Teman Baru: Acer Revo One RL85

Foto: Acer


Kamar kos saya hanya berukuran 4×4 m2, isinya tempat tidur ukuran single, lemari pakaian, rak buku, meja kerja, dan benda-benda lain yang tidak bisa saya sebutkan karena akan meruntuhkan integritas saya sebagai penulis. *ehem

Sekilas memang tidak ada masalah, tapi harap diingat bahwa saya punya batita yang punya ketertarikan berlebihan terhadap alat-alat elektronik. CPU saya yang dulu sudah beberapa kali disiram susu, keyboard sering nge-hang karena dipukuli, mouse yang dijadikan alat lempar lembing, dan modem yang almarhum karena dicabut paksa dari port. Setelah PC tersebut sukses dipensiunkan, Aksa si batita kekinian jadi agak-agak kesepian. 


Ketika saya mendapatkan Acer Revo One RL85 dari kuis #RevolusiRuang, ia tampak gembira. Saya curiga bahwa dia menyangka mini PC yang saya pasang itu adalah mainan. Mungkin karena bentuknya yang lucu, bisa jadi juga karena ukurannya yang hanya 10.6 x 10.6 x 15.5 cm. But for your information, bentuknya yang mini justru merupakan kelebihan. Setidaknya, saya bisa menyimpannya di atas atau di dalam lemari kalau sedang tidak digunakan. Tolong jangan protes, ini adalah ikhtiar seorang mamah muda untuk menyelamatkan perangkat kerjanya.

 

SPEK & FITUR


Di bawah ini adalah spesifikasi dan fitur Acer Revo One sebagai bahan referensi Anda:


(Klik untuk memperbesar)

Berbicara tentang spek dan fitur, berarti juga berbicara tentang kebutuhan. Selain blogger, saya juga desainer. Saya menggunakan 4 software utama: Adobe Indesign, Photoshop, Illustrator, dan After Effects CS5. Kok nggak Adobe CC terkini? Karena Adobe CC tidak stabil jika digunakan bersamaan dengan Internet. Saya lebih nyaman menggunakan CS5. 

FYI, Adobe CS5 membutuhkan RAM minimal 1GB dan 2GB untuk After Effects. Dengan kata lain, RAM yang dimiliki Revo One agak-agak pas-pasan. 


PLUS MINUS ACER REVO ONE RL85:

PLUS:

1. Spek secara umum
Spek yang dimiliki nyaris sama dengan desktop konvensional yang beredar di pasaran. RAM 2GB dengan HDD 500GB, tapi yang ini bentuknya lebih kecil. Bisa dimasukkan ke laci meja atau lemari atau bahkan disimpan di rak buku.  
  
2. OS
Windows 8.1 menurut saya sih nanggung dan agak kurang stabil. Kabar baiknya, OS bisa di-upgrade ke Windows 10.
 
3. Upgrade-able HDD
Dengan kapasitas 500GB, Acer Revo One bukan hanya berfungsi sebagai PC Mini, tapi juga bisa dipakai sebagai gudang penyimpanan file. Saya tidak perlu khawatir lagi mengenai file-file desain yang jumlahnya banyak dan memakan space begitu besar. Juga ada ruang yang lebih mencukupi untuk menyimpan film-film Korea. Nggg … mengenai film Korea, bisa minta tolong jangan disebarkan? 
 
Since, HDD bisa di-upgrade hingga 2TB, saya agak tergoda untuk melakukannya. Yaaa … upgrade ke 1TB cukuplah. Tapi mungkin nanti kalau koleksi film Korea, eh, kalau hobi saya membuat film pendek kambuh lagi.
 
