Kado Harbolnas
dari Shopback

Hadiah untuk Orang-Orang Tersayang


Dear shopback,

Konon, keinginan ibarat pisau bermata ganda. Bisa membuat seseorang banyak berandai-andai lalu terlena. Namun bisa juga membuat seseorang berani bermimpi dan berusaha sekuat tenaga.

Saya tipe orang kedua, orang yang menjadikan mimpi-mimpinya sebagai jentera: api energi yang selalu menyala. Sebab mimpi, serenik apa pun itu, pantas untuk diwujudkan, bukan hanya dipetieskan.

Mimpi
30%
Untuk
35%
Untuk keluarga
35%
Untuk sekitar
Done
25%
In Progress
75%

MY DREAM LIST

Ngomong-ngomong soal mimpi, saya punya banyak. Ada yang sudah terwujud, ada yang sedang dalam proses. Ada yang bisa dibeli dengan materi, ada pula yang hanya bisa “dibeli” dengan hati.

Dalam hal materi, sebetulnya barang yang saya inginkan dan butuhkan itu buanyak banget. Tapi, andai dunia dan seluruh isinya diletakkan di tangan kita, niscaya kita tidak akan pernah merasa cukup, maka saya hanya memilih 5 item berdasarkan skala prioritas. Satu item untuk modal kerja saya, 4 lainnya untuk orang-orang yang saya cinta.

HADIAH UNTUK

ORANG-ORANG TERSAYANG



PRINTER ALL IN ONE
KADO #1

Untuk: Ms. Langit Amaravati

ILUSTRASI SHOPBACK_13

Tak banyak modal yang saya miliki ketika dua bulan lalu membuka usaha kecil-kecilan, hanya satu unit laptop, satu unit pen tab, dan tekad untuk menabung DP rumah. Pandora ArtBox, begitu saya menamainya, bergerak di bidang jasa desain. Melayani pembuatan kartu nama, materi publikasi, dan brand identity kit. Team member-nya baru dua orang: saya sebagai owner sekaligus desainer dan Aksa (putra saya yang berumur 3 tahun) sebagai dewan direksi.

TANTANGAN

Untuk sebuah usaha yang baru menggeliat, animo pasar terhitung luar biasa. Barangkali hanya keberuntungan pemula, saya tidak mau terlalu terlena. Namun, bukan usaha namanya apabila tidak ada hambatan (saya menyebutnya tantangan). Dan tantangan pertama adalah kualitas cetak.

Jasa desain Pandora ArtBox memang sepaket dengan cetaknya, tapi karena saya cetak di luar (belum punya modal dan SDM kalau harus membuat percetakan mah), saya tidak punya kontrol sepenuhnya terhadap kualitas end product. 

Kadang, desain yang saya tunjukkan ke klien sudah bagus dan disetujui, tapi ketika dicetak hasilnya jauh dari perkiraan. Semua desainer grafis di seluruh dunia juga sudah tahu bahwa hasil cetak tidak akan 100% sama dengan file desain, tapi kalau hasilnya terlalu jauh ya bikin sakit kepala juga. Apalagi kalau branding kit untuk badan usaha, warnanya harus SAMA PERSIS karena berhubungan dengan identitas mereka.

KARTU NAMA-3
KARTU NAMA-5
KARTU NAMA-4
KARTU NAMA-6
KARTU NAMA-2
KARTU NAMA-7
KARTU NAMA-8
KARTU NAMA-9

SOLUSI

Untuk menyiasati itu, saya menggunakan dua cara. Pertama menggunakan color pantone code alih-alih CMYK atau RGB. Tapi karena color books mahal sekali, saya membuatnya sendiri, dicetak di beberapa material yang biasa digunakan untuk kartu nama.

Kedua, membuat dummy dulu sebelum file desain dikirim ke percetakan. Karena saya tidak punya printer, setiap kali membuat dummy saya harus pergi ke warnet yang jaraknya lumayan karena hanya di warnet itulah yang menyediakan fasilitas cetak warna.

