Pentingnya Memiliki Asuransi Mobil Collision Coverage

Asuransi Mobil Collision Coverage

Dewasa ini, banyak sekali masyarakat yang memilih mobil sebagai kendaraan pribadinya untuk beraktivitas. Memiliki mobil pribadi menjadi impian bagi semua orang karena dengan begitu bisa mencapai segala tujuan dengan mudah dan cepat. Mengingat banyaknya risiko dimana-mana dan mobil kesayangan tetap harus dirawat dengan baik, penggunaan asuransi menjadi salah satu alternatifnya. Banyak sekali jenis asuransi, seperti asuransi mobil Collision Coverage, TLO, All Risk, Personal Injury Protection, dan Liability Insurance.

Perawatan mobil menjadi sangat penting agar umur mobil menjadi lebih tahan lama. Dengan memilih jaminan perlindungan terbaik seperti asuransi, tidak hanya mobil saja yang terlindungi namun juga kesehatan finansial Anda. Lalu, bagaimanakah cara menentukan asuransi yang tepat untuk mobil kesayangan Anda?


Tips Memilih Asuransi Mobil

Asuransi mobil merupakan perlindungan khusus yang akan menjamin risiko kecelakaan dan kerusakan mobil yang diselenggarakan oleh perusahaan asuransi. Jadi, saat Anda memiliki asuransi mobil, berarti risiko dipindahkan kepada pihak penyelenggara asuransi. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, berikut tips memilih asuransi mobil online.

1. Memiliki Rekanan Bengkel

Asuransi yang kredibel akan memiliki banyak rekanan bengkel, tidak hanya banyak tapi juga luas. Anda perlu perhatikan apakah perusahaan asuransi tersebut memiliki jaringan bekel yang luas dan berkualitas. Manfaat dari jaringannya yang luas, Anda akan lebih leluasa untuk menentukan bengkel mobil terbaik untuk perbaikan mobil.

2. Amati Rekam Jejak Perusahaan

Track record perusahaan yang baik menjadi suatu penilaian tersendiri bagi calon nasabah. Anda bisa mencari review dari nasabah terdahulu yang sudah menggunakan produk mereka untuk menambah referensi pertimbangan. Pastikan bahwa perusahaan sudah diakui dan dimonitori oleh lembaga tertentu seperti OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Pasalnya, masih banyak perusahaan asuransi yang belum terdaftar di OJK. Anda dapat mengecek perusahaan asuransi yang sudah terdaftar di OJK dengan mengunjungi situs www.ojk.go.id. Kamu juga dapat memilih Asuransi Astra karena sudah terpercaya dan terdaftar di OJK.

3. Tidak Tergiur Premi Rendah

Mendapat tawaran harga premi yang rendah? Jangan mudah tergiur ya! Dalam memilih asuransi, Anda harus teliti dan jangan sampai nantinya malah merugikan Anda!

Selain ketiga hal di atas, Anda perlu mempertimbangkan perusahaan yang memiliki kekuatan keuangan dan jasa biaya atau beban. Karena kedua faktor ini sangat penting bagi Anda, terlebih jika Anda tinggal di kota padat. Setelah mengetahui tips bagaimana memilih asuransi mobil, berikut jenis asuransi kendaraan.


Jenis-Jenis Asuransi Kendaraan

1. Asuransi Mobil Collision Coverage

Asuransi ini dikhususkan untuk menanggung kerusakan parah yang terjadi akibat dari kesalahan pengemudi dan Anda berada di dalam mobil yang sedang Anda kendarai. Dengan catatan, kecelakaan tersebut menyebabkan kerusakan yang sangat parah sehingga biaya perbaikan mobil melebihi harga jual mobil tersebut. Asuransi mobil Collision Coverage ini biasanya digandrungi oleh pemilik mobil mewah eksklusif yang memiliki harga fantastis.

2. Comprehensive Coverage

Asuransi ini menjamin kemungkinan risiko buruk yang terjadi pada mobil Anda. Jenis asuransi ini juga biasa disebut dengan asuransi All-Risk karena menanggung dari kerusakan ringan sekalipun.

3. Personal Injury Protection

Disebut juga dengan asuransi PIP yang mana merupakan perlindungan atau jaminan kecelakaan terhadap diri sendiri. Biaya tambahannya akan diberikan oleh perusahaan asuransi kepada pengemudi dan penumpangnya.

4. Liability Insurance

Jenis asuransi ini hampir mirip dengan asuransi mobil Collision Coverage karena memberikan jaminan saat terjadi kecelakaan mobil yang Anda kendarai. Selain perbaikan mobil, tagihan medis atau cedera akibat kecelakaan tersebut juga ditanggung oleh asuransi ini.


Asuransi Terbaik Untuk Kendaraan Mewah dan Eksklusif

Mengingat harga jual mobil mewah dan eksklusif sangatlah mahal, pemilik kendaraan mewah dapat memilih asuransi mobil Collision Coverage karena akan menjamin biaya untuk perbaikan mobil Anda. Selain mobil mewah, asuransi ini juga menjadi rekomendasi jenis asuransi untuk mobil tua antik. Di beberapa negara, asuransi ini dapat diklaim jika Anda yang bersalah atau mobil rusak tanpa diketahui penyebabnya apa dan siapa yang menyebabkan seperti itu.

Biasanya, klaim dapat diajukan jika memang benar dan dapat dibuktikan bahwa mobil Anda telah menabrak mobil lain atau menabrak benda mati. Tabrakan apa saja yang dapat diklaim oleh asuransi Collision Coverage? Tidak semua kejadian tabrakan dapat diklaim oleh asuransi ini. Ada beberapa pertimbangan seperti mobil yang menabrak pohon, lubang, dan kecelakaan antar mobil (setidaknya melibatkan satu mobil lainnya).

Harapan yang ingin dicapai oleh pemilik kendaraan dengan asuransi Collision Coverage ini adalah kendaraan mereka yang rusak akibat kecelakaan dapat kembali seperti semula sebelum terjadinya kecelakaan. Mengingat keselamatan saat berkendara adalah hal yang sangat penting, maka memiliki asuransi mobil bisa menjadi pilihan terbaik. Karena dengan memilih asuransi mobil Collision Coverage di Asuransi Garda Oto, jaminan riil untuk perlindungan mobil dan diri Anda. (eL/Foto: Freepik)

Foto Langit Amaravati

Langit Amaravati

Web developer, graphic designer, techno blogger.

Peminum kopi fundamentalis. Hobi mendengarkan lagu dangdut koplo dan lagu campursari. Jika tidak sedang ngoding dan melayout buku, biasanya Langit melukis, belajar bahasa pemrograman baru, atau meracau di Twitter.

Related Posts

Perbedaan search engine dan browser

Bung, Browser dan Search Engine itu Beda, Beda!

Cara kerja search engine

Cara Kerja Search Engine

Cara menggunakan VPN

Cara Mudah dan Aman Menggunakan VPN di HP dan Laptop

Tinggalkan komentar

Traktir Kopi

Suka dengan artikel-artikel di blog ini dan merasa mendapatkan manfaat? Traktir saya kopi agar saya bisa terus berkarya. Terima kasih. :)

Nih buat jajan