apalagi beberapa kebiasaan buruk yang memperberat anyang-anyangan yang saya alami. Untung sekarang ada uri-cran. Simple, alami, dan bermanfaat banget!

      • June 1, 2017 at 6:27 am

        Iya, sekarang mah obatnya mudah, yah. Tidak usah ke Kanada untuk beli cranberry. Hahahah.

    24. May 30, 2017 at 8:51 am

      Ibuku kena anyang-anyangan juga Teh. Belum pernah nyobain konsumsi uricran ini. coba nanti aku sarankan ke Ibu ya.

      • June 1, 2017 at 6:27 am

        Dicoba aja, Mit. Aman dan enak, kok. Semoga ibunya cepet sembuh, yah.

    25. May 30, 2017 at 8:26 am

      baca tentang anyang-anyangan berasa baca karya sastra keren banget, membius huhuhu

    26. May 30, 2017 at 7:54 am

      wow luar biasa, tulisan yang sangat sangat lengkap!

    27. May 30, 2017 at 4:04 am

      Gara-gara nahan pipis sampe kudu ka dokter kandungan, aku mah dulu. Rasanya mending nahan sabar weh daripada nahan pipis maah…

    28. May 29, 2017 at 2:56 pm

      Tulisannya kece.

      Aku dulu pas hamil juga pernah anyang–anyangan sampe nggak bisa jalan tapi dipaksain karena waktu itu harus masuk kerja. Penyebabnya, kalau malam males ke kamar mandi karena ngantuk dan takut jadi ketahan pipisnya. Sampai akhirnya kehilangan calon anak dan salah satu penyebabnya diduga ISK. Dulu nggak ngerti jadi nyepelein aja sama anyang-anyangan ini. Padahal akibatnya bisa fatal.

    29. May 29, 2017 at 11:49 am

      Aku males mandi & sering banget nahan pipis… hiks.. setelah baca ini ngga lagi2 nahan pipis, mandi kl wiken 1x aja cukup lah 😀

      • May 29, 2017 at 9:48 pm

        Males mandinya jangan diterusin juga, Kaaakkk. Hahaha.

    30. May 29, 2017 at 11:38 am

      semoga sehat-sehat terus ya teh..

    31. May 29, 2017 at 10:32 am

      Khusus wanita yah ? Kalo yg pria ada gak ?

      • May 29, 2017 at 9:49 pm

        Anyang-anyangan bisa menjangkiti siapa saja. Uri-cran bisa diminum oleh wanita dan pria.

    32. May 29, 2017 at 2:25 am

      Kak eelll,kece badai mih ulasan.smoga mnang ya kakk

    33. May 28, 2017 at 10:37 pm

      Selalu total ulasannya jempol like it, keren yakin menang neh

    34. May 28, 2017 at 9:09 pm

      Calon jawara ini mah 🙇🙇🙇🙇

    35. May 28, 2017 at 8:28 pm

      Luar biasa ulasannya. Lengkap dan bagus banget. Ohya, saya juga minum Uri-cran untuk pencegahan. Sukses ya, teh.

    36. May 28, 2017 at 6:54 pm

      Your writing is always amazing!

    37. May 28, 2017 at 1:56 pm

      Saya tmk sering nahan pipis. Lantaran saya teh jijikan orangnya huhuhuhu. Emang jadinya sakit sih. 5 tahun ini udh insyaf, beuh klo dulu mah gelo nahan pipisnya. Baru tau nama ada istilah buat sakit karena nahan pipis. Juga baru tau ada obatnya.

      • May 29, 2017 at 9:55 pm

        Eta pisan, Lul. Sok hoream mun di toilet umum.
        Harus hati-hati hayoh, soalna bisa bahaya.

    38. May 28, 2017 at 1:07 pm

      Kisahnya inspiratif teh, pengalaman adalah guru yang paling berharga. Duh kalau ngomongin kehilangan mah aku juga pernah ngerasain, tapi nggak sebanding ya sama kehilangan anak :’)

      Tapi prive uri cran ini emang beneran ampuh.. aku pernah ISK juga sembuh pakai ini, Alhamdulillah..

      Ya ampun teteh the best pisan, ulasannya lengkap, grafisnya bagus enak banget dipandang mata yang bacanya. Jadi pengen di design-kan template blog deh :3

      • May 29, 2017 at 9:56 pm

        Aku kok malah fokus ke “pengen didesainin template” yak? Hahaha.

    39. May 28, 2017 at 12:53 pm

      Wah selalu kece nih tulisannya, lengkap banget. Saya paling sering sih keputihan, bisa2 kalau nggak diobati juga jadi ISK. Kalau anyang2an dulu sering banget pas remaja dan saat hamil

      • May 29, 2017 at 9:57 pm

        Nah iya, keputihan juga ternyata bisa menyebabkan Infeksi Saluran Kemih yah.

    40. May 28, 2017 at 7:54 am

      Saya dulu menyepelekan juga ISK. Ternyata berbahaya ya. Hehe

      • May 29, 2017 at 9:57 pm

        Aku juga dulu enggak begitu aware, setelah keguguran baru deh.

    Leave A Comment