Saya single parent yang hanya tinggal berdua dengan Aksa. Kegiatan membuat dummy menjadi kegiatan yang menguras tenaga karena Aksa pasti harus dibawa.

Akan sangat membantu kalau saya punya printer sendiri di kosan. Sebagai modal kerja juga untuk meningkatkan produktivitas.

PRINTER PILIHAN

Saya jatuh hati pada HP Deskjet Ink Advantage 3776. Untuk ukuran SOHO (Small Office Home Office), printer all in one ini sudah cukup memadai.

Ada beberapa pertimbangan ketika saya memilih HP Deskjet 3776:

  1. Bisa dipakai untuk mencetak warna, fotokopi, dan scan. Tiga fungsi yang sangat saya butuhkan untuk memperlancar pekerjaan.
  2. Bisa dipakai untuk mencetak berbagai jenis kertas, termasuk art paper yang digunakan untuk kartu nama.
  3. Dilengkapi WiFi sehingga tidak perlu banyak kabel dan bisa digunakan untuk mencetak langsung dari smartphone.
  4. Printer berbasis tinta memang tidak secepat laserjet, tapi kalau soal kualitas warna, sangat memadai untuk usaha kecil yang saya miliki.
  5. Harga tintanya terjangkau bagi saya.
PRINTER-1
PRINTER-2

HP DeskJet Ink Advantage 3776

  • ITEM: HP DeskJet Ink Advantage 3776 All-in-One Printer
  • BEST DEAL: JD ID
  • PRICE: IDR 1.149.000.-


GO TO SHOPBACK

Kompor Gas

KADO #2

Untuk: Ibu

Ibu, di usianya yang sudah lebih dari setengah baya dan tangan kiri yang tak bisa bekerja normal karena stroke ringan yang menggerogoti tubuhnya, adalah perempuan yang mencintai masak-memasak. Mungkin itu sebabnya mengapa Ibu dengan senang hati membantu adik perempuan saya yang buka warung kecil-kecilan, berjualan jajanan seperti seblak, mi goreng, dan lainnya. Seminggu dua kali, beliau akan mengirimkan pesan, “Teteh, Ibu masak tumis jengkol pakcoy kesukaan Teteh. Ke sini atuh,” atau “Bapak pulang mancing dan bawa ikan banyak banget. Teteh ke sini sekarang.” Padahal saya tahu, alasan sebetulnya adalah agar saya pulang.

Setiap kali saya pulang, Ibu selalu sedang berada di dapur, mempersiapkan hidangan untuk putri sulungnya yang sejak sepuluh tahun lalu selalu menolak jika diajak tinggal di sana. Ada satu benda yang selalu menarik perhatian saya: kompor. Itu kompor gas yang sudah dipakai Ibu sejak belasan tahun lalu. Tungkunya sudah berkerak dan penuh noda minyak. Satu tombolnya harus diputar berkali-kali baru bisa bekerja. Jangan tanya apinya, masih menyala saja sudah bagus. Sudah waktunya kompor gas renta itu pensiun sebelum rusak parah dan mencelakakan pemakainya.

Setiap kali itu pula, saya mencatat dalam hati untuk membelikan Ibu kompor gas baru agar kecintaannya terhadap memasak terus tersalurkan. Agar bisa dipakai untuk usaha adik. Juga agar saya selalu punya alasan untuk perbaikan gizi pulang.

Pilihan saya jatuh pada kompor gas dua tungku merek Cosmos yang ada di Bhinneka. Alasannya sederhana, sebab ini merek yang sama dengan kompor yang Ibu gunakan sekarang dan sudah terbukti awet.  Ibu memang tidak pernah meminta, tapi saya tahu bahwa beliau akan sangat gembira kalau suatu hari saya memberinya hadiah ini.

COSMOS Kompor Gas [CGC-3500]

  • ITEM: Kompor Gas COSMOS
  • BEST DEAL: Bhinneka
  • PRICE: IDR 669,000.-


GO TO SHOPBACK

Sepeda

KADO #3

Untuk to: Aksa

Bulan September kemarin usia Aksa genap berusia 3 tahun. Tidak ada hadiah, tidak ada tiup lilin, tidak ada perayaan apa-apa. Jauh sebelum ini, saya sudah pernah berjanji untuk membelikannya sepeda seperti yang dimiliki tetangga karena sepeda roda tiga pertama Aksa (pemberian dari seorang teman) sudah rusak dan tidak bisa dipakai.

