PUNGLI TELAH BERAKHIR DI SINI

“Kok muka lu lecek, Yan?” tanyaku pada salah satu karyawan produksi di tempatku bekerja.


“Ditilang polisi. SIM dan STNK ku ditahan,” jawabnya setengah merana.


“Emang kenapa? Eh, kok nggak damai aja gitu?”


“Nggak pake kaca spion. Damai? Emang lu pikir di sini kayak di kampung lu? Polisi di sini nggak bisa disogok tahu!”


“Oh ya? Kalo gitu emang lu yang bego. Pake motor nggak pake spion. Emang lu punya mata cadangan di belakang kepala apa?”

Piyan sukses manyun sepanjang hari karena aku katain dia bego.

Jadi begitulah, bapak-bapak, ibu-ibu! Polantas di Batam tidak lagi mengenal istilah damai goban, damai lakban, damai noban, dan damai ban-ban yang lainnya. Kalau you salah, you ditilang. You ditilang, berarti you masuk ruang sidang. Nggak pake damai di jalan.



Satu yang terpuji dari para racer Batam adalah: “Daripada bayar lima puluh ribu ke polisi di jalan. Haram! Mendingan bayar lima juta ke negara, digunakan untuk pembangunan.”
NB: yang lima juta itu cuma hiperbola.

Berhubung aku sedang mengkampanyekan gerakan anti pungli (pungutan liar) di seluruh Indonesia, jadi aku sedang siap-siap memberikan award pada kepolisian Batam dan masyarakatnya. Award apa? Ucapan selamat dan terima kasih banyak karena telah menjadi aparat dan masyarakat yang sadar dan taat hukum.

PS: Terima kasih kepada Bapak polisi di Polsek Lubuk Baja yang telah mentraktirku makan masakan Padang dan menyumbangkan ongkos, sampai niat nyariin aku kerjaan waktu aku kena musibah bulan Oktober 2008 lalu. Tulisan ini kudedikasikan untuk kalian. Sekali lagi, terima kasih banyak.

3 Comments

  1. April 23, 2009 at 12:57 pm

    Uwaahh…
    MAnteb bener ya polisi BAtam..
    Untungnya sekalipun Sisil blon pernah ditilang
    Hehe

  2. Skylashtar-Reply
    April 24, 2009 at 9:48 am

    Mungkin karena Sisil imut, jadi nggak pernah ditilang (gubragh!). Sammma, aku juga nggak pernah ditilang. Meski nggak punya SIM. Yaiya lah, secara aku nggak bisa naek motor.

  3. July 22, 2009 at 4:33 am

    Altar Langit yang membuatku senang, ehm polisi yang patut dipertahnkan hay indonESIA INI BATAM pulau Hbat, jadi riau batam ya? q kira pulau borneo, kuakak kak 999x. Mjas ?, cerdas2 qbngga dengan nih pnunngu blog, klas brpa?

Leave a Reply