“Visi dan misi Mobil123 adalah untuk menjadi penghubung antara pencari kendaraan dengan penjual. Jika biasanya kami memfasilitasi lewat platform online, di Carfest kali ini kami memfasilitasi kedua pihak secara offline agar pencari kendaraan bisa melihat langsung kendaraan yang diminati dan melakukan test drive,” ungkap Bu Regia Glamouria, Country Manager Mobil123.com dalam press conference yang dihelat hari ini, 7 Mei 2018, di Trans Studio Mall, Bandung.

Foto: Teh Yuli

CARFEST MOBIL123, BANDUNG

Carfest Mobil123 sendiri merupakan rangkaian pameran mobil yang akan diadakan di dua kota: Bandung dan Jakarta. Di Bandung, pameran dimulai hari ini, 7 Mei 2018 sampai 13 Mei 2018, bertempat di atrium Trans Studio Mall (TSM), Bandung. Sedangkan di Jakarta akan diadakan pada tanggal 28 Mei 2018 – 3 Juni 2018 di Pondok Indah Mall.

Seperti kita tahu, pameran adalah salah satu kesempatan untuk mendapatkan barang kecengan dengan harga yang relatif lebih rendah. Pun di pameran mobil Carfest 2018. Ada banyak promo menarik dari mulai diskon, cashback, sampai lucky dip. Selama pameran, pembeli mendapat kesempatan untuk mendapatkan hadiah langsung berupa smartphone, televisi, dan kulkas. Saya sendiri menunggu mobil yang berhadiah sopir pribadi, sayangnya di pameran tidak ada. #eh

Ada tiga merek mobil yang dipamerkan: Hyundai, Mazda, dan Wuling. Ketiganya memamerkan tipe-tipe mobil baru unggulan mereka. Ada Confero dan Cortez dari Wuling yang dibanderol dengan harga 137-269 juta. Ada pula Mazda dengan Mazda CX-5, si merah yang gagah itu.

Mazda CX-5

Bukan hanya itu, selama pameran Anda juga bisa melakukan test drive (with appoinment) agar bisa mencoba dan merasakan performa kendaraan yang Anda keceng.

Eits, bagi Anda yang jalan-jalan ke pameran sambil membawa anak, ada juga acara untuk anak-anak berupa coloring competition dan selfie competition.

TIP KE PAMERAN MOBIL

Bagi Anda yang buta tentang otomotif sama seperti saya, datang ke pameran seperti ini adalah kesempatan mencari informasi sebanyak-banyaknya sebelum memutuskan untuk membeli. Di Carfest, Anda bebas bertanya kepada tim marketing mereka. Oh ya, saya punya beberapa tip:

  1. Datang di saat mal tidak terlalu penuh, biasanya pagi hari, agar Anda punya kesempatan yang lebih banyak untuk bertanya atau “pegang-pegang” mobilnya.
  2. Jangan ragu-ragu meminta brosur dan daftar harga supaya Anda bisa memilih dan membandingkan.
  3. Jika Anda sudah memutuskan untuk membeli (tunai atau kredit), manfaatkan fasilitas promo dengan baik dan benar.
  4. Perhatikan juga tentang garansi purnajual, ketersediaan suku cadang, dan bengkel resmi.
  5. Jika Anda sudah punya kendaraan pilihan tapi belum memiliki dana selama periode pameran, mintalah kartu nama tim marketing agar Anda bisa menghubungi mereka kembali atau Anda bisa mencarinya di situs web mobil123.com.

TIP MEMILIH MOBIL BEKAS

Obrolan cewek-cewek ketika memilih mobil di pameran:

“Aku mah mau Hyundai, soalnya dari Korea.”
– Amy, penggemar drakor fundamentalis

“Aku mah apa aja, yang penting ada hadiah kulkasnya.”
– Teh Yuli, blogger yang juga mamah-mamah

“Mazda CX-5 itu bagus eung, warnanya merah.”
– Langit Amaravati, desainer yang lebih hafal kode warna daripada kode keras

Enggak ada bonus sopir pribadi ini teh? Jadi harus nyetir sendiri? (Abaikan caption ini)

Bagi bapak-bapak yang kebetulan membaca blog post ini dan berniat mampir ke Carfest Mobil123, saya hanya menyarankan agar Anda tidak menjadikan pendapat istri atau kekasih Anda sebagai pertimbangan ketika memilih mobil. Percaya kepada saya, perempuan tidak diprogram untuk memilih sesuatu (terutama otomotif) secara logis. Kami adalah pembelanja impulsif.

Saat mempertimbangkan untuk membeli mobil bekas di pameran, sebaiknya Anda memakai tip yang telah saya gali dari akang-akang berkumis di booth Hyundai saja:

  1. Cek bodi. Perhatikan fisik mobil dengan saksama, apakah ada baret atau tidak. Jika terdapat cacat, perhitungkan juga ongkos perbaikan yang harus dikeluarkan.
  2. Cek kaki-kaki atau roda.
  3. Cek mesin. Perhatikan suara mesin. Buka kap mesin dan perhatikan kondisinya (bekas debu atau oli yang berceceran menandakan pemilik kendaraan sebelumnya tidak telaten dan well … bisa jadi mobilnya tidak pernah diservis).
  4. Angka kilometer tidak menjamin mobil dalam keadaan bagus.
  5. Minta dan lihat riwayat servis rutin.

**

Bonus scene: Charlie’s Angels, eh, Blogger Bandung – Foto: Teh Ani Berta

Sekian ngobrol-ngobrol tentang mobil. Anda yang masih penasaran, mangga bisa mampir langsung saja ke TSM, mumpung periode pamerannya masih lama dan lucky dip kulkasnya masih ada. 😀

Salam,
~eL