Berapa lama Anda bekerja setiap harinya? Delapan jam, 12 jam, atau nyaris 20 jam seperti saya? Di mana pun tempat Anda bekerja, baik itu di kantor, rumah, atau di tempat lain, rutinitas kerja yang kita jalani setiap hari pasti akan membuat kita merasa bosan. Kalau rasa bosan sudah berlarut-larut, maka kita pun jadi kesulitan untuk menghasilkan ide-ide baru. Jangan sampai rasa bosan membuat produktivitas kita jadi menurun. Sebaiknya kita segera mengatasi kebosanan tersebut agar kita kembali bersemangat.

Ternyata mengatasi rasa bosan di tengah rutinitas kerja itu tidak sulit. Beberapa trik cerdas berikut ini bisa kita praktikkan untuk mengusir kebosanan kerja yang sudah memuncak:

Menikmati Makanan Favorit

Trik pertama ini tentu mudah sekali. Kita bisa melakukannya di mana saja. Hanya dengan menikmati makanan favorit di sela-sela pekerjaan, biasanya kebosanan akan segera menghilang. Otak akan terstimulasi untuk lebih bersemangat dan aktif hingga menjelang jam pulang kerja. Mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung sedikit kafein juga ampuh meningkatkan konsentrasi.

Jika Anda bekerja di kantor, bisa lho mlipir ke kafe favorit saat makan siang. Atau jika itu tidak memungkinkan karena alasan-alasan teknis seperti macet, Anda bisa memesan makanan agar diantarkan ke kantor. Saya sendiri lebih suka nongkrong sebentar di warung soto langganan atau memasak sendiri.

Melakukan Hobi yang Sudah Lama Ditinggalkan

Jika kita memiliki waktu luang, maka tak ada salahnya bila kita menyisihkan waktu luang tersebut untuk melakukan hobi. Karena melakukan hal-hal yang menyenangkan dapat membuat kita merasa lebih bersemangat dan kreatif. Alangkah lebih baik lagi jika kita bergabung dalam komunitas hobi untuk mengasah kemampuan sekaligus memperluas pergaulan.

Sekadar tip dari saya, lakukan hobi yang sama sekali tidak berhubungan dengan pekerjaan Anda sehari-hari. Misalnya, jika sehari-hari Anda adalah seorang staf administrasi, lakukan hobi seperti menjahit, membuat kerajinan tangan, bercocok tanam, dan lain sebagainya. Lalu bagaimana jika pekerjaan kita adalah hobi itu sendiri? Nggg … well, ya lakukan hal lain. Kalau saya sih sedang hobi menjahit dan bercocok tanam meskipun hasilnya tidak terlalu menggembirakan. Hey, namanya juga hobi. 😀

Jangan Malas Berolahraga

Olahraga adalah salah saru cara terbaik untuk mengusir kebosanan. Jangan menyerah dengan rasa bosan terhadap pekerjaan. Cobalah untuk berolahraga secara teratur mulai dari sekarang. Berolahraga tidak hanya bermanfaat bagi kebugaran tubuh, tetapi juga baik untuk kondisi otak kita. Suplai nutrisi dan oksigen yang memadai akan mendukung kreativitas dan produktivitas otak ketika bekerja.

Apa sih pilihan olahraga yang paling baik? IMHO, tergantung kepada tingkat kebosanan dan waktu yang Anda miliki. Kalau punya waktu cukup luang dan tingkat kebosanan Anda sudah maksimum, cobalah olahraga outdoor seperti treking ke pegunungan, panjat tebing, paralayang, atau arung jeram, misalnya. Apabila Anda tidak memiliki banyak waktu, jogging, aerobik, yoga, atau berenang bisa menjadi pilihan.

Mungkin Sudah Waktunya Pergi Berlibur

Harusnya ini disimpan di opsi pertama, ya? Hahaha. S0, jangan ragu menyisihkan waktu untuk berlibur di tengah-tengah rutinitas kerja. Tapi tunggu dulu, kadang bumi tidak berotasi seperti yang kita inginkan. Maksud saya, ada orang-orang yang memiliki chemistry kuat terhadap hal-hal tidak menyenangkan seperti … ya seperti saya. Insiden-insiden seperti salah masuk gate di stasiun, ketinggalan bus kota, atau diturunkan di jalan tol pada pukul 3 dini hari selalu menghiasi perjalanan luar kota saya.

Nah, agar hati tenang dan tidak was-was selama liburan, sebagai langkah preventif, kita bisa lho memanfaatkan asuransi perjalanan untuk mendukung rencana liburan kita. Dengan begini, kita tak perlu merasa resah dengan keselamatan maupun barang-barang bawaan selama berlibur.

Selain perjalanan di dalam negeri, kini banyak perusahaan asuransi yang menawarkan produk asuransi perjalanan internasional dengan sistem proteksi memadai. Liburan nyaman dan aman bersama asuransi yang tepat pasti membuat kita merasa lebih tenang dan bahagia. Pergi berlibur sendiri atau bersama orang-orang yang kita cintai pun jadi semakin menyenangkan.

Demikian tip dari saya, semoga bermanfaat. Kalau Anda punya trik lainnya, please feel free untuk menambahkan di komentar. Selamat berlibur. 🙂

Cheers,
~eL

5 Comments

  1. April 3, 2017 at 2:03 pm

    iya euy lagi lelaaaah.

  2. March 30, 2017 at 6:01 pm

    Dari semua, yang paling sering kulakukan biar tetap segar bugar jasmani rohani adalah rutin berolahraga. 🙂

    • March 30, 2017 at 7:16 pm

      Aku kayaknya lebih banyak melakukan hobi dan … mmmmhhh … makan. Hahahah.

      • March 31, 2017 at 5:33 am

        Hobi, ya, gak nulis buku lagi mbak?
        Kemarin datang ke UWRF?

Leave A Comment