Di era teknologi seperti sekarang ini, kita hampir bisa melakukan semua hal dengan mudah, termasuk pasang iklan jual rumah online. Tapi, apakah menjual rumah tanpa perantara agen properti adalah cara yang efektif agar rumah cepat laku?

Well, di artikel kali ini saya ingin mengajak Anda untuk ngobrol-ngrobrol soal website dan aplikasi untuk memudahkan Anda menemukan dan memasarkan properti.

Jual Rumah Online Atau Pakai Agen?

Seperti pada umumnya, semua pilihan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Mari, kita coba bandingkan kelebihan dan kekurangan baik jual rumah online maupun jual rumah pakai agen.

Jika Anda pasang iklan jual rumah online, ada beberapa kelebihan yang bisa Anda dapatkan.

Anda tidak perlu keluar biaya tambahan untuk membayar jasa agen properti. Meski tentu saja itu berarti Anda harus mengeluarkan tenaga ekstra untuk mengurus jual beli rumah sendiri.

Hal ini tidak jadi masalah jika anda memang bersedia dan memiliki waktu luang. Tapi, sebenarnya mengurus jual beli rumah itu tidak seribet yang Anda pikirkan, lho! Hal ini bisa Anda mulai dengan pasang iklan jual rumah online di situs-situs properti.

Di sini, semua fitur jual rumah bisa Anda dapatkan tanpa perlu mengeluarkan biaya. Gratis! Tidak heran jika banyak orang memilih pasang iklan jual rumah online untuk menjual rumahnya.

Bagaimana, tidak? Sekarang, apapun bisa dicari lewat internet. Bahkan, internet adalah tempat semua orang mencari “pertolongan pertama”.

Ketika seseorang ingin mengetahui suatu hal, kemungkinan besar ia akan mengambil smartphone-nya lalu membuka browser dan mengetik apa yang ingin ia ketahui di kolom pencarian Google.

Sama halnya ketika orang ingin mencari rumah. Apakah Anda pikir, ketika keinginan mencari rumah terbesit di otak seseorang, ia akan langsung menghubungi agen properti terdekat dan meminta bantuan?

Tidak. Ia akan mengambil smartphone-nya dan mencari tahu soal rumah dijual di lokasi yang ia inginkan sebagai gambaran. Inilah mengapa pasang iklan jual rumah online sangatlah penting jika Anda ingin properti Anda itu cepat laku.

Tentu saja, bukan berarti menyewa jasa agen properti lalu tidak ada nilai positifnya. Bagaimana pun, agen properti adalah seorang profesional yang mengerti betul tentang bidangnya. Salah satu informasi yang mungkin tidak Anda miliki dan agen properti miliki adalah kisaran harga pasar.

Kisaran harga pasar properti memang hal yang cukup sulit untuk dipahami, terlebih jika kita tak memiliki pengalaman di bidangnya. Jangan sampai kita menjual properti dengan harga yang terlalu tinggi atau terlalu rendah dari kisaran harga pasar.

Itulah mengapa saat Anda ingin pasang iklan jual rumah online, setidaknya Anda harus ketahui juga harga rumah di sekitar lokasi. Anda dapat mengecek iklan-iklan lain yang sudah tayang untuk rumah di lokasi sekitar rumah Anda.

Dengan demikian, Anda bisa tahu dan mengira-ngira berapakah harga jual rumah Anda saat ini. Memasarkan rumah dengan harga yang tepat tentu memberikan kesempatan terjual yang lebih cepat.

Cara Pasang Iklan Jual Rumah Gratis

Cara Pasang Iklan Jual Rumah Gratis

Nah, lalu bagaimana sih cara pasang iklan jual rumah online ini? Seperti yang sebelumnya disebutkan, Anda bisa memanfaatkan situs-situs properti yang ada di Indonesia. Salah satu yang paling populer adalah www.99.co/id, di sana banyak sekali iklan jual beli rumah yang bisa Anda temui.

Cara pasang iklan jual rumah online di sini pun sangatlah mudah dan tak memakan banyak waktu. Anda hanya perlu mendaftar di website-nya lalu langsung bisa membuat iklan sendiri. Bahkan, Anda bisa meminta bantuan orang 99.co Indonesia untuk membuat iklan jual rumah.

Ada beberapa hal yang perlu Anda lengkapi untuk pasag iklan jual rumah online. Di antaranya:

  • Foto rumah.
  • Deskripsi dan spesifikasi.
  • Lokasi
  • Harga.

Bahkan, dengan nominal yang Anda pasang, secara otomatis akan terlihat simulasi cicilan pembayaran yang bisa diambil oleh pembeli. Hal ini sangat membantu para pencari rumah karena mereka langsung bisa membayangkan kira-kira berapa jumlah yang harus dikeluarkan setiap bulan jika ia membeli rumah yang Anda jual.

Memang pasang iklan jual rumah online adalah cara jual beli rumah yang menguntungkan bagi penjual maupun calon pembeli. Itulah kenapa cara ini sangat diminati. Tapi, bukan berarti Anda bisa asal-asalan dalam membuat iklannya, lho!

Tip Membuat Iklan Jual Rumah Online

Tentu saja ada hal-hal yang perlu Anda perhatikan saat Anda pasang iklan jual rumah online. Karena seperti yang sebelumnya disebutkan, kemudahan yang ditawarkan situs properti membuat banyak orang pasang iklan jual rumah online. Itu artinya, iklan Anda akan bersaing dengan banyak iklan lainnya.

Itulah mengapa Anda harus membuat iklan terbaik yang tidak akan kalah dengan iklan jual rumah lainnya. Bagaimana caranya? Simak tip membuat iklan jual rumah online ini, ya!

1. Foto Produk

Layaknya jual beli online lain, foto produk memegang peran yang sangat penting dalam iklan. Sama seperti jika Anda ingin pasang iklan jual rumah online. Anda mesti menggunakan foto terbaik rumah.

Bagaimana kah foto yang baik itu? Harus ada foto tampak depan rumah. Letakkan di bagian depan iklan karena karena foto inilah yang akan menentukan apakah calon pembeli tertarik atau tidak.

Pastikan juga Anda menangkap seluruh bagian dan ruangan rumah dengan baik dalam foto-foto yang digunakan. Ambilah foto dalam bentuk landscape dan hanya pada siang hari ketika pencahayaan sedang baik.

2. Konten Iklan

Setelah Anda menyelesaikan visual iklan, barulah Anda perhatikan lagi isi atau konten iklan Anda. Spesifikasi dan deskripsi rumah dijual haruslah jelas dan menarik. Informasi dalam bentuk deskripsi naratif lebih dianjurkan disamping spesifikasi rumah yang bisa ditulis dalam poin-poin.

3. Lokasi

Cantumkan lokasi dengan detail. Akses jalan, fasilitas umum di sekitar, hingga tingkat kriminalitas lingkungan. Ketika membuat iklan jual rumah online, coba berpikir seperti seseorang yang hendak mencari rumah. Apa saja kira-kira yang ingin orang ketahui untuk memilih sebuah hunian?

4. Kontak

Agar memudahkan calon pembeli, cantumkan nomor kontak yang bisa dihubungi. Dengan banyaknya pilihan yang ditemukan oleh pencari rumah, kemungkinan besar ia akan langsung menghubungi kontak pilihan yang lain dan meninggalkan iklan jual rumah yang Anda pasang.


Itu artinya, Anda harus mencoba menawarkan iklan juga pelayanan terbaik agar tak kalah dengan orang lain yang juga memasang iklan jual rumah online. Asal tahu bagaimana cara yang benar untuk memasang iklan jual rumah online, memang kemungkinan cepat terjualnya semakin besar, kan?

Salam,
~eL

Share This