Talkshow The Silent Disease; Osteoporosis

dr. Jachja, Teh Dina, dan Teh Ida

Masyarakat Indonesia, bahkan yang paling awam sekalipun sudah mengenal atau setidaknya pernah mendengar penyakit osteoporis. Hal ini disebabkan oleh andil dari iklan-iklan yang ditayangkan di layar kaca. Iklan yang sekaligus mengajak untuk hidup sehat dengan cara olah raga dan menjaga pola makan.

dr. Jachja ketika menjelaskan tentang osteoporosis
           
Untuk tujuan itu pulalah dr. Jachja Achmad S.pOT. bekerja sama dengan IIDN (Ibu-ibu Doyan Nulis) mengadakan sebuah talkshow bertajuk “Mengenal Osteoporosis dan Osteoarthritis”. Talkshow ini diadakan untuk mensosialisasikan gejala, bahaya, sekaligus langkah-langkah preventif yang bisa dilakukan. Selain menghadirkan dokter Jachja, talkshow juga dihadiri oleh Ir. Dina Sudjana sebagai ahli nutrisi dan pangan. Ini dimaksudkan agar kampanye hidup sehat dan menjaga pola makan berimbang dengan adanya ahli gizi.  
            
Bukan hanya itu, IIDN juga menggaet PT DIPA PHARMALAB INTERSAINS untuk membuka konter cek kepadatan tulang secara gratis.  Alhasil, talkshow yang diadakan di Balubur Town Square (Ace Home Center Lantai 2) pada tanggal 17 November 2012 mulai pukul 13.00 sampai 15.00 ini dihadiri tidak kurang dari 30 peserta dan diramaikan oleh karyawan dan para pengunjung mall.
             

Para peserta talkshow
Meski osteoporosis dikenal sebagai the silent disease atau penyakit yang datang tanpa gejala yang jelas, tapi para peserta talkshow tidak hanya silent. Mereka memanfaatkan betul keberadaan dua orang narasumber sehingga pertanyaan demi pertanyaan pun diajukan. Ya, kapan lagi bisa konsultasi dengan dokter ahli secara gratis? ^_^
            
Seperti umumnya acara-acara IIDN, doorprize sudah pasti bertaburan. Setiap penanya diberikan tas lucu serta fungsional dari PT DIPA. Tas tentu tidak kosong, ada beberapa produk di dalamnya, salah satunya adalah buku. Selain pengetahuan yang sangat berguna dari dr. Jachja dan Teh Dina, para peserta juga mendapatkan dua majalah, block note dan pulpen cantik, serta makan siang berupa nasi plus rendang dari restoran Padang Restu Mande yang hmm …, lezat. Benar-benar tidak rugi deh datang ke acara-acara yang diadakan oleh IIDN ini.

Kesibukan di meja panitia

Para peserta yang masih ingin berkonsultasi, dipersilakan untuk mendatangi tempat dr. Jachja berdinas yaitu di RSU Cibabat Cimahi. Atau ingin konsultasi gizi dan nutrisi? Bisa menghubungi Teh Dina tentunya.

            
Ketua panitia: Lygia Pecanduhujan
Wakil ketua: Ipank The Explorer

Acara ditutup dengan senam nusantara bersama yang dipandu oleh adik-adik dari rumah singgah. Teh Ida sebagai moderator sekaligus pengasuh dari adik-adik tersebut mengajak para peserta talkshow untuk melakukan gerakan-gerakan senam yang berasal dari tarian tradisional Indonesia. Benar-benar seru.

            
Doorprize





Meski talkshow tidak sempat dihadiri oleh Teh Indari Mastuti sebagai founder sekaligus ketua IIDN karena beliau sedang menghadiri Nova Ladies Fairdi Jakarta, namun Lygia Nostalina a.k.a Pecanduhujan sebagai ketua panitia tetap bersemangat untuk mensukseskan acara. Ya, acara ini memang sukses.

            

Leave a Reply