UTEESME, Your Tshirt is Your Identity

“Kaos itu identitas, ciri, dan eksistensi diri.”

– Ervan, Karyawan BUMN –

“Kaos adalah simbol kebanggaan komunitas.”

– Kang Udung, anggota Komunitas #BOAEDAN –

Apa pun deskripsi kaos menurut Anda, yang jelas hari ini kaos bukan hanya perkara fesyen, bukan perkara merek, bukan perkara harga, tapi tentang eksistensi dan jati diri.

Puluhan, bahkan mungkin ada ribuan design kaos yang saat ini beredar di pasaran, tapi coba saya tanya, apakah kaos yang Anda pakai hari ini adalah kaos yang benar-benar ingin Anda pakai atau hanya karena Anda tak punya pilihan? Apakah gambar atau tulisan yang tercetak benar-benar mengatakan apa yang ingin Anda katakan?

Anda sudah menonton slideshow di atas, bukan? Mereka adalah orang-orang yang berasal dari berbagai kalangan, usia, pendidikan, ekonomi, dan profesi. Beberapa orang adalah teman yang sudah saya kenal cukup lama, sisanya adalah orang-orang yang justru saya temui di jalan dan saya todong dengan pertanyaan, “Bagaimanakah kaos yang keren menurut kamu?”

Ketika mengajukan pertanyaan kepada Galih, anggota Komunitas Pengamen Jalanan (KPJ), misalnya. Tadinya saya mengira akan mendapat jawaban semacam bermerek, banyak dipakai orang, dan hal-hal mainstream semacam itu. Ternyata tidak, Galih malah menjawab dengan tegas, “Tulisan di kaos adalah simbol perlawanan.”

“Perlawanan tidak bisa didapat dari design tshirt kodian,” Ekiw, rekan Galih menambahkan.

Well, untuk alasan-alasan itulah mengapa saya membuat kaos custom di Uteesme. Sebab ada hal-hal yang tidak bisa saya sampaikan dengan bahasa verbal, sebab bagi saya desain bukan hanya kemampuan grafis, tapi juga kemampuan menyampaikan pesan.


IDENTIFY YOURSELF

 

Dari seluruh jawaban yang saya terima, dapat diambil kesimpulan bahwa kaos yang keren adalah kaos yang dibuat sendiri. Mengapa demikian? Ya karena itu tadi, identitas diri. Kaos yang saya buat, custom tshirt dengan tulisan “JANDA” yang tercetak besar-besar di dada belum tentu cocok untuk Anda. Pun jika Anda membuat desain sendiri, belum tentu cocok untuk saya.

Nah, ngomong-ngomong soal design your own tshirt, ini memang bukan hal baru di kancah industri fashion Indonesia (halah). Anda yang orang Bandung atau sering ke Bandung mestinya tahu betapa ganasnya print kaos satuan merajalela. Tapi, tapi nih. Bagi para eksistensialis mualaf (baca: mereka yang ingin punya kaos sendiri tapi tidak bisa mendesain), print satuan tetap saja bukan solusi mumpuni.

Mbak, Mas. Mendesain kaos menggunakan Corel itu bukan hal mudah, lho. Jasa desainer kaos juga tidak murah. Jadi ketika ada sebuah website yang menyediakan fasilitas design tshirt online, kita patut berbahagia dan menyambut ini dengan gembira. Saya sih yes, ndak tahu kalau … ah sudahlah.


PLUS MINUS


Sepengalaman saya, ada beberapa keuntungan dari fasilitas online tshirt creator yang disediakan oleh Uteesme:

PLUS

1. USER FRIENDLY

Yang perlu kita lakukan hanya sign up, klik tab “design your own” lalu bersenang-senang dengan fitur-fitur yang disediakan.

2. MEMANGKAS JARAK DAN WAKTU

Saya curiga bahwa bisnis Uteesme terinspirasi dari kisah pedih para aktivis LDR. Sekarang, Anda, saya, kita bisa mendesain dan pesan kaos tanpa hambatan jarak. Bahkan, Uteesme melayani pengiriman barang ke luar negeri.

3. MINIMUM ORDER

Minimum order cuma 1. Nggak harus sekodi. 😀


4. TEMPLATE

Selain mendesain bebas, juga disediakan template bawaan yang bisa kita pergunakan. Yaaa … tinggal edit-edit dikit jadilah.

5. PILIHAN MODEL

Pernah tidak Anda menemukan desain kaos yang keren luar binasa tapi kaos yang bersangkutan tidak bisa Anda beli karena terhambat model? Nah, di Uteesme kita bisa memilih 3 model yang disediakan: regular, female, dan kids.

