Di toko-toko aksesori HP kita sering kali mendengar istilah-istilah yang kadang membuat kita rancu, yaitu earphone, headphone dan juga headphone. Namun, tahukah Anda bahwa ketiga perangkat ini sebenarnya memiliki perbedaan tertentu yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan? Berikut ini saya  rangkum perbedaan earphone, headphone, dan headset Philips:

1. Earphone

Sadar atau tidak sadar, sebenarnya aksesori umum yang biasa diberikan ketika kita membeli HP baru adalah perangkat earphone. Namun orang-orang sering kali salah menyebutnya dengan headset. Earphone sendiri didesain khusus dengan adanya mini speaker yang dipasang di lubang telinga sehingga audio yang dihasilkan pun terfokus ke dalam lubang telinga.

Dibandingkan dua perangkat lainnya, earphone memiliki beberapa kelebihan. Misalnya, kita tidak perlu menyetel audio dengan volume yang besar. Karena ukurannya yang kecil dan tidak mengganggu aktivitas, earphone juga cocok digunakan di segala kondisi dan dibawa ke mana pun. Bukan itu saja, earphone memiliki beberapa jenis desain yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Contohnya, earphone untuk olahraga yang membentuk kaitan dan bisa dipasang melingkari daun telinga sehingga tidak mudah lepas. Ada juga earphone wireless atau bluetooth yang bisa digunakan tanpa kabel.

Namun, kekurangan earphone seperti mini speaker kecil yang langsung dipasang di lubang telinga terkadang menyebabkan lubang telinga terasa sakit jika digunakan dalam waktu lama. Penggunaan earphone dengan volume besar sangat tidak disarankan karena dapat merusak gendang telinga akibat audio langsung terfokus masuk ke dalam lubang telinga.

2. Headset

Headset umumnya didesain dengan adanya cup berukuran besar yang dapat menutupi seluruh daun telinga. Namun, ada satu hal utama yang membedakan perangkat ini dengan aksesori lainnya yaitu adanya mikrofon kecil yang dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan lawan bicara. Umumnya, headset digunakan oleh pekerja di bagian pelayanan pelanggan (customer service) dan para gamer. Salah satu produk headset terbaik yang dapat Anda pertimbangkan adalah headset Philips.

Kelebihan headset ialah adanya cup membuatnya dapat menghalau suara yang mengganggu dari lingkungan, recommended untuk bermain game. Kekurangan headset meski tidak menggunakan mini speaker terfokus seperti earphone, namun Anda tetap disarankan untuk tidak menggunakannya dalam jangka waktu lama karena tidak baik untuk pendengaran, kekuatan bass terbatas.

3. Headphone

Headphone dirancang khusus untuk menghasilkan audio bertenaga yang sangat bagus untuk Anda para penikmat musik. Headphone sendiri berbeda dari headset karena tidak dilengkapi dengan mikrofon untuk berbicara. Ada dua jenis headphone dilihat dari bentuk perangkatnya, yang pertama adalah jenis headphone dengan cup penuh menutupi seluruh daun telinga, yang kedua adalah jenis earphone seperti yang telah diulas sebelumnya.

Kelebihan headphone seperti headphone penuh lebih nyaman di telinga karena terdapat celah untuk sirkulasi udara sehingga tidak menekan telinga pemakainya, kualitas audio sangat jernih dan tajam. Sedangkan kekurangan dari headphone seperti kurang cocok bagi Anda yang mobile karena ukurannya yang besar cukup merepotkan untuk dibawa, terlalu lama pemakaian menyebabkan telinga memerah dan panas.

Pilihan Produk Terlengkap Hanya di Bukalapak

Bukalapak telah dikenal sejak bertahun-tahun sebagai marketplace besar di Indonesia yang menyediakan beragam produk kebutuhan sehari-hari. Di Bukalapak, Anda dapat menemukan pilihan produk yang dibutuhkan sesuai dengan kategori produk yang telah disediakan. Anda dapat memilih kategori produk mulai dari kebutuhan dapur, peralatan elektronik rumah tangga, gadget, laptop, aksesoris HP dan masih banyak lagi. Di sini Anda dapat menemukan aksesori HP seperti earphone, headphone dan headset Philips dengan seri yang lengkap. Belum lagi dengan adanya promo meriah membuat harga produk seperti headset Philips lebih murah.

Salam,

~eL

 

Share This