[TIPS] Step by Step Booking Hotel via Hotel Quickly

Veronica Room
Ottenville Boutique Hotel


Mendapatkan penginapan yang nyaman dan murah bukanlah perkara mudah, apalagi di kota-kota besar seperti Jakarta dan Bandung. Dengan semakin meningkatnya persaingan, para pelaku bisnis akomodasi memang gencar-gencaran menawarkan fasilitas dan tarif yang kompetitif. Meskipun begitu, untuk mendapatkan hotel yang benar-benar memadai baik dari segi fasilitas maupun tarif, tetap dibutuhkan usaha. Itu baru faktor hotel, belum lagi mencari hotel dan proses pemesanan. 


Kalau belum punya hotel langganan, ya harus browsing dulu ke website hotel yang bersangkutan atau website-website yang menyediakan layanan pemesanan hotel, cek sana-sini, pilih-pilih kamar, telepon hotel, booking via website dan mengisi berbagai macam formulir, sign up, login, dan lain-lain. Setidaknya ½ sampai 2 jam waktu Anda dihabiskan dalam rangka usaha mencari tempat menginap. Padahal, hal utama yang dibutuhkan masyarakat urban (manusia-manusia yang lebih banyak menghabiskan waktu di jalan daripada di tempat lain) adalah kemudahan akses. One tap, one slide, dan tidak memakai perangkat lain selain smartphone: pacar pertama para masyarakat urban tadi.

Anda tentu sudah tahu bahwa segala macam yang Anda perlukan sudah bisa dikemas ke dalam smartphone. Hari ini, apa sih yang tidak memakai aplikasi? Dari mulai pesan makanan sampai pesan tiket pesawat. Dari mulai transportasi sampai akomodasi. Dari mulai beli buku sampai sepatu.

Kali ini saya mau ngobrol soal aplikasi pemesanan hotel: Hotel Quickly. Aplikasi yang cukup unik karena tarifnya yang bukan cuma lumayan tapi lumayan banget dan ketersediaan kamar yang random. Maksudnya random adalah Anda tidak akan bisa menebak akan mendapat kamar seperti apa sebelum check in. Mirip-mirip blind date gitulah. Cuma kalau yang ini bukan tergantung keahlian nyepik, tapi sepenuhnya tergantung kepada rezeki. Ada yang mendapatkan kamar standar, ada juga yang justru diinapkan di deluxe atau bahkan suite. Jadi sebelum check in, rajin-rajinlah berdoa. Takut kemahalan? Ya ndaklah.

*


Sebelum saya sampai ke step by step booking tutorial, saya ingin mengulas kelebihan dan kekurangan aplikasi ini:

KELEBIHAN:



1. DISKON BERANTAI

Istilah kerennya sih redeem voucher. Jadi ketika pertama kali sign in, Anda tinggal memasukkan kode referral teman Anda di menu “Credits” dan Anda akan langsung mendapatkan kredit sebesar 130 ribu. Si pemilik referral code akan mendapatkan kredit sebesar 10 ribu ketika kodenya di-redeem dan 130 ribu ketika Anda melakukan first booking. Persis seperti MLM, cuma bedanya yang ini tidak pakai acara BC atau nge-tag 1 juta teman di medsos.

2. MODAL DENGKUL

Actually, poin ini harusnya modal pulsa. Hahahah. Anda juga akan mendapatkan kode referral yang bisa Anda bagikan untuk mendapatkan kredit tambahan. Masuk ke menu “Free Night” dan bagikan kode referral Anda ke media sosial yang Anda miliki. Yah daripada nge-share berita-berita gaje yang bisa menyebabkan perpecahan umat, saya sih lebih memilih menyebarkan kode keras, eh, kode referral.

3. INTERNASIONAL

FYI, akun Hotel Quickly Anda bisa digunakan di 200 kota di 15 negara. Australia, Kamboja, Hong Kong, Indonesia, Laos, Macau, Malaysia, Myanmar, New Zealand, Filipina, Singapura, Korea Selatan, Taiwan, Vietnam, dan Thailand.

4. NO REMPONG

Jadi ketika Anda memilih satu kota, Anda akan diberi 10 pilihan hotel yang tersedia. Macem-macem sih hotelnya. Kalau Anda belum cocok dengan yang 10 itu, bisa kok memilih hotel lainnya. Untuk melakukan pemesanan Anda hanya perlu melakukan 3 langkah mudah. Nggak perlu telepon-telepon, nggak perlu mengisi berbagai macam formulir, nggak perlu menerima penolakan semacam “Maaf Bu, hotel kami sudah full booked.” atau “Kamar standar tidak available, mau presidental suite?” Ya karena kalau hotel itu tampil di aplikasi, itu artinya tersedia kamar. Sudah cukup Anda ditolak gebetan, tak perlulah lagi ditolak resepsionis.

5. MURAH PAKE BANGET

Oke ini masalah krusial, harus dibahas agak serius. Sebagai ilustrasi, hari Sabtu kemarin (13 September 2015) saya menginap di Ottenville Boutique Hotel, Bandung. Gaya bingit sih Neng Uchan pake nginep di hotel segala. Nggg … anu, yang menginap sebetulnya teman saya, saya mah cuma jadi brooker sekalian numpang wifi. Memang sudah biasa sih saya mah dimintai tolong booking hotel seperti ini kalau ada teman-teman yang ke Bandung.

Sebelum booking, saya komparasi harga dulu dong. Bener nggak nih murah? Jangan-jangan cuma PHP. Di Hotel Quickly saya mendapatkan harga 170 ribu kredit + 280 ribu = 450 ribu. Ini sudah termasuk pajak dan service charge. Jadi saya hanya perlu membayar 280 ribu karena 170 ribunya diambil dari kredit modal dengkul itu tadi.

Di website Ottenville, tarif yang tercantum berkisar 700-1.8 juta. Di website penyedia layanan pemesanan kamar yang konon best offer itu, paling murah 600 ribu (setelah diskon). Silakan bandingkan sendiri.  

6. FAST RESPONSE

Tadinya saya mengira kalau aplikasi seperti ini dijalankan oleh robot, ternyata tidak. Karena apa yang saya tanyakan tidak ada di FAQ, jadi saya gambling aja mengetik pertanyaan dengan bahasa Inggris yang terbata-bata. Eh, langsung mendapatkan e-mail balasan bahwa pertanyaan saya tengah diproses. Lima menit kemudian, jawaban atas pertanyaan saya masuk ke e-mail, dari bahasanya sudah jelas kalau itu bukan robot.

7. BLIND ROOM

Menurut saya, ketersediaan kamar yang ngerandom ini termasuk kelebihan karena tarif yang dipasang adalah tarif kamar standar, jadi kalau suatu saat Anda mendapatkan deluxe itu artinya rezeki. Sayangnya kemarin saya mendapatkan kamar tipe veronica (standar), mungkin doa saya kurang kencang. Tapi jika dilihat dari sisi ekonomis, jelas masih menguntungkan. Wong tarif standar di Ottenville itu 700 ribu, kok.

8. KEKINIAN

Kekinian di sini maksudnya kemudahan akses. Kita kan tidak bisa jauh-jauh dari smartphone, jadi kalau berbasis aplikasi begini kan gampang kalau mau pesan kamar.


*

KEKURANGAN

Selain kelebihan-kelebihan di atas, Hotel Quickly juga memiliki kekurangan. 
Maklum lah ya, tidak ada yang sempurna di dunia ini mah. 

1. LOADING

Dibandingkan dengan aplikasi lain, Hotel Quickly termasuk berat. Apalagi jika digunakan di kawasan gagal sinyal seluruh operator seperti mmmhhh … di kosan saya. Saya coba mengakses Hotel Quickly dengan wifi dan tetap berat, berarti memang aplikasinya yang bermasalah.

2. PAYMENT METHOD

Tersedia tiga jenis pembayaran: Kartu kredit/debit, Paypal, dan Linepay (selain kredit dan voucher). Sayangnya, di Indonesia tidak tersedia jenis pembayaran memakai kartu debit. Menurut customer service agent-nya, beberapa bank menyediakan fitur Virtual Card Number dan ini bisa dipakai. Belum tahu hasilnya sih, karena saya belum mencoba.

Anda yang belum memiliki CC bisa menggunakan beberapa alternatif bantuan:
  • Meminta Virtual Card Number, silakan hubungi bank yang bersangkutan.
  • Apply CC. Jika ditanya untuk keperluan apa, jawab saja agar bisa booking Hotel Quickly. Heroik sekaligus pikarunyaeun, siapa tahu langsung di-ACC walau gaji Anda tak seberapa. #eh
  • Call a friend. Iya, maksudnya minta di-booking-in temen. Bisa gitu? Bisa, in case of emergency aja sih. Nah, kemarin itu sebetulnya saya booking via Jia Effendi karena da saya mah apa atuh, boro-boro punya CC, slip gaji aja nggak punya. Totalnya sama sih, 450 ribu. Tapi karena sebagian memakai kredit punya Jia, jadi saya bayar full 450 ribu. Makasih ya, Ji. Semoga kebaikan kamu mendapatkan balasan setimpal. 😀

3. LAST MINUTE BOOKING

Hotel Quickly jelas tidak berguna banyak bagi Anda yang senang merencanakan segala sesuatu sejak dalam pikiran. Anda hanya bisa bookingpada hari Anda akan check in. Jadi sebelum booking, ngeceng-ngeceng dulu aja. Tapi kalau hotel kecengan Anda ternyata sudah unavailable ketika mau dipesan, nggak usah baper-an. Masih banyak hotel lainnya.

