Tubuh, Kendaraan untuk Menghadapi Hidup

Saya akui, kesehatan adalah nikmat yang jarang sekali saya syukuri. Iya, saya lebih sering zalim terhadap tubuh sendiri dengan memforsirnya seakan-akan tubuh saya ini mesin. Namun, sejak 3 tahun lalu, tepat ketika menginjak usia 30, saya semakin sadar bahwa kesehatan adalah prioritas utama jika saya ingin hidup lama.

 
Saat ini usia saya 33 tahun, memiliki 4 jenis profesi yang bukan hanya menuntut ketangguhan pikiran, tapi juga ketahanan badan. Saya freelanceryang bekerja sebagai cerpenis, blogger, desainer, dan pemilik online shop. Selain itu, saya juga seorang single parent dari dua orang anak. Yang sulung, Salwa, tinggal bersama Ibu di Bandung. Si bungsu, Aksa, tinggal bersama saya di Cimahi.

Dengan tangung jawab profesional dan tanggung jawab personal sebanyak itu, setiap harinya saya bekerja selama 12 jam, kadang lebih. Saya hanya tidur paling banyak 4 jam per hari, selebihnya saya habiskan untuk bekerja dan bersama anak-anak. Setiap hari, dari Senin sampai Sabtu, Aksa memang dititipkan kepada pengasuh dari mulai pukul 8 pagi sampai 5 sore agar saya bisa bekerja. Tidak jarang, jika deadline sedang padat merayap, saya bekerja selama 24 jam dan Aksa terpaksa menginap di rumah pengasuhnya. Di saat-saat seperti itu, biasanya saya lupa tidur, lupa makan, lupa mandi.

Apakah saya hanya bekerja di belakang meja? Nope,jelas tidak. Saya juga harus belanja pesanan sepatu ke supplier,menenteng-nenteng berkardus-kardus sepatu bukan pekerjaan ringan. Karena akhir-akhir ini ada banyak permintaan untuk mengajar infografik di berbagai kota, maka sebulan sekali saya juga harus melakukan perjalanan ke luar kota. Dan banyak lagi kegiatan lain.

Saya sadar bahwa pola hidup seperti ini membutuhkan daya tahan tubuh yang prima. Saya ga boleh sakit, sama sekali. Namun, saya juga sadar bahwa tubuh saya adalah tubuh manusia yang terdiri dari daging dan tulang, bukan robot. Itu sebabnya mengapa saya harus menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh.

Cara menjaga imun tubuh
Makan makanan bergizi untuk menjaga kesehatan


Untuk menjaga kesehatan dan sistem imun tubuh, saya melakukan beberapa langkah sebagai berikut:

  1. Olahraga. Lari pagi dan aerobik.
  2. Meditasi. Ini untuk menyeimbangkan fisik dan psikologis.
  3. Menjaga pola makan.
  4. Menjaga kebersihan tubuh.
  5. Punya waktu tersendiri untuk “me time”.
  6. Minum suplemen. Untuk menjaga kesehatan dan imunitas tubuh, cukup @1 kapsul per hari. Jika sedang sakit, 3x sehari @1 kapsul. 

Ngomong-ngomong soal suplemen, memilih jenis suplemen juga diperlukan beberapa pertimbangan, setidaknya bagi saya. Agar saya bisa aktif setiap hari, saya memercayakan penjagaan kesehatan saya kepada Stimuno Forte. Tentu dengan berbagai alasan:
kandungan stimuno fote
Kandungan & Manfaat Stimuno Forte


1. Kandungan

Stimuno Forte terbuat dari ekstrak tanaman meniran (Phyllanthus niruri). Senyawa flavonoid yang terdapat pada meniran bekerja langsung di dalam sel dan berfungsi menjaga sistem imun tubuh. Hidup di perkotaan yang jarang sekali menemukan tanaman obat, suplemen herbal yang tinggal telan adalah sebuah kemewahan dan kemudahan.


2. Manfaat

Selain menjaga kekebalan tubuh agar tidak mudah sakit, Stimuno Forte juga bermanfaat ketika dalam masa penyembuhan. Saya punya riwayat alergi sehingga kulit saya sering bermasalah. Jika orang lain, menginjak genangan air hujan mungkin tidak akan mengakibatkan apa-apa. Saya? Menginjak genangan air hujan artinya harus cuci kaki memakai sabun antiseptik dan merendamnya dengan air hangat plus larutan garam. Kalau tidak begitu kaki saya akan langsung terkena kutu air dalam waktu sesingkat-singkatnya. Nah, Stimuno Forte ini juga berfungsi untuk menjaga kekebalan kulit saya. Semacam tameng dari dalam.


