[TIPS] MERAPIKAN KRESEK BEKAS PAKAI


Plastik membutuhkan waktu beribu tahun untuk diurai tanah. Menyumbang jumlah sampah rumah tangga yang cukup besar. Itu sebabnya saya sayaaanggg banget membuang plastik atau kresek-kresek bekas belanja. Biasanya setiap bepergian saya membawa beberapa kresek di dalam tas. Untuk tempat sampah, untuk tempat payung, atau untuk digunakan kembali apabila belanja di minimarket. Dan sebagai aktivis OL shop, biasanya kresek-kresek bekas itu (yang bersih dan layak lho ya), dijadikan pembungkus paket.

Sayangnya, kresek bekas pakai ini tidak enak dipandang mata kalau jumlahnya sudah puluhan. Dilipat begitu saja bisa sih, tapi lipatannya mudah terlepas dan kresek kembali berantakan. Saya punya tips melipat kresek dari mantan ibu mertua (mantannya di-skip dulu napa, Chan? :D).



Ini dia caranya:

  1. Bentangkan kresek hingga rapi, jangan lupa lipat tepi-tepinya. 
  2. Lipat memanjang menjadi tiga bagian seperti gambar 2 & 3 di atas. 
  3. Lipat ujung bawah kresek membentuk segitiga seperti di gambar 4.  
  4. Lipat terus hingga ke ujung atasnya. 
  5. Nah, sisa lipatan di ujungnya masukkan ke celah lipatan seperti di gambar 7.
  6. Voila! Rapi deh. Bentuknya segitiga dan karena lipatannya “terkunci” jadi tidak mudah lepas. 
  7. Lipat semua kresek dan masukkan ke dalam satu kantung, simpan di tempat yang “tersembunyi” supaya tidak merusak pemandangan atau gantungkan di dinding dapur. 

Selain lebih rapi, melipat dan menyimpan kresek seperti ini juga akan menghemat ruang. Selamat mencoba, Mom. Semoga bermanfaat. 

6 Comments

  1. Langit Amaravati-Reply
    April 18, 2015 at 5:22 am

    Jangan-jangan mertua kita sama. Hahahah. Tapi emang jadi rapi ya kalau dilipat seperti ini.

  2. April 18, 2015 at 5:07 am

    cara melipat dan merapikan kantong kreseknya kok sama dgn saya sih… hehe

  3. Langit Amaravati-Reply
    April 18, 2015 at 1:54 pm

    Iya, Kang. Sekaligus untuk mengantungi kenangan. #Eh

  4. April 18, 2015 at 1:31 pm

    bawa kantung ke mana pun kamu pergi, neng…

  5. April 19, 2015 at 8:24 am

    Toss dulu ah! Mama saya paling ngga suka lihat kantong plastik yang dikriwel-kriwel dan dimasukan ke laci. Makanya saya diajarin cara melipat plastik dengan rapi sama seperti cara diatas. Hmmm jangan-jangan kamu menantu duam-diamnya mama saya, teh? hahaha

  6. Langit Amaravati-Reply
    April 21, 2015 at 6:03 am

    Kalau punya adik atau kakak duda, bolehlah diangkat jadi menantunya Mamah. *digampar* :v

Leave a Reply