4. NO CANCELATION

Sebelum melakukan booking, pastikan Anda akan check in hari itu juga. Pastikan Anda sudah berada di dalam kota tempat hotel berada. Satu tips dari saya, setelah booking selesai, telepon pihak hotel untuk mengonfirmasi kedatangan Anda. Apakah akan tepat waktu  atau apakah akan datang agak terlambat.

*

BOOKING GUIDLINE

Nah, sampailah kita kepada step by step booking via Hotel Quickly. 
Mangga, nyanggakeun:

1. Di menu dropdown sebelah kiri, pilih “Hotels”


2. Ada 10 pilihan hotel. Di masing-masing hotel tertera harga. Oh ya, FYI, harga yang tertera di halaman aplikasi adalah harga yang sudah dikurangi kredit Anda dan belum termasuk pajak + service charge. Mengerti kan maksud saya?


Jika Anda ingin info lebih lanjut tentang masing-masing hotel, tap saja nama hotel yang bersangkutan. Untuk melihat fasilitas apa saja yang ditawarkan, pilih “see all detail”, untuk melihat galeri, tap foto di bawah “see all detail”.

3. Kalau sudah menentukan pilihan, tap tombol “Book”, maka akan keluar informasi apa saja yang harus Anda lengkapi. Ada beberapa poin penting yang mesti diperhatikan:

  • Guest info. Pastikan Anda menggunakan nama asli. Iya sih, menggunakan nama pena adalah ide yang menarik, siapa tahu resepsionis hotel mengenali tulisan-tulisan Anda lalu minta tanda tangan atau selfie. Tapi, Marisol! Harap diingat bahwa hal itu akan membuat Anda diusir dari kamar yang Anda booking. Untuk mengubah “Guest Info”, tap tanda panah di kanannya. Oh ya, nama ini juga harus memakai nama belakang. Anda yang memiliki nama yang hanya terdiri dari satu kata, tuliskan saja nama yang sama sebagai nama belakang. Misalnya: Langit Langit.
  • Date. Periksa kembali tanggal check indengan saksama.
  • Payment method. Pembayaran bisa dilakukan melalui 3 cara: kredit (ini maksudnya – katakanlah – credits point, bukan cicilan), promo code, dan uanig. Bisa juga gabungan ketiganya. Jadi kalau misalnya kredit Anda cukup untuk membayar tarif hotel, ya gunakan saja hanya kredit. Kalau kredit Anda tidak mencukupi, akan tertera berapa kekurangan yang harus Anda bayar.
  • Kredit. Tidak semua kredit yang Anda miliki dapat digunakan pada saat booking, ada beberapa jenis kredit yang hanya bisa digunakan pada transaksi tertentu, misalnya berdasarkan kota.
  • Harga. Harga yang tertera di halaman utama hotel adalah harga sesudah dikurangi kredit yang Anda miliki dan sebelum pajak. Kekurangan yang harus Anda bayar tertera di bagian “Total Price”.


4. Baca kembali semua informasi sebelum melakukan konfirmasi booking. Apabila sudah yakin, silakan slide to pay.


5. Setelah ini Anda akan mendapatan booking confirmation melalui aplikasi dan email.



6. Check in. Yang harus Anda lakukan adalah datang ke hotel yang bersangkutan, sebutkan nama Anda, dan keterangan bahwa Anda booking melalui Hotel Quickly. Apabila pihak hotel meminta kode booking, silakan tunjukan booking confirmation Anda. 

*


Eniwei, bagi Anda yang tertarik untuk mengunduh aplikasi kece ini, bisa melalui link ini. Setelah itu, silakan masukkan kode referral “LAMARAV” agar Anda bisa langsung mendapatkan kredit sebesar 130 ribu. 

Semoga bermanfaat.

Regards,
~eL

7 Comments

  1. September 17, 2015 at 11:21 am

    Satu lagi aplikasi yg memudahkan bagi para pengguna hotel ya..;)

  2. September 17, 2015 at 11:24 am

    Memudahkan hidup dan urusan-urusannya 😀

  3. September 17, 2015 at 3:59 pm

    Aplikasi macam ini membuat urusan jadi efisien

  4. September 18, 2015 at 7:10 am

    Iya, udah capek banget di-PHP-in resepsionis. *halah

  5. September 28, 2015 at 7:12 am

    aku ga punya kartu kredit, akun bank cm bni apa ttp bisa menggunakan ini??? helpp.. baru banget download aplikasinya dan baru banget mau pesen untuk pertama x

  6. September 28, 2015 at 1:52 pm

    Duh, sudah apply virtual card ke bank ybs?

Leave a Reply