Foto: whoareyou-iamindonesian.blogspot.co.id/

Parapat merupakan kawasan yang cukup indah dengan panorama Danau Toba dan Pulau Samosirnya. Jika Anda bepergian ke kawasan ini, tidak perlu heran ketika menemui banyak sekali turis lokal dan mancanegara yang tengah menghabiskan waktu liburannya di sini karena Danau Toba merupakan salah satu destinasi favorit yang ada di Parapat.

Kawasan Parapat tidak hanya memiliki objek wisata Danau Toba, masih banyak destinasi lain yang layak untuk dikunjungi. Agar lebih nyaman, sebaiknya gunakan kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan daripada menggunakan kendaraan umum, karena dengan kendaraan pribadi kita akan lebih leluasa dan mudah untuk menuju berbagai lokasi objek wisata.

Karena pemandangan alamnya yang indah dan masih alami, berkeliling kawasan Parapat bisa menjadi sebuah refreshing. Kita tidak akan pernah bosan dengan pemandangan di sepanjang jalan meski harus menempuh 4 jam perjalanan dari pusat Kota Medan. Rasa lelah setelah perjalanan pasti ada, tapi rasa lelah itu akan hilang saat tiba di Parapat, apalagi setelah tiba di salah satu penginapan yang ada di sana.

Di Parapat memang cukup banyak tempat penginapan, dari hotel kelas melati hingga hotel berbintang. Jika Anda akan berkunjung ke sana, apalagi ketika musim liburan panjang, sebaiknya booking hotel jauh-jauh hari sebelumnya agar tidak kehabisan kamar. Anda bisa mem-booking kamar hotel via Traveloka, bahkan bisa sekalian cek harga kamar yang tersedia.

Makanan Khas Parapat

Selain keindahan alamnya, bagi Anda yang gemar menjajaki dunia kuliner, Anda juga bisa memanjakan lindah petualang Anda. Di Parapat, terdapat beberapa kuliner khas yang sayang sekali untuk dilewatkan. Berikut beberapa ulasannya:

1. Dolung

Foto: gobatak.com

Parapat memiliki jajanan khas, yaitu dolung. Jika pertama kali mencicipi dolung, rasanya mungkin tidak akan begitu asing di lidah Anda. Rasa dolung nyaris sama seperti jajanan tradisional khas
Jawa karena memang bahannya hampir sama, sama-sama terbuat dari tepung beras. Yang menjadi ciri khas dolung adalah jajanan ini dimasak dengan dibungkus daun bambu sehingga aromanya cukup kuat. Dari situlah cita rasanya yang lezat berasal.

2. Mi Gomak

Foto: makeslifetastier.com

Mi gomak adalah salah satu jajanan khas Batak yang bisa kita temui di Parapat. Rasanya tidak jauh beda dengan mi Aceh. Bedanya ada pada rasa pedasnya yang khas. Jika Anda tidak terlalu suka pedas, bisa kok memesan dengan tingkat kepedasan sesuai selera.

Bentuk mi gombak besar-besar seperti spageti. Aroma dan cita rasanya yang khas dan kuat berasal dari rempat-rempah dan bumbu khas Batak.

3. Pizza Andaliman

Foto: medan.tribunnews.com

Pizza andaliman merupakan salah satu makanan khas favorit di Parapat. Makanan ini cukup unik karena seperti kita tahu, pizza merupakan makanan khas Italia. Nah, perbedaan antara pizza yang khas Italia dengan pizza khas Parapat terletak pada topping dan bumbu-bumbu yang digunakannya. Alih-alih bumbu Italia, pizza Andaliman menggunakan bahan dan bumbu khas Sumatera. Rasanya pun benar-benar khas Sumatera, meski tentu saja kelezatannya tidak kalah dengan pizza dari Italia.

Seperti pizza pada umumnya, andaliman juga ditaburi dengan parutan keju. Kita juga bisa meminta tambahan taburan keju jika suka. Meski harganya lebih murah jika dibandingkan dengan pizza di restoran mahal, tapi rasanya tidak kalah nikmat, kok.

4. Ikan Pora-Pora

Foto: food.detik.com

Satu lagi makanan khas Parapat, yaitu ikan pora-pora. Ketika pertama kali melihatnya, mungkin Anda akan berpikir bahwa rasanya sama dengan ikan asin atau ikan wader dengan ukuran yang lebih besar. Namun, jangan salah, rasanya justru lebih gurih dan lezat karena dimasak dengan bumbu rica-rica. Biasanya, ikan ini disajikan dengan sambal dan jeruk nipis.

Banyak juga yang mengatakan bahwa ikan ini bergizi tinggi dan direkomendasikan untuk anak-anak yang mengalami kekurangan gizi. Cukup pantas untuk dijadikan buah tangan untuk teman atau kerabat di rumah, bukan?

Nah, itulah beberapa makanan lezat khas Parapat yang bisa memanjakan lidah Anda. Selain keempat makanan tersebut, masih banyak makanan khas lain yang bisa Anda jajaki atau dijadikan oleh-oleh ketika Anda pulang berlibur dari sini.

See you and have a nice trip.

Regards,
~eL

Leave a Reply