(Ini bukan sponsored post)

Mencari frame kacamata yang cocok untuk untuk perempuan dengan bentuk rahang persegi seperti saya tidaklah mudah. Harus pinter-pinter milih bentuk frame supaya walau mata minus, tapi penampilan enggak ikut minus. Dan membuat kacamata murah di Cimahi sama tidak mudahnya. Drama pisaaannn. Ada yang frame-nya cocok, tapi harganya enggak cocok. Ada yang harganya cocok, tapi frame-nya enggak cocok. Ada yang sama-sama cocok, tapi katanya  kami temenan aja karena dia belum siap nikah. *eh kumaha?

Nyari optik di Cimahi? Pertama sih saya googling dulu terus milih-milih yang paling dekat dan paling cepat pembuatannya. Kebetulan saat itu saya mau pergi ke Jakarta, jadi perlu banget pakai kacamata da bisi nyasar atawa salah naek kareta. Setelah menelepon ke beberapa optik, hanya Optikal Indra Utama yang sanggup membuat kacamata dalam waktu kurang dari 2 jam. Jadi pergilah saya ke sana.

OPTIKAL INDRA UTAMA, CIMAHI

  • Alamat: Jl. Gandawijaya No.68, Setiamanah, Cimahi Tengah, Kota Cimahi, Jawa Barat 40524
  • Jam buka:
    Senin 08.00–20.00
    Selasa 08.00–20.00
    Rabu 08.00–20.00
    Kamis 08.00–20.00
    Jumat 08.00–20.00
    Sabtu 08.00–20.00
    Minggu tutup
  • Telepon: (022) 6652924

Optikal Indra Utama ini ada dua, yang satu di Jalan Gandawijaya, sekitar 350 meter dari Cimahi Mall, yang satu lagi di dalam Cimahi Mall. Saya pergi ke yang di Jalan Gandawijaya karena di sanalah pusatnya. Karena ini jalan satu arah, optik ada di sebelah kiri jalan di sebelah apotek. Plang optiknya agak kecil jadi hati-hati kelewatan.

Pas masuk, sudah ada beberapa orang yang akan membuat atau mengambil kacamata pesanannya. Kebanyakan para pengguna BPJS. Saya langsung menuju petugas informasi merangkap kasir, menyampaikan bahwa saya yang sebelumnya sudah menelepon. Teteh kasirnya baiiikkk banget.

Membuat kacamata di Optikal Indra Utama bisa ditunggu, lho. Dengan satu syarat: lensanya tersedia. Pembuatannya maksimal 2 jam. Kalau lensanya tidak ada di optik, pembuatan kacamata memakan waktu maksimal 3 hari.

Setelah menunggu sekitar 10 menit, mata saya dites dulu untuk memastikan apakah minusnya bertambah atau berkurang. Tesnya memakai dua metode: mesin dan manual. Akang-akang yang ngetesnya juga ramah banget. Ternyata mata saya tidak hanya minus 1.75, tapi juga silindris 1.25. Si akangnya menawarkan dua alternatif lensa: minus dan silindris, atau silindris saja. Pas dites manual, mata saya lebih nyaman ketika hanya memakai lensa silindris karena kalau sekalian memakai lensa minus malah ngeblur.

Kabar baiknya, lensanya tersedia jadi kacamata saya bisa dibuat saat itu juga. Tinggal memilih frame.

MEMILIH FRAME KACAMATA, ANOTHER DRAMA

Waktu memilih frame saya dibantu petugas lain. Sebelum mulai memilih, saya ngasih briefing dulu ke petugasnya, “Teh, bujet saya untuk bikin kacamata ini cuma 500 ribu plus lensa. Tapi Teteh yang tabah ya, soalnya kalau cewek milih apa-apa pasti blunder,” kata saya. Si tetehnya cuma senyum-senyum tapi overall, doi emang tabah.

Setelah frame ke-17, barulah saya menemukan yang cocok, sayang harganya 750 ribu. Ada lagi yang cocok tapi harganya lebih mahal. Hiks. Bukan apa-apa, sih. Masalahnya saya kan punya anak usia 3,5 tahun dan senantiasa terjadi insiden di kehidupan kami. Kalau setelah membeli frame kacamata seharga 1,5 juta terus didudukin atau keinjek sama dia, pedih hati ini, pediiihhh. Makanya pilih yang murah aja dulu yang penting nyaman dipakai.

Sebetulnya pilihan frame kacamata di Optikal Indra utama ini cukup banyak, sih. Dari mulai yang harga 350 ribu plus lensa sampai jutaan. Sayang yang cocok harganya enggak sesuai.

Sambil menarik napas panjang dan meminta maaf, dengan lirih saya bertanya, “Teh, kalau misalnya saya cari frame di luar dan pasang lensa di sini, bisa?”

TERNYATA BISA. HOREEE.

Dengan satu syarat: optik tidak bisa menjamin kekuatan frame karena dibeli dari luar. Jika pada saat pemasangan frame-nya patah, tidak ada penggantian.

Maka pergilah saya ke Cimahi Mall untuk mencari frame kacamata. Di optik lagi? Ya, enggaklah. Saya carinya di lantai dasar, di kios-kios kacamata biasa. Ada dua frame yang cocok di hati, wajah, dan kantong. Yang satu harganya 75 ribu, yang satu 55 ribu. Saya beli dua supaya ada cadangan kalau salah satunya patah saat pemasangan lensa. Kualitasnya mah standar lah, jelas beda jauh dibandingkan dengan yang 750 ribu.

Setelah menunggu sekitar dua jam, kacamata saya jadi, deh. Oh iya, harga lensanya cuma 150 ribu. Untuk sepasang kacamata yang instagram-able sekaligus mengatasi kesulitan penglihatan, saya hanya mengeluarkan dana sebesar 225 ribu rupiah. 

Kacamata murah di Cimahi

Yang satunya lagi dipakai Aksa karena setiap kali saya memakai kacamata, dia selalu ingin pakai juga. Katanya, sih, biar ganteng.

Membuat kacamata di Cimahi

♥♥♥

Oke, deh. Sekian pengalaman saya ketika membuat kacamata di Cimahi. Semoga bermanfaat.

Regards,
~eL