“My job is developing technologies to improve our lives and shake the world.”

JK Shin
(President & CEO Samsung Electronics)

Apa sih yang Anda inginkan dari sebuah smartphone? Desain? Fitur? Kemudahan penggunaan? Daya tahan baterai yang mumpuni agar Anda tidak harus menjadi “Mr. / Mrs. Charger”? Harga? Atau konektivitasnya dengan berbagai device lain yang Anda miliki? Samsung Galaxy Note 5 barangkali bisa memenuhi harapan sekaligus memudahkan hidup Anda. 

What? Seri terbaru Galaxy Note? Ya, Anda tidak salah baca. Samsung Galaxy Note 5 resmi diperkenalkan kepada publik dalam acara Samsung Unpacked 2015 di Lincoln Center, New York City, tanggal 13 Agustus 2015 lalu. Dalam perhelatan ini, diperkenalkan terobosan-terobosan terbaru yang dimiliki oleh Note 5. Dalam acara yang sama pula diperkenalkan Galaxy S6 Edge Plus. Bagi Anda yang tidak berkesempatan hadir namun ingin menyaksikan “kehebohan” di Lincoln Center, bisa berkunjung kemari
ANATOMI & DESAIN

Hari ini, teknologi bukan hanya bagian dari gaya hidup, melainkan juga “to improve our lives”, seperti yang dikatakan oleh Mr. JK Shin dalam sambutannya. Dengan kebutuhan lalu lintas informasi, akses komunikasi, dan mobilitas yang tinggi, nyaris setiap profesi membutuhkan teknologi yang dapat memenuhi kebutuhan-kebutuhan tersebut di atas. 

Anda seorang ibu yang selalu excited dengan perkembangan si buah hati sehingga tidak ingin satu momen pun terlewatkan? Atau Anda profesional yang harus selalu terkoneksi dengan klien sementara Anda sendiri masih harus mobile? Atau bisa jadi Anda pengusaha yang super sibuk sementara ide-ide di dalam kepala Anda butuh dicatat agar tidak menguap begitu saja. 

Bagaimana kalau ada satu smartphone yang bisa memenuhi seluruh kebutuhan Anda? Dengan fitur-fitur terbaru yang bukan hanya mudah diaplikasikan tapi juga siap menjadi personal assistant Anda? Mau?

Well, sebelum kita jalan-jalan ke revolusi fitur yang ditawarkan oleh Samsung Galaxy Note 5, saya ingin memperkenalkan desain dan anatomi Note 5 melalui infografis di bawah ini:


DESAIN. Dengan material yang terbuat dari logam dan kaca, Samsung Galaxy Note 5 tampak lebih elegan dan fashionable. Ditambah pula dengan sudut ergonomis yang nyaman digenggam. Anda masih bisa mengoperasikan smartphone dengan satu tangan sementara tangan yang satu melakukan kegiatan lain. Hmmm … sangat cocok untuk ibu-ibu muda multitalenta (baca: smartphone di satu tangan dan popok di tangan lain :D). 

LAYAR. Ukuran 5.7″ QUAD HD SUPER AMOLED. Ukuran yang pas, bukan? Tidak terlalu besar sehingga muat digenggam juga tidak terlalu kecil sehingga tidak akan “tenggelam” di belantara isi tas kerja atas tas belanja. QUAD HD SUPER AMOLED ini adalah salah satu terobosan yang dibuat oleh Samsung, resolusi tinggi dan kedalaman pixel yang memadai. Anda yang menggemari fotografi ponsel tak perlu lagi berurusan dengan polemik gambar pecahlah, resolusi yang menyusut tak terkendali ketika dipindahkan ke desktoplah, atau polemik lain yang membuat Anda frustasi.

AUDIO. Ultra High Quality Audio, Saudara-saudara! Lupakan suara “kekeresekan” atau headset super mahal hanya untuk mendapatkan mood booster dari lagu-lagu favorit Anda. Saya kenal beberapa penulis yang sulit mendapatkan inspirasi tanpa diiringi musik, juga kenal beberapa orang “angkoters” yang tidak bisa lepas dari headset selama di perjalanan. Dengan audio berkualitas tinggi seperti ini, saya yakin, tidak sulit lagi untuk mendapatkan inspirasi. 

KAMERA. Ini terobosan Samsung lainnya. Dilengkapi dengan Optical Image Stabilization (OIS) yang membuat kamera smartphone Anda lebih stabil. Fitur kamera ini akan saya bahas di bagian lain. Para penggemar selfie garis keras dimohon bersabar. 😀

WARNA. Oh, dan tidak usah takut tidak menemukan warna favorit Anda. Note 5 tersedia dalam 4 warna: gold platinum, white pearl, silver titanium, dan black sapphire. Bagaimana dengan aksesori? Headset? Soft cover? Keyboard cover? Temukan aksesori favorit Anda di sini

SPESIFIKASI

Luaran Note 5 sudah dibahas di atas, bagaimana dengan dalamannya? Seperti pelari yang memiliki kecepatan tinggi, tentu akan lebih sempurna kalau dilengkapi dengan trek yang memadai. 

