SAMSUNG & Para Blogger Jawara yang Saya Kenal Setelahnya

Yuhu, ketemu juga ama Teh Lidya dan teman-teman blogger yang lain. Coba tebak, saya yang mana?

Bulan Agustus tahun 2015 adalah bulan ter-rempong dalam sejarah kerja saya sebagai desainer sekaligus awal mula terjunnya saya ke kancah blogger. Waktu itu PC yang biasa saya gunakan untuk kerja mati, mati total. Bukan hanya kerusakan motherboard seperti sebelumnya, bukan juga karena malware dan virus yang menggerogoti performanya, melainkan mati total. HDD rusak parah, fan tidak bekerja, tidak ada satupun data yang bisa diselamatkan sementara ada dua order layout yang masih harus saya selesaikan.

Andai waktu itu saya punya tabungan tentu tidak masalah, masalahnya adalah saya belum menyediakan dana untuk mengganti perangkat kerja. Di tengah hiruk pikuk itu, entah bagaimana awalnya saya lupa, ada deadline lomba blog yang memang ingin saya ikuti. Lomba blog tentang Samsung Galaxy Note 5.

Berbekal wajah tanpa malu saya mengadu kepada editor, menceritakan masalah-masalah teknis yang saya alami. Untungnya Bu Mira, editor idaman setiap freelancer bisa mengerti dan memberi pengunduran batas waktu layout-an. Tapi deadline lomba blog tidak bisa diundur, bukan? Maka dengan sehati-hati mungkin saya meminjam notebook milik adik saya. Bagi adik saya, notebook bukan alat kerja melainkan cuma gudang penyimpanan data dan alat untuk menonton film. Waktu itu dia mengizinkan, tapi saya hanya diberi waktu selama 3 hari.

DARI KAFE KE KAFE

Notebook adik saya tentu saja tidak memiliki software desain, dan waktu itu saya belum memasang jaringan fiber optic di kosan. And you know what? Modem saya dipatahkan Aksa. Jadi saya pindah tempat kerja ke kafe karena saya harus men-download software desain. Satu hari pertama saya habiskan untuk men-download software dan bahan-bahan layout-an. Hari kedua saya menyelesaikan layout-an agar besoknya bisa menyelesaikan postingan blog.

Di hari kedua saya sudah mengumpulkan bahan untuk lomba blog, men-download foto-foto, membaca dan membuat catatan untuk referensi, dan sudah menetapkan apa dan bagaimana postingan blog saya itu nantinya.

PROYEK SANGKURIANG

Sebagai blogger baru, waktu itu saya tidak tahu situasi dunia blogging, tidak tahu pula bahwa lomba bertema gadget adalah lomba yang paling sering diadakan. Saya juga tidak tahu bahwa di dunia blog, infografis sudah sedemikian sering digunakan. Saya membuat infografis hanya karena waktu itu saya sedang me-layout buku dengan konten berisi infografis.

Berbekal kenekadan luar biasa, saya pergi ke sebuah kafe di Cibeureum pagi-pagi sekali. Memesan minuman paling murah dan paling banyak lalu mengerjakan postingan dengan membabi-buta. Waktu terus bertik-tak-tik-tak, hanya beberapa jam menuju deadline. But I did it, postingan saya berhasil diunggah pada pukul 20.28. Ketika saya menjemput Aksa dari rumah pengasuhnya, dia sudah tidur. Dalam hati saya merasa bersalah sebab belum pernah saya meninggalkan dia selama itu. Tapi saya tahu, tidak semua hal dalam hidup bisa saya dapatkan, mengorbankan satu hal demi mendapatkan hal lain adalah siklus tak terbantahkan.

SETIAP KERJA KERAS AKAN TERBAYAR

Saya sedang mengunggah katalog sepatu ketika di-mention oleh tim IDBN di Twitter. Mereka mengabarkan bahwa saya meraih juara 3. Blogger pemula yang belum bergabung dengan komunitas dan grup blogger mana pun. Yang tidak tahu Klout Score itu apa. Yang Alexa rank-nya 17 jutaan. Yang pertama kali ikut dalam ajang lomba blog bertema gadget. Meraih juara 3 dalam kompetisi bergengsi? Bisa Anda bayangkan kira-kira bagaimana reaksi saya?

Postingan itu adalah postingan pembuka saya di kancah lomba review gadget. *halah

TEMAN BARU DUNIA BARU

Tapi bukan hadiah saja yang saya dapatkan dari Samsung Blog Competition, saya mendapatkan banyak hal, salah satunya adalah teman-teman baru. Teh Lidya, sang juara kedua, ternyata adalah senior saya di Fun Blogging, komunitas yang saya ikuti setelah lomba blog selesai. Kami jadi sering inbox-inbox-an, saya belajar banyak tentang dunia blogger dari blogger yang sudah sering memenangkan lomba ini. Waktu saya ada acara di Jakarta, saya bahkan diundang untuk menginap di rumahnya dan diberi fasilitas yang membuat hati saya hangat. Seorang ibu dan blogger yang penuh dedikasi. 🙂

Daeng Ipul, sang juara pertama, saya kenal kemudian. Kami banyak berdiskusi tentang teknik-teknik penulisan review. Saya mendapat banyak masukan dan pembelajaran. Daeng Ipul juga yang menjadi tim sukses lomba blog yang saya menangkan bulan Februari kemarin.

Dari hadiah lomba ini juga, akhirnya saya memutuskan untuk membeli notebook adik saya dengan cara mencicilnya dua kali. Jadi saya punya alat kerja lagi.

BERTEMAN DENGAN LAWAN

Berteman dengan lawan atau menjadikan lawan sebagai kawan. Walau bagaimanapun, seakarab apa pun saya dengan seorang blogger, pada akhirnya kami akan face to face di dalam sebuah lomba. Saya orang yang kompetitif, semakin tinggi “level” lawan, saya akan semakin terpacu untuk meningkatkan kualitas postingan.

Nah, karena sudah beberapa kali lomba blog saya dan Daeng hanya dadah-dadah dari kejauhan, maka di lomba kali ini kami memutuskan untuk berhadapan. Dadah-dadah maksudnya, saya ikut, beliau tidak ikut, atau sebaliknya. Anda sudah tahu kan bahwa ada SAMSUNG GALAXY S7 EDGE Blog Competition?

Ada beberapa alasan mengapa kami memutuskan untuk “turun gunung” bersama-sama:

  1. Saya masih iri dengan Samsung Galaxy Note 5 yang dia dapatkan dari lomba sebelumnya, jadi kali ini mengejar hadiah pertama yaitu 1 unit SAMSUNG GALAXY S7 EDGE yang setidaknya setara dari segi harga.
  2. Hadiah kedua dan ketiga adalah uang tunai 10 juta (juara kedua) dan 5 juta (juara ketiga). Iya, kami memang mata duitan.
  3. Deadline-nya masih agak lama, 24 Maret 2016, jadi kami masih punya waktu untuk merancang konsep.

Anda yang tertantang juga untuk ikut meramaikan lomba blog ini, silakan baca info selengkapnya di IDBlognetwork. Anda yang “mesinnya belum panas”, tolong diingat bahwa SAMSUNG GALAXY S7 EDGE, adalah smartphone yang baru saja dirilis tanggal 22 Februari tahun 2016. Masih hangat, dan tentu saja Anda tidak ingin melewatkan kesempatan untuk memilikinya, bukan? *kedip

Salam,

~eL

22 Comments

  1. March 10, 2016 at 5:49 am

    Hajar mbak 🙂

  2. March 10, 2016 at 5:52 am

    Lagi mikirin konsep 😀

  3. March 10, 2016 at 6:37 am

    Huaaahhh jiper deh
    Tutup leppy
    Sukses ya…

  4. March 10, 2016 at 6:59 am

    pemenang cuma tiga..he2, coba banyak.. 10 juta dibagi2 hahahah

  5. March 10, 2016 at 1:36 pm

    Perjuanganmu sungguh luar biasa Teh, semangattt 🙂

  6. March 10, 2016 at 1:51 pm

    Numpang tenar ah di Blog uchan biar ketularan menang

  7. March 10, 2016 at 2:26 pm

    pasting menang 🙂 salam kenal mbak

  8. March 11, 2016 at 2:25 am

    widiiihhh….

  9. evrinasp-Reply
    March 11, 2016 at 11:44 am

    aku ikutan gak nih? nanya dulu sama suhunya, nanya peluang

  10. March 12, 2016 at 10:04 am

    Eits dah. Ayo ikutan, yuk. 😀

Leave a Reply