3. Keunggulan

Berbeda dengan multivitamin atau vitamin yang hanya berfungsi memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak, Stimuno Forte berfungsi sebagai immunomodulator. Immun what? Oke, begini. Anggaplah tubuh kita sebagai sebuah komputer dan sel-sel kita adalah komponen di dalamnya. Sebagai komputer dengan milyaran komponen, pasti akan selalu ada malware lah, trojan lah, virus lah yang mengganggu kinerja. Nah, immunomodulator memiliki dua fungsi: memperbaiki kerusakan akibat serangan malware tadi dan membuat firewallyang memperkuat pertahanan tubuh kita.

Apakah immunomodulator juga bisa berfungsi meregenerasi hati yang patah? No, I don’t think so. Move on, please. Oh maaf, kalimat terakhir itu sepertinya untuk saya sendiri.


4. Keamanan

Kelebihan asupan vitamin akan mengakibatkan gangguan kesehatan. Memilih jenis suplemen yang tidak tepat juga akan mengganggu kesehatan. Nah, karena Stimuno Forte sudah teruji secara klinis dan dinyatakan aman untuk dikonsumsi dalam jangka waktu lama, jadi saya tidak ragu untuk mengonsumsinya setiap hari. Dengan catatan, sesuai dosis. So far, tidak ada efek samping negatif.

Oh ya, karena saya juga alergi terhadap beberapa zat yang terkandung dalam obat-obatan kimia, ini aman bagi saya karena terbuat dari ekstrak tanaman herbal.

suplemen stimuno forte

Well, sebagai perempuan dewasa (saya menghindari kata tua) yang memiliki banyak sekali kegiatan dan aktif di berbagai bidang, kesehatan dan daya tahan tubuh adalah prioritas utama.

Tubuh saya adalah kendaraan untuk menjalani hidup. Dan saya tidak mau tinggal di dalam tubuh yang rusak hanya karena lalai menjaga. Saya ingin sehat, aktif, dan hidup lama.  Bukan hanya demi saya, tapi juga demi anak-anak saya. Demi orang-orang yang saya cintai.

Salam,

~eL

16 Comments

  1. May 23, 2016 at 3:49 am

    Bener! Vitamin emang sepele tapi penting untuk menjaga sistem imun. Dulu pas ngedrop habis operasi, dokterku nyuruh minum vitamin ini.

  2. May 23, 2016 at 4:02 am

    biasanya yang minum Stimuno itu anak-anak saya. Bundanya malah belum pernah. Padahal penting juga bagi saya untuk menjaga stamina. Supaya bisa tetap fit mengasuh anak-anak 🙂

  3. May 23, 2016 at 4:43 am

    Alamak. 24 jam Mbak? Edun, gempor deh. Perlu digempur supplemen deh kalau itu mah. Haha.

  4. May 23, 2016 at 5:09 am

    Baru tau, ternyata jam terbang teteh padat euy. Menjaga daya tahan tubuh itu memang perlu kesadaran dan dibiasakan. Sehat selalu ya teh 🙂

  5. May 23, 2016 at 6:25 am

    Aku juga lagi flu nih, jadi terbantu sekali dengan suplemen yang ini.

  6. May 23, 2016 at 6:26 am

    Anak sehat tapi bundanya tumbang kayaknya ga lucu, ya? Hahaha.

  7. May 23, 2016 at 6:29 am

    Kadang 3×24 jam lho nggak tidur-tidur.

  8. May 23, 2016 at 6:30 am

    Semacam mamah-mamah sibuk gitu lah. 😀

  9. May 23, 2016 at 10:07 am

    Waow, dengan jam terbang yang segitu banyakknya badan pasti sakit… aku yang cuma sekolah, lalu main, blogging, bantu orang tua aja kadang ngeluh capek.. bahkan pernah kejadian dalam 3 hari badan belum di kasih makan.. iya.. dikasihnya pas malem aja.. kadang pas inget doang barulah aku makan.. padahal ibu udah ngeromet gak jelas *xixixi
    ….
    btw berjuang terus teh.. rezeki sudah ada di depan mata.. tinggal berusaha..
    semangatt

  10. May 24, 2016 at 5:56 am

    semoga sehat selalu, walaupun padet jadwalnya, tapi kalo nulis selalu total ya

Leave a Reply