Selamat Beristirahat, Bang Toro

Kami memang belum pernah bertemu muka, tapi berinteraksi dengannya di media sosial selalu saja memancing tawa. Bang Toro, Cumi Lebay, atau Moechamad Adi Mariyanto, adalah seorang blogger terkenal yang dicintai semua orang, termasuk oleh saya. Kabar bahwa dia berpulang membuat saya sedih, sedemikian sedih. Padahal seminggu yang lalu saya masih bisa membaca twit-twitnya, padahal beberapa minggu lalu kami masih berinterksi soal membeli “kancut lucu” di Aliexpress. Tapi usia, ah siapa yang bisa meramalkan usia?

Bang Toro, begitu saya memanggilnya, dalam ingatan saya adalah seleb blog yang tahu betul bagaimana cara memperlakukan para pembaca dan fansnya. Ramah dan lucu. Selalu membalas nyaris semua komentar di blog, padahal jumlahnya selalu ratusan. Selalu membalas mention di Twitter. Tak pernah ragu untuk berkunjung dan berkomentar di blog orang lain. Saya masih ingat betapa gembiranya ketika melihat namanya di kolom komentar blog saya. Dia selalu “berada di bumi”.

Dear Bang Toro,

Konon, setiap orang yang pernah mampir dalam hidup kita akan memberi satu dua pelajaran. Dan aku belajar banyak darimu. Aku tak tahu apakah harus berduka karena kau meninggalkan kami lebih dulu, atauhkah harus berbahagia karena kau telah menyelesaikan perjalanan. 

Bang …
Seperti kata Pram, mereka yang menulis tak akan pernah mati, begitu juga denganmu. Kau akan tetap hidup melalui tulisan-tulisanmu. Kau akan tetap bersama kami. Suatu saat, jika namamu disebutkan di antara percakapan, kami akan saling membandingkan ingatan. Tapi percayalah, isinya pasti baik. 

Bang …
Kau sudah menjelajahi Indonesia dan tempat-tempat lain di dunia. Kakimu sudah jauh melangkah. Sekarang saatnya kau melepas ransel dan beristirahat. Iya, kami semua berduka. Tapi jangan khawatir, kami semua mengantarmu dengan doa yang dipanjatkan dari kedalaman dada. Semoga Tuhan menempatkanmu di tempat terbaik.

Selamat menempuh perjalanan pulang, selamat beristirahat. Tenanglah kau di sana.

We love you.

~eL

21 thoughts on “Selamat Beristirahat, Bang Toro

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *