Updated on:

Mengatasi Laptop yang Tidak Bisa Konek ke Wifi

Penyebab laptop atau PC tidak bisa konek ke WiFi bermacam-macam, bisa karena masalah hardware, router, password yang berganti, dan lain sebagainya. Sebelum melakukan langkah-langkah untuk mengatasi laptop yang tidak bisa konek ke WiFi, sebaiknya kita tahu terlebih dahulu apa penyebabnya.

Jika status jaringan menunjukkan “limited”, itu artinya kuota sudah nyaris habis. Bagi Anda yang menggunakan fiber optik seperti Indihome, coba cek kalender, siapa tahu sudah akhir bulan dan Anda masih menunggak pembayaran internet. Ya seperti yang sering terjadi pada saya.

Masalah lain yang sering timbul adalah ketika kita datang ke tempat yang biasa kita kunjungi untuk numpang WiFi ngafe, misalnya. Eh, ternyata password WiFi-nya sudah diganti. Meski kadang kita bisa menahan urat malu untuk menanyakan password yang baru, tapi bisa saja terjadi troubleshooting dan laptop masih tidak bisa konek ke internet. 

Baca juga: smartfren UNLIMITED MAXI untuk Internet yang Lebih Cihuy


Cara Mengatasi Laptop yang Tidak Bisa Konek ke WiFi

Pada kasus biasa, apabila password berubah, maka kita akan diminta memasukkan password yang baru. Tapi, dalam beberapa kasus, kita hanya tidak bisa konek tanpa keterangan apa-apa. So, begini cara mengatasinya:

  1. Buka Control Panel ➤ Network and Internet


  2. Network and Sharing Center ➤ view network status and tasks



  3. Change adapter settings ➤ pilih profil jaringan WiFi yang kita gunakan ➤ view status of this connection



  4. Akan terbuka dialog box ➤ wireless properties

  5. Akan terbuka dialog box ➤ tab security ➤ network security key ➤ ganti password dengan yang baru ➤ ok




  6. Konek ke internet melalui control panel atau dari taskbar seperti biasa

Setup a New Connection

Jika Anda tidak bisa menemukan profil jaringan WiFi yang aktif atau jika jaringan yang sebelumnya digunakan tidak bisa terhubung, buat profil jaringan baru (setup a new connection or network). 

  1. Buka Control Panel ➤ Network and Internet
  2. Network and Sharing Center ➤ view network status and tasks
  3. Setup a new connection or network
  4. Akan terbuka dialog box ➤ manually connect to a wireless network ➤ next
  5. Isi network name ➤ security type ➤ masukkan password baru pada kolom security key ➤ next
  6. Ulangi langkah 3-6 pada subbab sebelumnya

Demikian sedikit tip dari saya. Semoga bermanfaat.

Regards,

~eL

Langit Amaravati

Web developer, graphic designer, techno blogger.

Peminum kopi fundamentalis. Hobi mendengarkan lagu dangdut koplo dan campursari. Jika tidak sedang ngoding dan melayout buku, biasanya Langit melukis, belajar bahasa pemrograman baru, atau meracau di Twitter.

Traktir Kopi

Suka artikel-artikel di blog ini dan merasa artikel di sini berguna buat kamu? Traktir saya kopi agar saya bisa terus membuat konten-konten bermanfaat.

Nih buat jajan

8 thoughts on “Mengatasi Laptop yang Tidak Bisa Konek ke Wifi”

  1. klo lagi ke foodcourt suka kepingin numpang waifai-an gitu, padahal mah bawa modem dan bisa pake hotspotan henfon *emakirits … biasanya klo gagal koneksi di foodcourt gara2 enggak dapet password, akhirnya pakek modem sendiri lol

    Reply
  2. Dua hari lalu baru mengalami ini. Komputer di rumah gak bisa konek ke wi-fi Indihome. Tiba-tiba aja mati gak bisa koneksi. Padahal biasanya bisa. Udah diutak-atik sesuai instruksi Teteh di atas tetap gak bisa. Router dan komputer udah di restart berkali-kali, tetap aja mati. Puyeng dah. Akhirnya panggil teknisi Telkom buat benerin. Selesai deh perkarta. 🙂 🙂
    Ternyata katanya ada settingan wi-fi yang salah.

    Reply
  3. kak aku kadang bisa connect kadang engga aku pake cara kakak bisa namun no internet access sama kalau aku kaya hotspot dari hp ni bisa langsung konek tapi kalau ke wifi rumah gabisa kenapa yaa

    Reply

Leave a Comment

You cannot copy content of this page