Cara Menyusun Konten untuk Meningkatkan Trafik

Jun 23, 2021 | BLOGGING | 0 comments

Ada banyak langkah untuk dapat meningkatkan traffic situs Anda seperti memasang iklan berbayar, melakukan pemasaran afiliasi, memilih joomla hosting terpercaya atau menulis konten pemasaran yang tepat sasaran. 

Cara paling mudah dan murah meriah adalah dengan menyusun konten best of the best yang orisinal buatan sendiri. Sebab, dengan konten asli tersebut, mesin pencari akan membantu situs Anda untuk mendapatkan lebih banyak pengunjung dan dapat menempatkannya di peringkat pertama. 


Strategi Tepat dalam Menulis Konten untuk Meningkatkan Trafik

Nah, melalui ulasan ini, Anda akan memperoleh beberapa tip bagaimana mengembangkan konten yang hebat untuk dapat membantu menaikkan trafik website.

1. Buat Judul yang Kuat dan Menarik

Judul yang kuat dan menarik, akan dengan mudah memicu minat dan mengundang pembaca untuk masuk. Mereka akan penasaran dengan isinya hanya dengan membaca judul di laman pencarian. Jika Anda masih belum percaya, cobalah untuk mempertimbangkan statistik yang diperoleh dari Copyblogger, yang mana:

  • 80% orang akan membaca tajuk utama konten Anda.
  • Hanya 20% dari orang-orang itu yang akan membaca sisa konten Anda.

Lihatlah, hanya ada 2 dari 10 orang yang sudah membaca judul konten di laman pencarian yang akan lanjut untuk membaca detail isinya. Karena itulah, mengapa headline sama pentingnya dengan artikel atau isi konten itu sendiri.

Agar lebih mudah memahaminya, mari kita lihat perbedaan dari dua judul ini: 

  • Lima kesalahan tata bahasa yang membuat Anda terlihat bodoh. 
  • Cara membuat kembang kol secukupnya seperti kentang goreng: Kembang Kol Gulai Sangrai.

Dari dua judul tersebut, mana yang menurut Anda paling menarik? Tentu yang kedua. Mengapa? 

Karena semua orang tidak ingin terlihat bodoh. Ketika membaca judul pertama, antara rasa ingin marahlah yang timbul, bukan penasaran akan isinya. Berbeda dengan judul kedua, yang mana akan membuat ingin tahu bagaimana menciptakan kembang kol yang cantik dan bertekstur seperti kentang goreng, mengingat adanya perbedaan tekstur dari dua jenis bahan tersebut. 

Baca juga:

Jadi, selalu berhati-hatilah dalam memilih tajuk utama dari konten Anda. Pastikan judulnya menarik, kuat, dan mampu mengundang rasa penasaran pembaca hanya dengan sekali lihat. Ingatlah, hanya dalam 8 kedipan mata, pembaca akan menentukan apakah akan lanjut membaca konten Anda atau meninggalkannya. Jadi, manfaatkan itu. 

2. Pastikan Konten Anda Dapat Ditindaklanjuti

Untuk menaikkan trafik website, melakukan afiliasi saja tidak cukup. Anda perlu membuat konten yang informatif dan bermanfaat. Apa postingan blog terakhir yang Anda tulis? Apakah sebuah nasihat yang meminta pembaca untuk segera menerapkannya? 

Ingatlah, konten terbaik akan memberi pembaca sebuah gambaran tentang bagaimana menerapkan informasi yang diperoleh tersebut di kehidupannya, bukannya merendahkan dengan nasihat atau petuah yang seakan-akan memberitahu mereka akan apa saja yang harus dilakukan. 

Konten yang baik, akan selalu menghormati dan memberi jaminan jika pembaca tahu yang terbaik tentang cara menggunakan materi-materi tersebut. 

3. Mampu Memberikan Jawaban dari Pertanyaan Pengunjung

Apa sih tujuan akhir dari mesin pencari? Seperti banyak orang, Anda akan berkata, “untuk memberikan serangkaian jawaban yang kita cari.” Anda bahkan sudah membuktikannya berulang kali dengan mencari kata kunci yang tepat untuk menemukan artikel ini. Hal itu berkat Google yang hebat dalam menyajikan hasil pencarian yang tepat sesuai kata kunci tersebut dengan menyertakan tautan, gambar, dan video. Satu kata kunci di mesin pencari, ribuan hasil akan tampil. 

Baca juga: Cara Cek dan Memilih Nama Domain Website

Namun, dari ribuan tersebut, hanya 1 – 5 artikel yang memiliki persentase tinggi untuk dapat ditindaklanjuti oleh pembaca atau dibuka isinya. Sebab, artikel-artikel tersebut dapat memberikan jawaban yang dicari hanya melalui judul dan meta deskripsi di halaman pencarian. 

Sama halnya ketika orang membaca postingan blog, melihat infografis, atau menonton video, yang mereka inginkan hanyalah jawaban agar dapat memperoleh pengetahuan. Namun, Anda harus mengingat jika bukan sekadar jawaban yang mereka mau, tetapi memperoleh jawaban dengan cepat dan tepat. 

Baca juga: Cara Optimasi SEO Pencarian Konten Melalui Suara

Jadi, buatlah konten Anda agar lebih mudah dipindai oleh mesin pencari sehingga orang dapat mengambil bagian yang menarik dan penting dengan cepat. Bagian yang menarik tersebut, dapat Anda tempatkan di bagian judul dan subjudul. 

