Ruangan presentasi yang tadinya riuh mendadak sunyi ketika saya berjalan ke depan ruangan, menuju meja dan menata “alat-alat perang” di atasnya: laptop, proyektor, alat tulis, dan pointer. Ini bukan hanya presentasi biasa, audiens saya kali ini adalah orang-orang yang mengerti betul tentang teknologi. Tugas saya bukan hanya memerkenalkan spesifikasi OPPO R7s, tapi juga meyakinkan mereka bahwa gadget ini layak dijadikan pilihan untuk menyambut tahun 2016.  

“Selamat siang!” sapa saya ketika layar proyektor mulai menyala. 

Beberapa orang menjawab dengan senyum ceria, beberapa orang hanya mengangguk, sebagian yang lain hanya memandangi saya dengan raut wajah penasaran. Saya tahu, mereka sedang menunggu hal baru apa yang akan saya tawarkan. 

“Nama saya Langit Amaravati. Penulis, blogger, dan desainer lepas. Kali ini saya akan mengajak Anda berjalan-jalan ke teknologi terbaru dengan judul “All About Flash, OPPO R7s”. Tapi sebelum kita sampai pada presentasi utama, mari kita menonton official unboxing ini terlebih dahulu.”


Tepuk tangan bergemuruh ketika video selesai dimainkan, media audio visual selalu menjadi ice breaking yang berguna. 
 
“Ketika memilih smartphone, apa saja yang Anda jadikan bahan pertimbangan? Tolong sebutkan minimal 3 poin.”
 
Seorang perempuan berparas mirip Isyana Sarasvati mengangkat tangan, “RAM, jaringan, daya tahan baterai.”
 
Saya mencatat. “Yang lain?”
 
“Memori, prosesor, OS, kamera, dan harga,” jawab seorang lelaki berbaju biru. 
 
“Bagaimana dengan Anda? Apa yang Anda jadikan pertimbangan?” seorang pemuda berkaca mata malah balik bertanya. 
 
“Well, saya sendiri cenderung memakai dua pertimbangan ketika memilih smartphone. Yang pertama disesuaikan dengan kebutuhan, yang kedua disesuaikan dengan anggaran. Jadi smartphone yang ingin saya miliki adalah smartphone yang bisa mengakomodasi kebutuhan profesi saya, juga menjadikan saya lebih produktif.”
 
Audiens di depan saya mengangguk-angguk. 
 
“Nah, sekarang saya akan membawa Anda berjalan-jalan ke teknologi yang ditawarkan OPPO R7s.”
 
 

DESAIN & DIMENSI

 
  

SPESIFIKASI & FITUR

 
Android 5.1 atau Android Lollipop 5.1 merupakan penyempurnaan dari Lollipop 5.0. Setidaknya ada 5 kelebihan jika dibandingkan dengan pendahulunya.
  1. SPEED. Antarmuka lebih cepat 30%, lebih mulus, dan lebih menarik. Anda tak perlu lagi pusing dengan berbagai aplikasi yang berantakan.
  2. QUICK SHAKE. Dengan fitur quick shake, semua ikon yang ada di desktop lebih mudah disortir hanya dengan menggoyangkan smartphone Anda. Quick shake ini juga berfungsi untuk menggulirkan halaman desktop. 
  3. AUTOMATIC CLEANING. Lebih efisien dalam membersihkan memori. 
  4. LOCKSCREEN NOTIFICATION. Dengan fitur ini Anda bisa mengatur notifikasi yang masuk. 
  5. QUICK SETTINGS. Ada perbedaan antara 5.0 dengan Lollipop 5.1. Di OS yang lebih baru, Anda bisa menyembunyikan toggle yang ada di notification bar dengan cara menekannya lama. 
  • Delapan inti prosesor. Jika Anda seorang game addict, smartphone dengan prosesor Octa-core adalah pilihan tepat karena kebanyakan aplikasi game membutuhkan jumlah core yang banyak untuk bisa berjalan baik. 
  • Octa-core juga memengaruhi kinerja RAM ketika menjalankan aplikasi. 
Ada beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari kapasitas RAM, ROM, dan memori yang disandingkan dengan prosesor Octa-Core:
  1. RAM 4 GB adalah sebuah terobosan besar dalam dunia smartphone. Jika dianalogikan sebagai manusia, OPPO R7s ini adalah seorang sprinter. Larinya cepat. 
  2. Disandingkan dengan prosesor Octa-core, artinya Anda bisa menggunakan berbagai aplikasi pada saat bersamaan tanpa khawatir dengan “lag” atau “hang”
  3. Dengan kapasitas memori eksternal sampai 128 GB, coba bayangkan apa saja yang bisa Anda simpan di smartphone Anda. 
Bukan hanya kapasitas baterai juara yang ditawarkan smartphone terbaru OPPO Indonesia, tapi juga kecepatan pengisian daya dan perlindungan device
 
 
 
Memiliki 2 slot SIM card plus 2 slot untuk memory card dan nano SIM card. Anda tak perlu lagi bingung soal memilih jaringan. Dual SIM card memang tidak asing lagi di Indonesia, tapi biasanya hanya satu yang hanya bisa digunakan untuk akses Internet. OPPO memberikan kebebasan kepada Anda untuk memilih jaringan apa yang Anda perlukan atau disesuaikan dengan sinyal di wilayah tempat Anda berada. 
 
