Peranan Penting Desain Logo dalam Bisnis Online

Jan 8, 2021 | ART & DESIGN, DESIGN | 0 comments

Istilah logo telah dikenal lama sekali. Pertama kali dikenal pada tahun 1810-1840 dengan istilah logotype, berartitulisan nama entitas yang didesain khusus dengan menggunakan lettering atau memakai jenis huruf tertentu.

Pada tahun 1937, istilah logotype dipersingkat menjadi “logo” saja. Diambil dari bahasa Yunani “logos” yang berarti kata, pikiran, pembicaraan, akal budi. Istilah inilah yang kita kenal sampai hari ini, berarti gambar atau simbol pada identitas visual.

Pada perjalanannya, logo mengalami semacam perluasan makna, pun dengan elemen-elemen yang membentuknya. Desain logo sendiri berkembang dari tahun ke tahun, seiring dengan perkembangan bidang desain grafis dan marketing.


Peranan Logo untuk Bisnis

Bagi perusahaan atau bisnis, logo memiliki peranan yang teramat krusial. Tapi jika Anda berpikir bahwa logo hanya penting untuk bisnis-bisnis berskala besar, sebaiknya Anda berpikir ulang. Logo memegang peranan penting tak peduli skala bisnis, bisnis offline atau online, jenis produk, dan sebagainya.

1. Branding

Branding atau membangun brand terdiri dari banyak strategi, salah satunya dengan menciptakan identitas visual yaitu logo. Saking pentingnya sebuah logo, diperlukan perencanaan yang matang dan kerja sama antara pemilik brand atau perusahaan dengan desainer.    

3. Pembeda dari Kompetitor

Menurut kamus Merriam-Webster, logo merupakan simbol yang digunakan untuk mengidentifikasi sebuah perusahaan yang muncul dalam produknya. Jika mengacu pada pengertian ini, logo berfungsi sebagai identitas yang membedakan antara satu perusahaan dengan perusahaan lainnya.

Nah, di tengah ribuan bisnis online dan produknya, logo menjadi “alat pengenal” agar bisnis online Anda stand out from the crowd.

3. Menarik Konsumen Baru

Jika branding melalui logo berhasil, bisnis online Anda dan produknya akan semakin dikenal oleh calon konsumen. Semakin dikenal sebuah brand, maka akan berpotensi menarik konsumen baru.  

4. Membangun Kepercayaan

Logo yang didesain dengan baik juga akan meningkatkan kepercayaan konsumen dan calon konsumen terhadap bisnis online Anda.


Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Mendesain Logo

Ketika membuat desain logo untuk branding, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

1. Orisinal dan Unik

Sebagai desainer saya mengerti bahwa tidak ada ide yang benar-benar baru di muka bumi ini, tapi karena logo merepresentasikan bisnis online Anda, maka logo mesti orisinal. Hindari meniru atau sekadar menyadur dari logo-logo yang sudah pernah ada.

Hal ini bertujuan agar logo Anda mudah dikenali dan dibedakan dari bisnis lain. Juga agar Anda tidak tersandung masalah hukum atau HAKI.

2. Sederhana

Sederhana dalam arti mudah diingat dan dikenali. Hindari membuat logo dengan bentuk yang rumit karena selain sulit dikenali oleh calon konsumen, juga menyulitkan dari sisi teknis. Maksud saya begini, logo ketika dimasukkan dalam berbagai media atau produk desain, ukurannya kecil kan. Nah, jika bentuknya rumit atau malah mirip ukiran, detail-detailnya tidak akan terlihat.  

3. Fleksibel

Logo bisnis mesti fleksibel agar bisa digunakan dalam berbagai media. Misalnya, untuk plang toko, pamflet, kops surat, cap, media sosial, dan sebagainya. Seorang pembuat logo atau desainer logo biasanya mengerti tentang hal ini, jadi sebagai pemilik brand Anda hanya perlu memastikan bahwa logo bisnis Anda lengkap dalam berbagai format dan warna.

4. Informatif dan Relevan

Bukan hanya berkaitan dengan bisnis sebagai brand, tapi juga berisi informasi produk apa yang ditawarkan. Poin ini bisa bersifat ambigu sebetulnya karena informatif tidak selalu harus eksplisit. Misalnya, bisnis yang bergerak di bidang teknologi tidak selalu punya logo yang berkaitan langsung dengan itu. Bisnis yang bergerak di bidang makanan tidak selalu punya logo berbentuk makanan.

Contoh: Evernote dengan logo kepala gajah.

Evernote bergerak di bidang SaaS (Software as a service) dengan produk software task management, kenapa logonya malah gajah? Kenapa bukan mouse, keyboard, atau clipboard? Karena ada filosofi di balik logo gajah itu sendiri. Gajah dikenal dengan hewan yang tak pernah lupa, begitu juga dengan produk mereka: untuk mencatat dan menyimpan.

Kesimpulannya, logo yang informatif tidak harus eksplisit tapi tetap harus relevan.     


Demikian ngobrol-ngobrol tentang desain logo kali ini. Semoga bermanfaat.

Salam,

~eL

Traktir Kopi!

 

Suka dan merasa konten di blog ini berguna buat Anda?

Traktir saya kopi supaya saya bisa terus membuat konten-konten yang bermanfaat.

Thank you. 🙂

 

Nih buat jajan

Related Articles

Tools yang Berguna untuk Blogger Non-desainer

Tools yang Berguna untuk Blogger Non-desainer

Sebagai blogger, Anda tentu kerap bersinggungan dengan ngedit foto, membuat infografis, dan elemen pendukung tulisan lainnya. Tapi, bagaimana jika Anda tidak punya software desain dan/atau tidak bisa mempergunakannya? Jangan khawatir, dengan kecanggihan teknologi, hal...

Tip Membuat Desain Portofolio

Tip Membuat Desain Portofolio

Bagi sebagian besar profesi, portofolio amatlah penting. Saking pentingnya, desain portofolio menjadi gerbang pertama yang akan menentukan karier kita di masa depan. Di dalam portofolio kita bisa "pamer" pendidikan, keahlian, pengalaman kerja, dan -tentu saja- karya....

Garis

Garis

Setiap kali ditanya apakah saya bisa menggambar atau tidak, jawabannya tetap sama: TIDAK. Bukan karena humble brag atau merendah untuk meninggi melainkan karena memang betul-betul tidak bisa. Lalu bagaimana saya bisa jadi desainer tanpa kemampuan menggambar?...

Comments

0 Comments

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *