Rubrik Buah Hati Republika


Ini tulisan non fiksi pertama yang dimuat di koran. Tulisan ini dimuat di rubrik Buah Hati Republika edisi Selasa, 2 Oktober 2012. Bercerita tentang pengalaman-pengalaman saya ketika bersama Salwa dan semua pertanyaan-pertanyaanya. Sebetulnya, saya tidak terlalu mahir dalam membuat tulisan non fiksi apalagi jika tulisan artikel seperti ini, buku saya yang pertama, meski non fiksi tapi  bergenre komedi. 

Jadi memang, dibutuhkan penyesuaian-penyesuaian baik dari segi gaya bahasa, tata cara penyampaian, dan tentu saja tema. Bagi mereka yang sudah pernah membaca cerpen-cerpen saya barangkali sudah mengenal ‘warna’ saya seperti apa. Seperti yang sering saya katakan bahwa seorang penulis harus memiliki banyak wajah. Ini adalah salah satunya. Saya melepaskan topeng saya yang satu dan memasang topeng yang lain karena tentu akan sulit jika saya membawa gaya bercerita cerpen saya ketika menulis artikel seperti ini. 


Sebagai seorang penulis generalis dan bertekad untuk bisa menulis dalam genre apa saja, tentu hal ini bukan sekadar latihan melainkan sekaligus mengasah kemampuan. Berikutnya saya harus lebih terbiasa bongkar pasang topeng agar tulisan saya memiliki banyak warna. 

Leave a Reply