4. Konektivitas
Saya paling malas memindahkan data dari smartphone ke PC atau sebaliknya melalui kabel data karena tidak terlalu aman. Selama ini saya menggunakan Google Drive sebagai back up dan jembatan antara smartphone dengan PC. Sayangnya Drive hanya memiliki kapasitas 15GB sedangkan file-file desain saya butuh diselamatkan. Mini PC Acer Revo One ini dilengkapi dengan Build Your Own Cloud (BYOC) yang bisa digunakan untuk menyimpan, mensinkronisasi, dan membagikan berbagai file, fungsinya nyaris sama dengan Drive. Itu artinya, gudang back up tambahan. 

5. Wireless
Dilengkapi dengan Wireless Display (WiDi), jadi monitor, keyboard, dan mouse bisa disambungkan ke desktop tanpa kabel. 
 
6. Dimensi
Karena ukurannya yang mini, desktop besutan Acer ini tidak memakan banyak ruang, bisa diletakkan di atas meja kerja saya yang hanya berukuran 40×60 Cm. Dengan bobot kurang dari 1 Kg, juga memudahkan jika akan dibawa ke tempat servis atau pindahan. Untuk mamah-mamah yang tidak sanggup mamanggul benda berat selain beban kehidupan, ini adalah keunggulan tersendiri.

7. Hemat Listrik
Untuk alasan ekonomis, Ibu Kos senang dengan kelebihan yang satu ini. Saya sendiri senang untuk alasan-alasan idealis.

8. Mudah Dibersihkan
Coba, siapa di sini yang sering bermasalah dengan CPU yang beralih fungsi menjadi sarang debu dan laba-laba? Kadang kita malas bongkar-bongkar CPU untuk membersihkan debu yang menempel di fan. Oke, mungkin itu cuma saya. Well, yang jelas Revo One mudah sekali dibersihkan, tinggal dilap memakai tisu kering. 

MINUS

1. RAM

Jujur, RAM 2GB dengan kecepatan 1.4GHz bagi saya terhitung kurang. Ini spek standar bagi seorang desainer, saya membutuhkan minimal 4GB dengan kecepatan 2.5GHz. Iya, Revo One bisa di-upgrade hingga ke 8GB, tapi tipe yang saya miliki hanya bisa di-upgrade hingga 4GB dengan biaya tambahan sekitar Rp525.000. 

2. Prosesor & Kecepatan

Intel Celeron setara dengan dual core, prosesor yang sering dipakai untuk netbook atau laptop. Prosesor jenis ini memang terkenal lebih dingin sehingga tidak cepat rusak, tapi juga memiliki kemampuan yang terbatas. Performanya akan terganggu jika dipakai untuk membuka berbagai aplikasi pada saat bersamaan. Kalau hanya untuk membuka Ms. Office dan internetan sih tidak masalah, sayangnya kecepatannya berkurang ketika digunakan untuk membuka Adobe dan Internet secara bersamaan. 

3. Port

Ada dua jenis pilihan port untuk perangkat display: HDMI dan Mini Display Port. Masalahnya, monitor Acer saya jenisnya masih LCD dengan port VGA, jadi diperlukan konverter VGA to HDMI atau VGA to MDP. Gara-gara itu pula saya jadi browsing LED lalu naksir berat dengan Acer Monitor LED Touchscreen [FT200HQL].

Duh, kapan sih gajian? >.<    
 

4. No Disc Drive
Ini yang membedakan Mini PC dengan desktop konvensional atau laptop: tidak ada Optical Disc Drive (ODD). Ini menyulitkan ketika melakukan instalasi software, juga tidak bisa digunakan untuk mem-burning CD. Memang bisa menggunakan eksternal ODD, tapi itu artinya device tambahan.

PERFORMA


Pernahkah saya mengatakan bahwa saya memiliki chemistry untuk merusakkan alat-alat elektronik dalam waktu sesingkat-singkatnya? IT di kantor saya dulu bahkan sempat membuat sticky notes yang ditempel di monitor komputer pusat berisi tulisan: Susan, do not touch anything.  


