Aplikasi SehatQ, Dokter Pribadi di Ujung Jari

Kemudahan Mencari Informasi Kesehatan di SehatQ.com

Aplikasi SehatQ, Dokter Pribadi di Ujung Jari

Kemudahan Mencari Informasi Kesehatan di SehatQ.com

Bayi berusia 40 hari tewas tersedak setelah disuapi pisang oleh ibunya. Ketika diinterogasi, si ibu (27 thn) mengaku tidak tahu bahwa bayi usia 40 hari belum boleh diberi makan selain ASI. (Tribun, 10 Desember 2019)

Berita beberapa minggu silam itu membuat mata saya berkaca-kaca. Kasus kematian bayi akibat MPASI dini, lagu lama yang kerap berputar dan berulang. Bukan yang pertama, dan sayangnya tidak jadi yang terakhir.

Seakan-akan itu belum cukup, kasus serupa juga kerap dibenturkan dengan wacana “bayi zaman dulu diberi makan tapi masih hidup sampai sekarang”. Akibatnya, kisah tragis ini bukan menjadi pelajaran, malah menimbulkan perdebatan maha panjang.

Jika kita mau mengkaji ulang, ada satu benang merah yang menjadi penyebab kasus-kasus seperti ini: simpang siur informasi.

Tunggu, tunggu, simpang siur informasi? Di era digital seperti sekarang ini? Saat 60% penduduk Indonesia bisa mengakses internet dari smartphone mereka? Bukankah seluruh informasi sudah ada di ujung jari?

Well, jawabannya adalah iya dan tidak.

Iya karena nyaris semua informasi kesehatan, termasuk tumbuh kembang bayi, bisa kita temukan di belantara internet. Tidak karena tidak semua informasi itu valid.

Itu baru MPASI dini, belum lagi kasus stunting, belum lagi no-imunisasi-imunisasi club, salah penanganan ketika anak demam, dan lain-lain.

Meskipun seluruh pihak sudah bahu-membahu mensosialisasikan kesehatan ibu dan anak, tapi jika terkait tumbuh kembang, kita tak bisa menutup mata terhadap dua variabel: hoaks dan mitos.

IMHO, di tengah-tengah arus informasi yang sedemikian deras, para ibu bukan murni tidak tahu, kita hanya bingung. Jujur, waktu new mom dulu saya pun demikian. Bahkan, saya pernah percaya bahwa anak saya sering menangis di senja hari karena diganggu setan. Setelah diperiksa ke dokter ternyata kolik.

Mitos dan hoaks terus dipabrikasi, diturunkan dari satu generasi ke generasi lainnya. Dipercayai sebagai “resep nenek moyang” padahal tidak seluruhnya resep itu benar.

Pertanyaan besarnya adalah, harus berapa banyak lagi bayi yang mati di tangan ibu sendiri sampai kita semua membuka mata dan hati untuk mencari informasi yang valid?

Tidak, saya tidak sedang mengajak berdebat tentang siapa pihak yang paling bertanggung jawab. Sebaliknya, saya ingin mengajak Anda agar kita sama-sama peduli dan mencari solusi. 

 

Persentase Berita Hoaks yang Tersebar di Facebook

Februari 2016 – Februari 2017

(Survei Persatuan Wartawan Inonesia.
Sampel: 1000 berita hoaks)

  • Hoaks Kesehatan 27% 27%
  • Hoaks Politik 22% 22%
  • Hoaks Dunia Hiburan 15% 15%
  • Hoaks Lainnya 36% 36%

Jumlah Hoaks pada Agustus 2018 – April 2019

(Tim AIS Kemkominfo)

Hoaks Politik

Hoak Pemerintah

Hoaks Kesehatan

Hoaks Terkait Fitnah

Hoaks Terkait Kejahatan

Hoaks terkait isu agama, bencana alam, mitos, internasional, dll.

Urgensi Informasi Kesehatan Valid

Melihat fenomena dan data di atas, Anda tentu setuju dengan saya bahwa informasi kesehatan yang valid memiliki urgensi tinggi. Tujuannya jelas: untuk edukasi dan advokasi agar kejadian-kejadian nahas tak terulang kembali.

Pemerintah, tenaga medis, dan berbagai pihak sudah bekerja keras melakukan sosialisasi. Tapi semua itu tidak akan pernah cukup kalau kita sendiri tidak proaktif.

Ya, minimal tidak begitu saja percaya terhadap hoaks-hoaks atau mitos kesehatan yang banyak beredar. 

Di era digital, tak terlalu sulit kok untuk mencari artikel kesehatan . Kita bisa dengan mudah mendapatkannya via aplikasi, salah satunya di aplikasi SehatQ.

Di aplikasi ini kita tak hanya bisa mendapatkan artikel anti-hoaks, tapi juga bisa ngobrol dengan dokter, booking dokter, dan lain-lain. Yuk kita bahas lebih lanjut.

Kemudahan Mencari Informasi Kesehatan di SehatQ.com

Kemudahan Mencari Informasi Kesehatan di SehatQ.com

Dikutip dari situs web resminya, SehatQ.com merupakan platform yang membantu mengelola kesehatan kita dan keluarga. Membantu menghubungkan pasien dengan tenaga medis dan fasilitas kesehatan paling tepat. Sebagai platform kesehatan digital berbasis web dan aplikasi, SehatQ dikelola oleh para tenaga medis yang memang kredibel di bidangnya.

IMHO, dengan begini disinformasi kesehatan dapat diminimalisasi karena informasi akurat hanya berjarak seujung jari. Untuk mencari informasi tentang menangani anak GTM, misalnya, kita hanya perlu mengakses ponsel lalu cari artikel bersangkutan di SehatQ.com. Benar-benar oase bagi kaum rebahan, ya enggak?

Diresmikan bulan November tahun 2018 lalu, SehatQ berkomitmen untuk membersamai perjalanan kesehatan keluarga Indonesia. Dimulai dari pencegahan, pengobatan ketika sakit, dan perawatan setelah sembuh.

Direktori Artikel

Ensiklopedia Penyakit & Obat

Direktori Dokter

Direktori Fasilitas Kesehatan

1. Artikel Kesehatan

Artikel kesehatan adalah fitur pertama yang menarik perhatian saya. Di sini, kita bisa mendapatkan informasi kesehatan dengan mudah. Kita bisa mencari informasi berdasarkan kategori atau dengan fitur pencarian. Terus terang saya terkejut ketika menemukan banyak sekali artikel tentang alergi, penyakit yang saya derita dan membuat saya harus senantiasa waspada.

Seperti beberapa waktu lalu, alergi saya kambuh lagi dengan gejala batuk hebat tanpa henti. Tadinya saya mengira itu karena alergi tungau debu, tapi setelah membaca arikel terkait alergi lingkungan, sepertinya alergi saya kambuh karena jamur yang bersemayam di lemari baju. Memang, kita tidak bisa begitu saja melakukan self-diagnosis, tapi jika Anda memiliki alergi, mengenali dan mencatat setiap alergen serta reaksi tubuh adalah hal yang penting. Ini bisa menjadi “bekal” ketika saya konsultasi ke dokter.

Z

Mudah Dimengerti

Jujur, yang sering menjadi hambatan ketika membaca artikel kesehatan adalah bahasanya yang sulit dipahami, persis seperti tulisan dokter.*eh

Tapi tidak begitu di SehatQ.com. Saya si pembaca awam ini dapat dengan mudah mengerti. Kalaupun ada beberapa istilah yang kurang saya pahami, biasanya saya mencari istilah terkait di artikel lain. 

Z

Dibagi Per Kategori

Tidak semua artikel berisi tentang penyakit. Banyak pula kategori lainnya. Misalnya kulit dan kecantikan, kesehatan, olahraga, bayi & menyusui, dan sebagainya. 

