Gue baru aja turun dari angkot sehabis pulang kerja. Tiba-tiba ada seorang perempuan berusia sekitar 40 tahun nyamperin gue. Tampangnya lusuh, bajunya nggak update. (Sorry, gue emang suka banget merhatiin dandanan orang). Mari sebut saja perempuan itu sebagai Ibu Tolong.
IT : Mas!
Gue : (Nggak ngeh)
IT : Mas! (Sambil mepet ke gue)
Gue : (Sialan! Lu kagak liat payudara gue ngejendul segede punya Pamela apa?) Ya?
IT : Eh, Mbak. (Kemudian meralat) Tolongin saya, Mbak. Saya mau pulang ke Sumedang tapi nggak punya ongkos. Tolongin saya dong.
Gue : (Celingukan cari kamera, siapa tahu gue lagi masuk tivi) Emang Ibu dari mana?
IT : Saya dari Cililin, Mbak.
Gue : (Masih celingukan cari kamera) Ke Sumedang ongkosnya berapa, emang?
IT : Nggg… Mbak punya uangnya berapa?
Gue : (Mengangkat alis, insting gue mengatakan ada yang tidak beres di sini) Saya nggak bawa uang, Bu.
IT : Ya berapa aja deh, uang saya tinggal dua ribu perak.
Gue : Berapa aja? Gope mau?
IT : Ya jangan segitu dong, Mbak. Berapa aja deh.
Gue : Nggg… gini aja deh, di rumah saya ada motor, saya antar Ibu aja ke Sumedang, gimana? Kan lebih cepet dan nggak usah pake ongkos segala.
IT : Ah, nggak usah, saya minta uangnya aja. Ayo dong, Mbak. Kasihan saya. Berapa aja deh.
Gue : (Dasar tukang tipu)
IT : Berapa aja, deh. (Si Ibu narik-narik tangan gue)
Gue : Sebentar… (Gue merogoh-rogoh tas)
IT : (Mata mulai berbinar)
Gue : Perkenalkan, Letnan Susanti Sumpena dari Polsek Sukasari. Ibu mau ikut saya sebentar ke kantor? Kebetulan saya banyak mendapatkan laporan penipuan dengan modus operandi seperti ini. (Gue memperlihatkan dompet sekilas banget, lalu langsung menutupnya)
IT : (Langsung ngacir tanpa babibu lagi)
Gue : (Ngakak-ngakak di pinggir jalan. Rasain lu! Mo nipu gue? Sini, gue tatar dulu)
Kalau kalian ketemu kasus seperti di atas, pastikan bahwa tidak ada kru kamera di sana dan tawarkanlah si pelaku untuk ikut ke kantor polisi. Bukan, ga usah ngaku-ngaku jadi aparat kayak gue. itu illegal namanya. Coba aja tawarin solusi yang emang logis. Kalau beneran orang itu penipu, dia pasti takut dan lari. Kalaupun bukan, kita pasti bisa membantu dengan cara menyerahkan hal ini ke pihak yang berwajib. Tenang aja, gue udah punya jam terbang tinggi kalau urusan nggak punya ongkos kayak gini mah. Biasanya sih gue ‘malakin’ polantas atau minta dianterin ama mereka. Hihihi…
*

Leave a Reply