Itu sebabnya mengapa saya menggunakan Revo One dengan hati-hati, melakukan “test drive” secara bertahap. Berikut ini hasilnya:


  • Media player (Musik, video) ==> lancar
  • Winamp + Ms. Office ==> lancar
  • Ms. Office + Internet ==> lancar
  • Ms. Office + Winamp + Internet ==> lancar
  • Adobe Indesign ==> lancar
  • Adobe Indesign + Ms. Office ==> lancar
  • Adobe Indesign + Internet ==> lancar
  • Adobe Indesign + Internet + Ms. Office ==> lancar
  • Adobe Indesign + Adobe Illustrator ==> sempet nge-lag setelah dipakai 4 jam
  • Adobe Indesign + Adobe Illustrator + Internet ==> kecepatan mulai menurun
Saya tergoda untuk membuka 3 software desain + Internet, tapi berusaha menahan diri karena khawatir ada apa-apa dengan mini PC kesayangan. Menurut tetangga saya yang orang IT, besaran RAM tanpa upgrade prosesor tidak akan berpengaruh besar terhadap kecepatan. Tapi, setidaknya saya bisa membuka 2 software + Internet tanpa khawatir nge-lag karena memori penuh. Nantilah, kalau saya sudah upgrade RAM, saya beri ulasan lagi.
 
 
Kesimpulannya, dari skala 1-10, saya memberi nilai:
  • 7.5 untuk performa 
  • 9 untuk bentuk dan tampilan, mungkin akan naik jadi 10 kalau ada warna hitam 😀
 

Oh ya, mungkin Anda bertanya-tanya tentang harganya, produk inovatif dari Acer ini dibandrol dengan harga Rp3.799.000. Harga yang ramah jika dibandingkan dengan PC yang memiliki spesifikasi sejenis. FYI lagi, ini bukan paket bundling, isi kotak sebagai berikut:

  • Acer Revo One RL85
  • Kabel power
  • Adaptor
  • Buku petunjuk penggunaan
  • Buku petunjuk BYOC
  • Kartu garansi
  • Informasi garansi
  • Informasi keselamatan
  • Informasi update Windows 10
 
Oke deh, saya cukupkan sekian ulasan ini. Semoga bermanfaat. Have a nice day.
 
Cheers,
~eL 
 
    

   

23 Comments

  1. January 2, 2016 at 6:16 am

    Aihh, saya sudah lihat fotonya Teh di pengumuman pemenang revolusi ruang ituh. Terpampang nyata yahh,hihihi..Acer revo one ini yang putih kotak kecil itu ya? Apa sama monitor acer di belakang itu juga?

  2. January 2, 2016 at 6:24 am

    Yang kotak putih kecil itu. Monitor & keyboard itu beda lagi, halus beli cendili. Hahaha.

  3. January 2, 2016 at 6:58 am

    keren pisan dapet hadiah kusi, mau atuh bagi2 🙂 Selamat ya Chan

  4. January 2, 2016 at 7:42 am

    Ini nih udah bagi-bagi reviewnya. Hahahaha.

  5. January 2, 2016 at 8:27 am

    Ini toh penampakan hadiah kemarin ya, kece banget deh. Harganya juga lumayan ya teh. Pengen juga dong, tapi tar ah nunggu gratisan aja, *tetep*.

  6. January 2, 2016 at 8:50 am

    Haish kok ya jadi mupeng baca inii. Tapi jaman sekarang RAM 2GB emang kerasa kurang ya. Inget jaman dulu RAM kompi yang cuma 256 MB.

  7. January 2, 2016 at 10:12 am

    Kirain dapat satu set itu Teh

  8. January 2, 2016 at 10:16 am

    Gileee jadi intinya, Acer Revo One RL85 itu CPU mini ya Teh?
    Sepertinyah perlu berguru repiew nih biar bisa langganan menang 😀

  9. January 2, 2016 at 10:23 am

    Hmm… cantiiikkk

  10. January 2, 2016 at 11:46 am

    Wahhhh kece banget ya 🙂

Leave a Reply