“Inner beauty”-nya Samsung Galaxy Note 5 bisa dilihat di bawah ini:


Ada tiga pilihan internal memori yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Ngomong-ngomong, Note 5 tidak dilengkapi dengan eksternal memori sehingga Anda tidak akan diberi pernyataan “Maaf, Mbak, Mas. Harga segini tidak termasuk eksternal memori,” oleh mbak-mbak di konter. Canggih, kan? Oh, come on! Dengan 32GB saja seluruh isi desktop Anda bisa dipindahkan kemari. 


FITUR TERBARU

Nah, ini dia yang paling Anda tunggu-tunggu pastinya. Bisa apa saja sih si edgy classy satu ini? Benar-benar sanggup menjadi personal assistant, tidak? Apakah bisa mengakomodasi hobi, karier, usaha, dan profesi Anda? 

Please refer to below infographics:

S PEN



Stylus Pen atau S Pen Note 5 ini didesain benar-benar menyerupai bolpoin agar apa lagi kalau bukan untuk kenyamanan Anda? For your information, Note 5 dilengkapi dengan shortcut yang akan muncul begitu Anda mencabut S Pen. Anda juga bisa mengatur shortcut apa saja yang ingin Anda tambahkan. No more “ngubek-ngubek” atau tersesat di belantara aplikasi. You are too busy to organize your life, don’t you? S Pen will make your life much easier. 

Bukan itu saja, S Pen mampu meng-capture halaman, gambar, atau informasi lain yang Anda inginkan dan menyatukannya ke dalam scrapbook Anda sendiri. Kapanpun Anda membutuhkannya kembali, dapat dengan mudah ditemukan. Anda para penulis yang membutuhkan banyak sekali bahan referensi untuk riset tentu akan sangat terbantu dengan fitur ini. Atau jika Anda senang mengumpulkan inspirasi untuk membuat kerajinan tangan yang tersebar di page facebook, mengumpulkan semuanya menjadi satu menjadi semudah menggunting dan menempelkannya di kertas. 

Satu lagi kelebihan S Pen. Konon, ide hanya datang satu kali, jika tidak segera dicatat ide itu akan menguap bersama udara. Meninggalkan Anda bersama kata lupa. Dengan lalu lintas informasi yang diterima otak Anda setiap detiknya, mustahil untuk mengingat semuanya. Itu sebabnya diperlukan catatan agar ide-ide brilian Anda tidak hilang. Jika itu terjadi, Anda hanya tinggal mencabut S Pen dan menuliskannya di layar Samsung Galaxy Note 5. Anda bahkan tidak perlu repot-repot menghidupkannya terlebih dahulu. Oh ya, right. Write down your idea immediately.

REFINED CAMERA


Coba, para penggemar fotografi mana suaranya? Anda pasti gembira sekali dengan fitur kamera Samsung Galaxy Note 5 ini. Bagaimana tidak? Fitur ini akan mengikis kecemasan-kecemasan Anda selama ini. Seperti yang sudah saya bahas di atas, Note 5 dibekali kamera belakang 16 megapixel dan kamera depan 5 megapixel. Tapi, kabar gembiranya bukan itu saja. 

Jangan ada lagi foto blur di antara kita, kawan. Yes, Anda bisa mengambil foto berkualitas baik bahkan saat tidak ada sinar matahari. Dan tentu saja, dengan OIS Anda juga tak perlu khawatir foto Anda blur karena guncangan ketika Anda mengambil foto. 

Yang gemar wisata kuliner di warung tenda malam-malam atau mengabadikan sunset bersama pasangan seperti di film-film romantis, abadikan momen berharga tanpa khawatir dengan hasil fotonya.

Nah, akhir-akhir ini kamera depan menjadi perangkat penting bagi para penggemar selfie garis keras. Go ahead, capture your precious moment! Kamera depannya dilengkapi dengan Advanced Selfie Technology yang akan membuat foto-foto Anda bersama keluarga, teman, ataupun ketika sendirian menjadi sangat “uploadable”. Oh, dan tak perlu aplikasi tambahan untuk membuat filter. It’s all in. 

Selain anti blur dan selfie technology,  apa lagi sih yang dimiliki kamera Samsung Galaxy Note 5? Fitur video klip. Anda bisa mengambil foto sekaligus dalam 4 frame dan menyatukannya menjadi sebuah kolase. Atau jika Anda seorang ibu yang ingin mengabadikan perkembangan buah hati, satukanlah foto-foto buah hati Anda ke dalam satu serial video klip. 

Well, fitur video klip ini juga bisa digunakan untu membuat slide presentasi. Satukan file-file Jpeg Anda dan kirimkan kepada klien. 

Tunggu dulu, itu saja? Wait, Note 5 juga punya fitur slow motion. Dunia di sekitar Anda bergerak sedemikian cepat. Jangan biarkan satu momen berharga pun terlewatkan. 