 
 
 
 

FITUR LAINNYA

 
 
 
 
 
 
 
Ruangan presentasi sunyi, saya menarik napas. Siap-siap dengan sesi tanya jawab yang biasanya tak terduga. Layar proyektor sengaja tidak saya matikan, memperlihatkan dua warna OPPO R7s yang menggoda. 
 
“Ada pertanyaan?” 
 
“Bagaimana dengan video dan audio? Anda tidak membahasnya,” tanya seorang perempuan yang duduk di baris kedua. 
 
“Ah, iya. Untung saja Anda bertanya. Video format yang di-support adalah tipe AVI/3GP/MP4/WMV/RMVB/MKV/MOV/ASF/RM/FLV. Untuk RMVB dan RM Anda memerlukan aplikasi tambahan. Juga jangan khawatir dengan file audio, R7s mendukung format MP3/AAC/APE/AMR/WAV/MID/OGG/FLAC dan WMA,” jelas saya.
 
“Pure image seri keberapa kamera yang dimiliki R7s?” kali ini seorang lelaki dengan kaos bergambar kamera yang bertanya. Sepertinya dia seorang fotografer.
 
“Pure image 2.0+. Fitur kamera inilah yang akan Anda dapatkan,” saya mengganti tampilan di layar proyektor.
 
 
Setelah semua orang tampak puas dan tidak ada lagi yang bertanya, saya membagikan secarik kertas kepada 27 orang audiens yang hadir. Mereka berasal dari berbagai kalangan dan profesi. Kebutuhan mereka akan smartphone tentu berbeda-beda pula. 
 
Well, saya sudah menyampaikan spesifikasi dan fitur dengan spesifik. Anda diundang kemari karena memberikan respons positif atas survey yang saya lakukan beberapa hari lalu. Sekarang saya meminta Anda menuliskan minimal 7 alasan mengapa Anda menginginkan OPPO R7s dan berhak mendapatkannya. Waktu Anda 10 menit, dimulai dari …” saya melirik jam tangan di pergelangan tangan kanan, ” … sekarang.”
 
 

WHY I NEED OPPO R7s

 
Saya masih memandangi layar laptop ketika seseorang berdiri di belakang saya, “Chan, makan dulu. Kamu belum selesai juga dari tadi malam?” 
 
Saya terhenyak, menatap wajah seseorang di belakang lalu mencari-cari audiens yang sedang mengisi kuisioner. Ternyata tidak ada siapa-siapa, saya bahkan tidak sedang berada di ruang presentasi melainkan di sekretariat KPRI. Semua percakapan hanya terjadi di kepala saya. 
 
“Membuat infografis untuk presentasi, eh, lomba blog,” dengan gugup saya menjawab. 
 
“Makan dulu gih,” katanya lagi.
 
“Sebentar, aku masih membuat daftar alasan mengapa aku berhak mendapatkan OPPO R7s. Ada masukan?” saya mengangkat alis.
 
“Karena kamu keren?” ia menyeringai. 
 
Oke, sepertinya saya bertanya kepada orang yang salah. Saya mendelik lalu melanjutkan membuat infografis. 
 
 
 
    

Hujan mulai turun ketika saya selesai membuat infografis terakhir. Bau tanah basah menyeruak melalui jendela yang terbuka. Ini hujan di penghujung bulan Desember, hujan yang menyambut pergantian tahun baru. Juga menyambut kedatangan gadget baru: OPPO R7s. 

~eL


Sumber referensi & gambar:

  1. http://www.oppo.com/id/smartphone-r7s/
  2. https://www.facebook.com/indonesiaoppo/?fref=ts
  3. http://www.trentekno.com/10590/oppo-r7s-siap-mendarat-di-indonesia-ini-spesifikasi-dan-harga-resminya/
  4. Flyer

84 Comments

  1. December 27, 2015 at 9:48 am

    Penuh gambar eye catching Euy..

  2. December 27, 2015 at 9:53 am

    ikut ga yah ikuta ga yah, lihat tulisan ini sih, pasti tulisannya jadi pemenang deh

  3. December 27, 2015 at 9:53 am

    Cuma itu modal gue. Hahahah.

  4. December 27, 2015 at 9:59 am

    Semoga postingan ini bertemu dengan takdirnya yang paling baik. 😀
    Ayo ikutan, dong. Masih beberapa jam lagi deadline-nya.

  5. December 27, 2015 at 10:00 am

    Wow cara review yang keren
    gambarnya juga

  6. December 27, 2015 at 10:12 am

    Udah, aku relain aja deh hadiah lomba ini :((

  7. December 27, 2015 at 10:18 am

    What a great way to make a review
    As always, love it
    Good luck, Sis

  8. December 27, 2015 at 10:20 am

    Review yang unik dan keren. Semoga sukses ya teh berjodoh sama oppo-nya 🙂

  9. December 27, 2015 at 10:22 am

    Review anak mudah banget 🙂

  10. December 27, 2015 at 10:28 am

    Wah mbak.. Can't say anything abis baca 🙊. Salam kenal ^^

    http://www.limaura.com

Leave a Reply