Dear Meitha KH,

Sekarang keinginan lu untuk membuat kaos keluarga bisa segera terwujud. Please, jangan suruh gue mendesain kaos lagi, Met. Please.

Regards,
Uchan

6. PILIHAN WARNA

Terus terang, 10 warna bagi saya terlalu banyak karena saya cuma memakai kaos dalam 3 warna: hitam, abu, dan merah. Hahahah. Tapi perlu Anda tahu bahwa dalam dunia print kaos digital, ini merupakan kemewahan. FYI aja sih, jarang ada outlet print kaos satuan yang menyediakan warna lain selain putih. Biasanya nih, warna selain putih akan dikenakan biaya yang berbeda. Di Uteesme mah harganya flat.

7. BISA JADI DUIT

Tadinya saya ingin menjadikan ini sebagai poin pertama, tapi ketika melihat desain-desain ganas yang ada di website-nya, saya kok jadi merasa gimanaaa gitu. Hapalah saya si desainer buku mualaf ini jika dibandingkan dengan dedek-dedek yang bisa mendesain kaos keren itu.

But, for your reference, jika desain kaos Anda ada yang membeli, Anda akan mendapatkan komisi sebesar $1.11.

8. CEPAT

Ini nggak seru, beneran. Nggak ada drama teriak-teriak ke petugas ekspedisi atau apa. Ya masa iya saya place order tanggal 7 Januari, eh tanggal 8-nya udah nyampe? *ditabok :v

9. BEBAS ONGKIR

Berkah seperti apa lagi yang bisa diharapkan dari belanja online selain bebas ongkir, coba?

MINUS

1. TIDAK ADA FITUR UNDO

Khilaf adalah hak semua manusia dan CTRL+Z adalah sebuah senjata. Sayangnya tidak ada fitur undo eung, atau saya yang nggak tahu, ya?

2. SIZE CHART

Tip aja sih, lebih baik pesan kaos lebih besar dari yang biasa dipakai.

3. WARNA UNGU

Tidak ada warna ungu. Ada jutaan perempuan di Indonesia yang membeli barang bukan karena fungsi, tapi karena warnanya. Coba ya disediakan warna ungu agar penjualan bisa meningkat secara signifikan.


 



Selain hal-hal di atas, kualitas print-nya bagus sih kalau menurut saya mah. Sayangnya bahan agak-agak kaku, tadinya saya kira bahannya yang lebih tipis dan jatuh sehingga dapat memberikan kesan langsing. (Ya masalah elu itu mah, Chan)

Jadi, sekali lagi sebuah kaos bagi saya bukan hanya baju yang lekat di badan. Melalui kaos yang saya desain dan saya pakai inilah saya menyuarakan hal-hal yang selama ini sulit diutarakan.
My Uteesme tshirt is my identity. My statement. What about you?
~eL

37 Comments

  1. January 15, 2016 at 5:52 pm

    Eh itu videooo suwer kece badai. Gilak All Out banget yah. Nglembur berapa hari nih. 🙂
    Good luck mamah muda kece 😀

  2. January 15, 2016 at 6:03 pm

    Belum tidur dari kemarin. Hahahah.
    Good luck to you, too. 😀

  3. January 15, 2016 at 6:36 pm

    kaos itu harus tahan lama seperti cinta , pasti kaos nya ksatria baja hitam #eh.. 😀 btw videonya keren abiss

  4. January 15, 2016 at 9:17 pm

    Gilaaaakk.. Videonya keren kak. Good luck! 😀

  5. January 16, 2016 at 12:41 am

    Beuuhhh keren bet, Teh! 😀
    Ranknya juga udah 256357 *abaikan*

    Semoga menangg, tapi lain kali kalau bisa kaga mepet DL, heheh. 😛

  6. January 16, 2016 at 1:09 am

    hidup janda!!!! teriak pake toaaak

  7. January 16, 2016 at 1:18 am

    Videonya bikin aku senyum pagi-pagi. *terhibur*

  8. January 16, 2016 at 2:44 am

    utees.me ini keknya mirip society6 gitu ya…dulu aku pernah di society6 tapi dulu gbs kirim ke indo, entah kalau sekarang…tapi gak perlu jauh2 ternyata skrg utees.me juga uda keren banget ya mba…sukses mba el 🙂

  9. January 16, 2016 at 7:14 am

    Kaosnya mantan. #eh

  10. January 16, 2016 at 7:17 am

    Biasa aja ah, ga usah histeris gitu. Hahahah.

Leave a Reply