-PELANCONG NEKAT-

Alhamdulillah, tulisanku jadi salah satu pemenang lomba penulisan ‘Si Pelancong Nekat’ yang diadakan oleh penerbit Bukune. Hadiahnya seru: uang tunai 250 ribu, paket buku senilai 200 ribu, dan dua nomor lepas dari bukune. Tapi yang paling seru adalah; cerita ke-15 pemenang akan diterbitkan bersama-sama dengan penulis bukune yang lain. Sik asyik…

Dalam menggeluti dunia kepenulisan aku memang tergantung mood, dan tulisan yang dihasilkan ketika mood bagus maka hasilnya akan bagus juga. Contohnya tulisan tentang gagap bahasa yang kuberi judul: SURVIVAL JOURNEY (Ikuti Istilah Setempat, Serancu dan Seaneh Apapun Itu) ini. Padahal nulisnya cuma membutuhkan waktu satu malam. Nggak usah cerita bagian begadangnya lah ya. Pokonya tulisan ini dibuat dalam waktu singkat dan dengan mood yang prima, jadi hasilnya: bisa bersaing dengan ratusan naskah lain dan memenangkan lomba.

Ikut perlombaan seperti ini, bukan hanya karena hadiah yang menggiurkan, tapi juga untuk mengukur kemampuan. Belajar disiplin dengan terikat oleh tenggat waktu. Juga belajar keluar dari konteks tulisan yang biasa kita buat sehingga akan menambah wawasan dan pengalaman, karena jenis tulisan atau tema kan biasanya ditentukan oleh panitia lomba.

Tapi, selain memicu adrenalin, ikut lomba seperti ini juga sukses bikin aku sters. Whiteboard di rumah penuh dengan coretan deadline. Selain punya hobi menunda-nunda, aku juga punya kecenderungan untuk menulis malam-malam dan tergantung mood. Jadi pernah tuh ada satu lomba penulisan yang waktunya sampe dua bulan gitu. Dalam waktu dua bulan, tak satupun insipirasi yang mampir. Sampe kelimpungan pun, tulisan yang aku hasilkan cuma dua paragraf, padahal yang diminta cuma 4 halaman A4. Eh… pas hari terakhir, inspirasi itu datang, malem-malem jam delapan. Aku berhasil nulis enam halaman, tapi tidak berhasil dikirimkan karena tenggat waktu sudah habis. Padahal.. bisa aja kan aku menang. Hiks hiks… setelah itu aku belajar untuk lebih disiplin dan tidak menggantungkan diri pada mood.

Setelah ini ada lagi lomba penulisan novel yang diadakan oleh Pro-U Media. Hadiah pertama 10 juta (hah, ngences kan?) Batas minimal halaman adalah 150 halaman A4. Entah ikut ntah tidak, tapi pengumuman lomba ini sudah nempel manis di whiteboard di kamarku. Deadline Juli 2009. Mmmhhh… let see.

2 Comments

  1. March 23, 2009 at 1:29 pm

    Wah, ketemu temen baru yg punya hobby sama nih, baca n nulis. Aku dukung tuh lomba nulis novel-nya. Tp klo menang, jgn lupa traktir…

  2. Skylashtar-Reply
    March 24, 2009 at 2:39 am

    traktir? aman itu mba… tapi ngomong-ngomong, aku lho belum nulis satu kata pun. Halah… kemauan besar, kemalasan juga besar.

Leave a Reply