VIDEO LIFE BROADCAST



Anda sedang berada dalam sebuah acara dan diharuskan meliput secara online? Rekam dan unggah langsung ke Youtube dengan fitur Video Life Broadcast. Jangan khawatir, Anda bisa menontonnya kembali baik di ponsel maupun di Youtube. 

Kamera video Samsung Galaxy Note ini juga mudah sekali digunakan. Whip and snap! Dibutuhkan waktu kurang dari dua detik untuk membuat video. Asyik, bukan?

SMART MULTITASKING


So much to do, so little time, huh? Ayolah, teknologi seharusnya memudahkan hidup Anda, bukan? Inilah yang ditawarkan oleh Note 5. Anda masih bisa browsing dan membuat catatan pada saat bersamaan. Dilengkapi dengan teknologi wireless charging, Anda juga masih bisa menggunakan Note 5 ketika di-charge. Lupakan kabel-kabel yang menjuntai ketika Anda membalas pesan. It’s time to wireless.

BATTERY


“Mbak, stop kontaknya sebelah mana, ya?”
“Sori, slowres. Ponsel saya lowbatt.”
“Bro, ikut nge-charge, dong.”
“Power bank mana power bank?”

Hayo ngaku, dialog di atas sudah menjadi keseharian Anda, bukan? Saya bahkan punya teman yang ke mana-mana selalu membawa satu gulung terminal kabel. From now on, Anda boleh pensiun menjadi Mr./Mrs. Charger. Samsung Galaxy Note memiliki kapasitas baterai 3.000 mAH, hanya dibutuhkan waktu 120 menit untuk full charged. Anda juga diberi banyak pilihan metode pengisian baterai. Dengan kabel bisa, wireless juga boleh.

Waktu pengisian baterainya 2.5 kali lebih cepat dan daya tahannya lebih lama. Anda ibu-ibu para penggiat online shop bisa meningkatkan omzet karena masih bisa melayani kustomer meskipun sedang dalam perjalanan. Anda yang memiliki mobilitas tinggi juga masih bisa terknoneksi dengan klien ataupun teman dan keluarga. It’s all we need.

SIDESYNC


Ini nih fitur lain yang tak kalah keren. Smartphone Anda bisa dikoneksikan dengan laptop atau televisi. Jadi ketika Anda bekerja di depan laptop, Anda tidak harus bolak-balik memeriksa smartphone. Cukup koneksikan Samsung Galaxy Note 5 Anda dengan laptop dan voila! Sambil bekerja Anda masih bisa menerima notifikasi dan membalas pesan-pesan masuk. Cocok sekali dengan para pekerja kreatif yang sebentar-sebentar ngecek BBM, WA, atau aplikasi chatting lainnya. 

Dengan fitur Sidesync ini, Anda juga tak harus bergerombol di depan layar smartphone ketika ingin melihat-lihat foto atau video. Juga tak harus memindah-mindahkan file ke dalam desktop. Just one tap and it’s all up on your TV.
So, siap untuk meningkatkan kualitas hidup Anda dan mengguncang dunia dengan Samsung Galaxy Note 5? Anda yang penasaran, tertarik, gregetan, saya berikan kabar gembira. Note 5 ini sudah mulai open PO sejak tanggal 27 Agustus dan akan berakhir pada 6 September 20015. Untuk detail pemesanan dan info paling update, silakan jalan-jalan dan subscribe ke Samsung

Terima kasih sudah berkunjung, semoga informasi yang saya sampaikan bermanfaat bagi Anda. Have a good day.

Regards,
~eL

17 Comments

  1. Langit Amaravati-Reply
    August 31, 2015 at 2:02 pm

    Thank you. Semoga bermanfaat 🙂

  2. August 31, 2015 at 1:55 pm

    Wow…informasinya super lengkap. Bagus banget, teh (Y)

  3. September 1, 2015 at 3:47 pm

    Komplet dan rapi. Infografisnya keren. Good luck! 🙂

  4. September 5, 2015 at 7:39 am

    Uhuy. Makasih udah berkunjung 😀

  5. September 16, 2015 at 5:00 pm

    Wow, desainnya bagus-bagus. Ulasannya jadi nyaman dibacanya. Selamat ya atas menang di kompetisinya. 🙂

  6. September 16, 2015 at 5:27 pm

    Terima kasih sudah berkenan berkunjung 🙂

  7. September 16, 2015 at 10:30 pm

    “Yang gemar… mengabadikan sunset bersama pasangan seperti di film-film romantis,…”

    Emang ini berlaku utk lu, teh? Huehehehee..

    Oiya, selamet yeee! Cie cieee, menaaang. jangan lupa nyipratin hadiahnya ke aye 😀

  8. September 16, 2015 at 10:30 pm

    Selamat ya kak sudah jadi pemenangnya

  9. September 17, 2015 at 2:02 am

    Ejieee jieeee selamat ya teeeeh…. Makan2 yuuuk…sambil saya ditraktir Samsung Note 5 euy…cihuyyy….:*

  10. September 17, 2015 at 8:59 am

    Aduh kamu siapa, ya? Aku ga kenal -,-
    *dibanting*

Leave a Reply