Karena seperti yang dikatakan SehatQ, perjalanan kesehatan adalah tentang mencegah, mengobati, dan perawatan. 

2. Chat Dokter

Sumber informasi berikutnya adalah fitur “Chat Dokter”. Menurut saya ini revolusioner. Kita bisa menghubungi dokter dari hari Senin-Jumat mulai pukul 07.00-20.00 WIB. Semacam konsultasi tipis-tipis. 😀

Tapi harap diingat bahwa konsultasi online tidak bisa menggantikan pemeriksaan klinis. Untuk menegakkan diagnosis, kita tetap harus langsung bertemu dokter.

Z

Gercep

Dalam satu minggu saya sudah dua kali menggunakan fitur “Chat Dokter”. Keduanya berkaitan dengan alergi yang saya kambuh lagi. Dibalas dengan cepat, dong. Informasi yang diberikan pun tidak bertele-tele. Sangat menenangkan bagi saya yang tinggal jauh dari peradaban dan tak punya siapa-siapa untuk dihubungi ketika sesuatu terjadi.

 

Z

Gratis

Ya betul, chat dengan dokter itu gratis. Eits, tapi jangan mentang-mentang gratis terus kita bisa dikit-dikit chat, dikit-dikit chat. 😀

Z

Privasi

Jika di forum pertanyaan/keluhan kita bisa juga dibaca oleh umum, di fitur chat dokter data kita bersifat rahasia. 

Z

Bintang Limanya, Kakak!

Lucunya, chat dokter dilengkapi juga dengan fasilitas bintang dan ulasan yang bisa kita isi bila konsul sudah selesai. Persis seperti ojol. 😀

3. Forum Kesehatan

Bila ada keluhan yang belum dibahas di artikel atau masih sungkan untuk chat dokter, coba jalan-jalan ke forum. Biasanya ada saja yang bertanya dengan keluhan yang sama. Tapiii … tapi nih, karena kondisi kesehatan setiap individu itu unik, jawaban di forum hanya bisa dijadikan sebagai referensi, bukan -sekali lagi- diagnosis.

4. Fitur Lainnya

Selain ketiga fitur sebelumnya, kita juga bisa mendapatkan informasi kesehatan lainnya. 

BOOKING DOKTER

Booking dokter selain untuk janji temu, juga berguna untuk menyesuaikan jawal. Kita bisa tahu dokter mana saja yang available untuk hari tertentu, misalnya.

Anda yang perlu periksa ke dokter spesialis juga akan sangat terbantu dengan aplikasi ini. Jika Anda ragu harus berobat ke dokter spesialis apa, gunakan fasilitas chat dokter.

DIREKTORI FASKES

Tersedia informasi fasilitas kesehatan berupa rumah sakit dan lab. Anda bisa mencari faskes yang terdekat dengan tempat Anda tinggal. Sayangnya belum banyak rumah sakit yang bergabung dengan SehatQ untuk daerah kekuasaan saya: Cimahi. Mungkin karena aplikasinya masih agak baru. 

DIREKTORI OBAT

Ingin tahu informasi detail tentang obat tertentu? Silakan cari di direktori obat. Infonya lengkaaappp banget. Ada deskripsi, indikasi, komposisi, dosis, dan lain-lain. 

Sebagai keluarga dengan riwayat alergi obat dengan kandungan tertentu, fitur ini sangat bermanfaat. 

DIREKTORI PENYAKIT

Fitur ini sudah seperti ensiklopedia. Segala macam penyakit sepertinya ada. Bagus lho untuk baca-baca daripada baca dari sumber tidak jelas. Selain deskripsi penyakit, juga ada keterangan tentang kapan kita harus konsultasi ke dokter dan informasi apa saja yang perlu dipersiapkan. 

PROMO

Pengabdi diskon mana suaranyaaa? Ya, kita tahu sendirilah kalau beberapa tindakan tidak ditanggung oleh BPJS dan cukup menguras kantong. Nah, bisa lah intip-intip diskonan di fitur promo. Eh ada promo Korean Facial juga geuningan. *Dandan molo, dasar emak-emak 😀

ACARA

Untuk Anda yang ingin tahu informasi tentang seminar, penyuluhan, atau acara terkait kesehatan lainnya, boleh banget lihat di fitur acara. Sayang nih baru di Jabodetabek, kota lainnya mungkin akan segera menyusul.

Benefit Menggunakan Aplikasi SehatQ.com

SEMACAM TESTIMONI

Benefit Menggunakan Aplikasi SehatQ.com

SEMACAM TESTIMONI

Sebagai pasien alergi yang sewaktu-waktu bisa kambuh, tinggal jauh dari “peradaban”, punya anak balita, single parent pula, aplikasi SehatQ banyak membantu saya. Agak-agak mirip punya dokter pribadi meski tentu saja tidak bisa memiliki. Tapi seperti kata pepatah, mereka yang cuma bilang cinta akan kalah oleh yang selalu ada. *curhat, Neng?

Dengan kemudahan mencari informasi kesehatan yang ditawarkan oleh SehatQ.com, berikut beberapa poin benefit yang selama ini saya rasakan:

Z

"Dokter Pribadi"

Ketika anak sakit atau saat saya sendiri yang kurang sehat, sering kali saya tak tahu harus menghubungi siapa atau melakukan apa. Kan enggak mungkin ya dikit-dikit ke UGD.

Nah, dalam keadaan panik dan bingung, fitur “Chat Dokter” di SehatQ.com membantu saya mengambil keputusan yang tepat. Gratis pula. 

Z

Informasi Akurat

Dengan banyaknya hoaks kesehatan dan orang-orang yang sering merasa lebih dokter daripada dokter, saya kerap mendapat informasi yang salah tentang alergi yang saya derita.

Seperti beberapa hari lalu, ada yang menyarankan saya untuk melakukan tes alergi ulang atau tes secara berkala. Sebelum mengiyakan, saya tanya dulu dokter di SehatQ, ternyata enggak perlu tuh. Sekali saja sudah cukup. Saya hanya perlu mencatat setiap alergen dan konsul langsung ke dokter jika gejala alergi cukup parah.

Z

Menjadi Ibu yang Lebih Baik

Tumbuh kembang, kecukupan gizi, bahkan tentang GTM -masalah ibu di seluruh dunia- pun dibahas di artikel di SehatQ. Saya jadi sering baca-baca demi menjadi ibu yang lebih baik untuk Aksa, anak bungsu saya. 

Z

Mudah Booking Dokter/Mencari Faskes

Fasilitas kesehatan terdekat dari tempat saya tinggal berjarak 5 km. Apotek terdekat 4,7 km. Saya tidak punya kendaraan dan hanya tinggal berdua dengan anak yang masih balita. Jadi Anda bisa bayangkan bagaimana saya bahagia ada aplikasi yang membantu saya.

Janji temu dengan dokter bukan hal yang sulit lagi. Enggak perlu antre atau sudah datang jauh-jauh ke rumah sakit eh dokter langganan enggak praktik.

Oh, satu hal lagi, kita bisa memilih dokter sesuai preferensi kita. Misalnya, kan ada tuh kalau memeriksa kandungan lebih nyaman dengan dokter perempuan. Di aplikasi SehatQ, saya bisa memilih rumah sakit dan dokter, menyesuaikan dengan jadwal praktiknya dan jadwal saya sendiri.

Baiklah, sekian dulu ngobrol-ngobrol kita kali ini. Semoga bermanfaat. Semoga dengan kemudahan mencari informasi kesehatan di SehatQ.com, kita bisa sama-sama terhindar dari hoaks-hoaks dan mitos kesehatan yang membahayakan, lebih jeli mencerna informasi, dan -tentu saja- lebih sadar tentang pentingnya kesehatan keluarga.

Salam,
~eL

Share This