Pernah terpikir untuk membelikan sepeda roda tiga biasa yang harganya lebih murah. Tapi setelah dipikir-pikir lagi, sepertinya membeli sepeda yang lebih tinggi akan jauh lebih hemat karena masih bisa dipakai sampai usianya 5 atau 6 tahun.

Pilihan saya jatuh pada sepeda Wimcycle dengan gambar Batman berwarna biru karena Aksa suka warna biru dan sedang menggandrungi tokoh-tokoh superhero, Batman adalah salah satunya.

SEPEDA-2
SEPEDA-1

Sepeda BMX 12′ Wimcycle Batman

  • ITEM: Sepeda BMX 12′ Wimcycle Batman
  • BEST DEAL: Tokopedia
  • PRICE: IDR 870,000.-


GO TO SHOPBACK

E-BOOK READER

KADO #4

Dedicated to: Salwa

Salwa (13 tahun), adalah putri sulung saya dari pernikahan pertama. Dia tinggal bersama ayahnya dan sekolah di sana. Tanggal 13 Desember nanti Salwa ulang tahun, sudah merengek minta dibelikan kado. “Terserah Bunda mau ngasih kado apa, yang penting abdi dikasih hadiah,” katanya.

Karena dia senang membaca, tadinya saya ingin membelikannya e-book reader, tapi Salwa juga pasti membutuhkan fitur lain untuk menunjang aktivitas belajarnya, jadi tablet lebih cocok. Dengan begini, dia bisa membawa banyak buku dan bisa dibaca di mana saja. Bisa menyimpan banyak laman artikel untuk keperluan pelajaran. Pun, karena Salwa sering ikut lomba karya ilmiah atau lomba akademis lainnya, tablet yang saya berikan pasti akan sangat bermanfaat.

TABLET ADVAN-1
TABLET ADVAN-2

Tablet Advan I7D

  • ITEM: Tablet Advan I7D
  • BEST DEAL: Lazada
  • PRICE: IDR 870,000.-


GO TO SHOPBACK

Moka Pot

KADO #5

Untuk: Mr. Barista

Last but not least, dreamlist kelima didedikasikan untuk Mr. Barista a.k.a Akang, lelaki istimewa yang namanya selalu dilapal dalam doa. Profesi aslinya bukan barista, tapi beliau sudah bergelut di bidang kopi sejak saya mengenalnya. Kopi ini pulalah yang sama-sama menjadi minat kami. Maksudnya, Akang yang minat mengolah dan meracik, saya mah minatnya minum saja. 😀

Saya selalu ikut bahagia ketika dengan berseri-seri Akang bercerita soal kopi, passion yang baru beliau temukan di usia menjelang 40. Setahun lalu, Akang membuka warung kopi di kota tempatnya tinggal. Sebagai bentuk dukungan dan ucapan selamat, saya yang mendesain brand identity-nya. Dukungan lainnya, saya ingin sekali memberinya hadiah.

Setelah mempertimbangkan beberapa hal, saya kira moka pot Bialetti dengan kapasitas 6 cangkir adalah hadiah terbaik. Selain kapasitasnya yang cukup besar, tipe yang ini juga ergonomis dan bentuknya lucu. Lagi pula, ini kan modal kerja dan investasi alat supaya Akang makin semangat mengelola kedai kopinya.


Moka Pot Bialetti

  • ITEM: Bialetti Moka Induction Coffee Maker [6 Cups]
  • BEST DEAL: Blibli
  • PRICE: IDR 810,000.-


GO TO SHOPBACK

LEBIH HEMAT
DENGAN SHOPBACK

Anda yang sedang membaca ini barangkali bertanya-tanya, dengan dreamlist sebanyak itu, bagaimana cara saya mewujudkannya? Well, salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan diskon, terutama saat Harbolnas ketika SEMUA ONLINE SHOP memberi diskon gila-gilaan. Ada satu cara lagi agar lebih hemat, memanfaatkan cashback yang diberikan SHOPBACK.

Anda pasti sudah familiar dengan situs pemberi cashback ini. Saya sendiri baru punya akun ShopBack tahun lalu, baru berhasil mengumpulkan cashback sebesar 34 ribu rupiah. Lumayanlah, namanya emak-emak, beda cepek aja kadang diperhitungkan.

https://youtu.be/6TsrapgA2vs

GOOGLE PLAY


APPLE STORE

BENEFIT BELANJA VIA SHOPBACK

  • Mendapatkan casback dan diskon untuk setiap pembelian di online shop yang sudah bekerja sama dengan ShopBack.
  • Bekerja sama dengan ratusan
    e-commerce yang menjual berbagai jenis barang dan jasa dari mulai popok sampai tiket pesawat.
  • Cashback tidak hanya berlaku pada Harbolnas, tapi sepanjang tahun. Besaran cashback tergantung masing-masing e-commerce.

  • Bonus referral sebesar 25 ribu rupiah jika kita mengajak orang lain untuk menggunakan ShopBack.
  • Cashback masuk ke akun kita dalam waktu 48 jam.
  • Bisa digunakan di desktop atau aplikasi.
  • Batas minimal cashback yang bisa dicairkan hanya 50 ribu rupiah. Bisa ditarik ke rekening atau dipakai untuk membeli pulsa.

TIP BELANJA HEMAT A LA MS. EL

IKON-6

RENCANAKAN

Rencanakan dengan matang apa saja yang akan dibeli, spek, bujet, dan barang alternatif kalau item yang dicari tidak ada atau harganya tidak sesuai

IKON-5

HARBOLNAS

Manfaatkan momen-momen diskon seperti Harbolnas. Karena di momen seperti ini, semua online shop memberi diskon yang aduhai.

IKON-3

SHOPBACK

Manfaatkan ShopBack agar jauh lebih hemat. Akses online shop dari laman ShopBack supaya Anda mendapatkan cashback.

IKON-1

SELEKTIF

Selektif memilih merchant atau online shop, terutama ketika berbelanja di marketplace.

IKON-7

TELITI

Teliti sebelum memasukkan barang ke keranjang belanja. Jangan hanya tergiur dengan harga murah. Baca deskripsi baik-baik, baca ulasan, dan ini yang penting: jangan mau bertransaksi di luar platform.

IKON-8

ONGKIR

Jika Anda berbelanja di marketplace yang notabene terdiri dari banyak seller, perhatikan lokasi seller untuk meminimalisasi nominal ongkir. Pilih yang lokasinya dekat atau bebas ongkir.

IKON-9

TIMING

Saat Harbolnas, semua situs e-commerce akan kebanjiran trafik dan terancam down. Sebaiknya sebelum hari H, masukkan dulu barang incaran ke wishlist agar menghemat waktu.

IKON-10

COVERAGE AREA

Untuk beberapa item seperti furnitur dan barang elektronik besar (kulkas, mesin cuci, etc), tidak semua seller melayani pengiriman ke seluruh Indonesia.

Dreamlist bagi saya bukan hanya deretan barang-barang yang ingin dimiliki, tapi juga untuk membahagiakan orang-orang yang saya sayangi. Dreamlist bagi saya adalah anak tangga yang saya gunakan untuk menggapai mimpi lainnya. Mimpi yang lebih besar. Harapan yang terus-menerus memanggil agar diwujudkan.

Regard,
~eL

DISCLAIMER:

Blog post ini diikutertakan dalam lomba “Kamu Meminta, ShopBack Kabulkan 2017”

COPYRIGHT:

  • Logo ShopBack: ShopbBack Indonesia
  • Foto produk: JD ID, Bhinneka, Blibli, Lazada, Tokopedia.
  • Ilustrasi: Langit Amaravati
  • Teks: Langit Amaravati
Share This