LIBURAN KE PANTAI? BERIKUT BEBERAPA HAL YANG PERLU DIPERSIAPKAN
Langit Amaravati
Graphic designer
Tinggal di kota besar, sehari-hari berhadapan dengan polutan dan belantara beton, plus selalu berada di belakang meja mau tidak mau membuat saya jenuh juga. “Kamu butuh liburan,” kata orang. Dan well, memang iya, sih. Jadi ketika tahun baru kemarin adik saya mengajak ke Pantai Pangandaran dan Batukaras, saya mengiyakan dengan gembira. Tiga hari berada di pantai, bermain pasir, ombak, menikmati keindahan alam, dan berlibur dengan keluarga besar berhasil membuat mood saya dan Aksa jauh lebih baik.

 

Bagaimana dengan Anda? Jenuh dengan hiruk pikuk kota besar yang semakin hari semakin ramai? Sama seperti saya, tentunya Anda membutuhkan liburan untuk mendapatkan sedikit udara segar. Destinasi yang biasanya menjadi tujuan “pelarian” bagi para pekerja adalah pantai, udara pantai memang mampu membuat pikiran menjadi lebik tenang dan segar. Nah, sebelum berlibur Anda perlu menyiapkan beberapa barang yang perlu dibawa saat pergi berlibur ke pantai, berikut ini adalah 10 barang yang perlu Anda bawa saat ke pantai:

“When you work from home there is no such thing as a holiday.”

― Anthony T. Hincks

1. SUNBLOCK

Sunblock merupakan salah satu item terpenting yang wajib Anda bawa saat pergi ke pantai. Teriknya sinar matahari di pantai tentu akan mudah membakar kulit Anda, oleh karena itu sunblock sangatlah penting digunakan untuk menghindari terbakarnya kulit Anda dari sinar matahari. Selain itu sunblock juga bisa mengurangi rasa perih di kulit pada saat Anda hendak berenang di pantai, juga menjaga kelembapan kulit. Sunblock saat ini juga sudah banyak dijual di drugstore atau di supermarket, harga sunblock memang bisa dibilang tidak murah tapi Anda bisa mendapatkannya dengan harga yang terjangkau di MatahariMall.com.

2. KACAMATA HITAM

Selain sunblock, kacamata hitam juga merupakan salah satu item yang harus dibawa, Anda tidak akan bisa menikmati indahnya sunset tanpa memakai kacamata hitam, bukan? Atau saat hendak berjemur di pinggir pantai kaca mata hitam akan sangat membantu mata Anda untuk tidak terpapar langsung dari sinar matahari.

3. TOPI PANTAI

Sebenarnya Anda bisa memakai topi jenis apa saja, namun topi pantai atau jenis topi yang lebar akan sangat membantu untuk melindungi wajah serta kepala Anda dari sengatan matahari pantai.

4. KAIN PANTAI

Kain pantai bisa Anda gunakan sebagai alas duduk saat di pantai, selain itu Anda juga bisa memakai kain tersebut untuk menutupi bagian bawah tubuh Anda setelah selesai bermain air di pantai.

5. BAJU RENANG

Nah, item yang satu ini juga jangan sampai ketinggalan, ya! Apa sih artinya ke pantai tanpa berenang? Dengan menggunakan baju renang yang ringan, akan mempermudah Anda untuk bergerak bebas saat berenang.

6. PERALATAN SNORKELING

Benda yang satu ini juga perlu Anda bawa, apalagi bagi aNDA yang hobi menyelam atau snorkeling. Dengan membawa sendiri, Anda bisa berhemat dan tidak perlu menyewa peralatan snorkeling lagi.

7. MAKANAN DAN MINUMAN

Beberapa pantai yang terdapat di Indonesia cukup jauh dari pusat perbelanjaan atau minimarket, jadi pastikan Anda membawa cukup persediaan makanan agar tidak kelaparan di tengah liburan. Pastikan tempat Anda menginap menyediakan peralatan masak, sehingga Anda bisa memasak makanan sesuai yang Anda inginkan saat berlibur di pantai.

Waktu di Pangandaran kemarin sih saya dan keluarga tinggal di sebuah homestay yang dilengkapi dapur dan peralatan masak lengkap. Dan karena semua perempuan di keluarga besar saya (kecuali saya tentunya) jago memasak, jadi ketersediaan pangan aman terkendali.

Oh, dan satu lagi, persiapkan juga persediaan minuman yang banyak terutama air mineral.

8. KAMERA

Tidak lengkap rasanya jika berlibur ke pantai tanpa mengabadikan momennya, oleh karena itu jangan sampai Anda tidak membawa kamera.

“Each day of our lives we make deposits in the memory banks of our children.”

CHARLES R. SWINDOLL

9. SANDAL

Sandal juga penting untuk dibawa, berjalan-jalan santai di pinggir pantai tentu akan lebih menyenangkan dengan memakai sandal dibandingkan sepatu.

10. PERALATAN BERMAIN

Untuk Anda yang berlibur ke pantai membawa anak kecil atau balita, pastikan untuk membawa beberapa peralatan bermain yang bisa digunakan untuk bermain pasir di pinggir pantai. Anda juga bisa membawa bola agar liburan Anda di pantai lebih terasa seru dan menyenangkan.
Gimana, sudah siap untuk liburan?