4. Memberikan Informasi yang Tepat dari Sumber Terpercaya

Coba pikirkan hal ini: Anda tengah menulis sebuah konten untuk perusahaan tempat Anda bekerja, kemudian ratusan ribu orang membaca dan menyerap informasinya, dan ternyata terdapat beberapa poin yang berisi informasi yang tidak tepat atau tidak akurat. 

Dari situ, bisa Anda bayangkan kerusakan apa yang dapat terjadi pada perusahaan dan reputasi Anda? Perlu diingat, blog Anda adalah cerminan perusahaan Anda. Jika ada masalah dengan blog, itu mempengaruhi cara orang melihat produk Anda. 

Baca juga: Cara Mengoptimalkan Potensi Influencer Marketing Bagi Pemula

Statistik apa pun yang Anda nyatakan dalam konten, akan dapat dengan mudah untuk diverifikasi oleh pembaca. Banyak posting blog akan menautkan langsung ke statistik dan sumbernya. Untuk itu, akurasi dalam konten yang Anda tulis akan membangun kepercayaan dengan pembaca. 

Berikut beberapa kiat yang dapat membantu Anda dalam masalah akurasi:

  • Pertimbangkan siapa yang Anda tautkan. Apakah mereka sumber terpercaya dan berwibawa? Menautkan ke situs-situs yang lebih berkualitas akan memperoleh lebih banyak kepercayaan dari pembaca. 
  • Bantu mesin pencari. Menautkan ke sumber dan konten lain akan membantu mesin pencari mengetahui tentang konten Anda, dan bagaimana itu harus dikategorikan.

5. Ciptakan Konten Best of The Best yang Menarik dan Dapat Mempengaruhi Pembaca

Satu kata yang tepat, akan dapat mempengaruhi pikiran pembaca. Bahkan dapat mengundang rasa penasaran dan keingintahuan yang lebih besar dari dalam diri pembaca. Maka, untuk memperoleh itu Anda perlu menulis konten yang menarik dengan informasi yang terpercaya di dalamnya. 

Berikut tip yang dapat membantu Anda dalam menciptakan konten menarik:

  • Tinggalkan pertanyaan bagi pembaca. Ini tidak berarti memiliki postingan yang tidak lengkap, melainkan menyertakan pertanyaan yang membuat pembaca merefleksikan bagaimana mereka dapat menerapkan pengetahuan yang Anda berikan. 
  • Memiliki pengantar yang penting dan menjanjikan. Pernahkah Anda bertanya-tanya, seberapa cepat sih orang-orang akan memberi penilaian tentang sebuah postingan? Menurut teori, pembaca hanya membutuhkan waktu 8 detik untuk memutuskan apakah postingan tersebut layak untuk dibaca isinya atau tidak. 

Mereka biasanya memutuskan setelah melihat judul, subjudul, dan paragraf pertama. Maka, beritahu mereka jika konten Anda adalah jawaban dari pertanyaan mereka di tiga bagian tersebut. 

  • Orang menyukai cerita. Maka, Anda bisa memakai anekdot yang disisipkan pada bagian pembuka yang berisikan sebuah cerita yang dikorelasikan dengan isi postingan. Cerita juga dapat membantu memperjelas suatu hal. Jika memungkinkan, tambahkan cerita ke postingan Anda. 

Baca juga: Pengertian A/B Test dan Pengaplikasiannya


Itulah 5 cara tepat untuk menyusun konten best of the best yang dapat menaikkan traffic. Selain cara-cara tersebut, Anda juga harus memperhatikan isi kontennya dan pastikan sesuai dengan website. Misal website pembuatan joomla, maka Anda dapat membahas tentang joomla hosting atau tips-tips sejenisnya. Selamat mencobanya ya. 

Salam,
~eL

Traktir Kopi!

 

Suka dan merasa konten di blog ini berguna buat Anda?

Traktir saya kopi supaya saya bisa terus membuat konten-konten yang bermanfaat.

Thank you. 🙂

 

Nih buat jajan

Related Articles

Persiapan Sebelum Migrasi dari Blogspot ke WordPress Self Hosted

Banyak hal yang perlu dipertimbangkan dan dipersiapkan sebelum memutuskan untuk migrasi dari Blogspot ke WordPress self hosted. Hal-hal yang perlu dipikirkan matang-matang agar ketika sudah migrasi, blog Anda tidak jadi terbengkalai. Sebelum masuk ke pembahasan, perlu...

Panduan Modifikasi Konten Offline Menjadi Konten Online

Panduan Modifikasi Konten Offline Menjadi Konten Online

Penerapan strategi digital marketing terbukti sangat efektif di zaman sekarang. Pelaku usaha kini banyak yang berusaha untuk go digital, salah satunya dengan mengembangkan website. Tak sulit, Anda bahkan bisa memanfaatkan kupon beli hosting untuk menerima layanan...

Karakteristik Label di Blogspot

Karakteristik Label di Blogspot

Kita ngobrol-ngobrol lagi tentang label di Blogspot, tapi kali ini tentang karakteristik dan hal-hal teknis yang sepertinya luput saya bahas di artikel sebelumnya. Perihal label mungkin terkesan sederhana, tapi dengan memahami hal fundamental ini, saya harap...

Comments

0 Comments

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *