Cara Mengoptimalkan Potensi Influencer Marketing Bagi Pemula

Mar 23, 2021 | TECHNOLOGY | 0 comments

Strategi marketing di era digital kian beragam. Pemilik website di hosting WordPress Indonesia murah kini bisa mencoba berbagai metode untuk mengoptimalkan pemasaran. Salah satu yang paling populer saat ini yaitu memanfaatkan social media influencer.

Influencer menjadi pilihan promosi untuk produk maupun jasa agar mudah dikenal banyak orang. Strategi ini tergolong ampuh untuk pemilik website WordPress Indonesia. Tertarik ingin mencobanya? Simak penjelasan dan caranya hanya di sini.


Apa Itu Social Media Influencer?

Istilah social media influencer yaitu untuk seseorang yang memiliki subscriber atau follower yang banyak. Biasanya mereka datang dari kalangan selebritas, blogger, pakar, hingga selebgram.

Mereka umumnya memiliki lingkaran sosial yang begitu besar. Itulah salah satu alasan kenapa kepopuleran mereka bagus dimanfaatkan untuk strategi pemasaran. Bahkan, mereka memiliki kemampuan untuk mempengaruhi pengikutnya agar mau mendengarkan mereka.


Kenapa Harus Memanfaatkan Influencer?

Pemasaran kini tidak sebatas melalui email Indonesia saja. Kini, Anda harus mulai membuka diri untuk memanfaatkan pengaruh besar dari seorang influencer. Kenapa demikian? Berikut alasannya:

1. Mengenalkan Produk/Jasa Secara Luas

Ketika Anda bekerja sama dengan seorang influencer, mereka akan mengenalkan bisnis Anda dengan mudah. Pasalnya, mereka memiliki jumlah followers yang banyak. Jumlah followers mereka bahkan tidak tanggung-tanggung.

Bahkan, ada banyak influencer yang memiliki followers hingga jutaan, lho. Angka tersebut lebih bernilai dibandingkan dengan sistem email marketing dengan memanfaatkan hosting email Indonesia

Bayangkan jika produk/jasa milik Anda, dikenalkan kepada lebih dari ratusan ribu hingga jutaan orang? Efeknya tentu akan sangat luar biasa.

2. Mendekatkan Produk/Jasa Kepada Konsumen

Ulasan dari seorang influencer berpengaruh positif untuk produk maupun jasa Anda. Mereka akan menjelaskannya secara detail kepada orang lain. Dengan begitu, masyarakat mudah memahami dan mengenali produk maupun jasa yang Anda tawarkan.Artinya, konsumen akan merasa lebih dekat karena sudah mengenal apa yang Anda tawarkan. Anda bisa meminta seorang influencer untuk mengenalkannya secara detail kepada mereka.

3. Meningkatkan Kepercayaan Customer

Anda juga bisa memanfaatkan mereka untuk membangun kepercayaan customer. Terlebih jika orang yang Anda tunjuk sudah berpengalaman dalam mengenalkan dan membangun kepercayaan suatu produk maupun jasa.

Baca juga: Cara Cek dan Memilih Nama Domain Website

Di lain sisi, saat ini banyak sekali influencer yang juga sudah paham bagaimana mengimplementasikan soft selling. Selain itu, mereka juga sudah paham strategi menyampaikan materi promosi secara profesional.

4. Biaya Promosi yang Ringan

Promosi Anda bisa menjangkau ribuan, ratusan ribu, bahkan jutaan orang tanpa perlu mengeluarkan biaya mahal. Karena, harga layanan promosi melalui influencer cukup kompetitif.

Meski begitu, harga jasa yang ditawarkan cukup beragam. Semakin besar pengaruh mereka, maka harganya pun semakin tinggi. Influencer dengan jumlah followers ribuan, harganya lebih murah dibandingkan mereka yang memiliki followers ratusan ribu.

Untuk mengetahui ratecard mereka, Anda bisa menghubungi influencer secara langsung, manajer, atau agensi.

 5. Jumlah Followers

Jasa mereka tidak hanya berpengaruh pada pemasaran saja. Produk maupun jasa yang mereka iklankan, juga berdampak bagus untuk media sosial Anda yang digunakan untuk bisnis.

Setelah dipromosikan, tidak menutup kemungkinan akun media sosial bisnis Anda mendapatkan banyak followers.

Semakin banyak followers, tentu akan semakin bagus untuk bisnis Anda. Hal ini juga berpengaruh terhadap kepercayaan customer kepada Anda.

6. Mendapatkan Testimoni dari Orang yang Berpengaruh

Banyak konsep promosi melalui seorang influencer. Salah satunya yaitu promosi berbentuk ulasan. Contohnya, Anda meminta seorang influencer untuk mempromosikan produk makanan.

Nah, mereka akan mencoba makanan Anda sambil mengatakan bahwa makanan Anda sangat enak. Nah, gaya promosi semacam ini, akan menambah testimoni produk milik Anda.

Mendapatkan testimoni dari orang berpengaruh memiliki nilai tambah yang positif. Hal ini akan berdampak besar bagi bisnis Anda di kemudian hari.


Cara Mengoptimalkan Promosi Melalui Influencer

Tertarik menggunakan jasa mereka? Bagi yang tertarik, saya punya tip untuk Anda agar bisa mengoptimalkan promosi. Yuk, langsung intip penjelasan berikut ini:

1. Pilih Influencer  yang Tepat

Banyak sekali influencer yang memiliki ribuan atau bahkan jutaan followers di Indonesia. Namun, tidak semua mungkin cocok untuk mempromosikan bisnis yang sedang Anda kembangkan.

Sederhananya, jumlah followers bukanlah penilaian utama. Anda juga harus memperhatikan aspek lain saat memilihnya. Salah satunya yaitu aspek relevansi. 

Contohnya Anda adalah seorang penjual hijab. Akan lebih optimal jika Anda memilih seorang influencer hijaber untuk mengenalkan produk Anda. Cara ini jauh lebih berpengaruh terhadap pemasaran.

2. Fokus Pada Call to Action

Pesan saat menyampaikan promosi sangat penting untuk meningkatkan peluang penjualan. Pastikan pesan yang disampaikan tidak membingungkan customer. Fokuskan saja pada call to action atau CTA.

Pilih satu CTA yang tepat dan jelas untuk dipromosikan oleh influencer yang Anda pilih. Contoh dan perhatikan beberapa brand ternama saat melakukan promosi melalui influencer.

Pesan promosi dari brand ternama, biasanya sudah disusun secara matang. Itulah kenapa, Anda harus sering-sering memperhatikan gaya promosi dan CTA yang digunakan oleh mereka.

3. Berikan Influencer Kebebasan Berekspresi

Jangan terlalu memegang kendali pada influencer terkait pembuatan video promosi. Biarkanlah mereka berekspresi sesuai dengan keahlian dan passion mereka. Jika Anda terlalu banyak menuntut, kemungkinan konten yang mereka buat tidak akan optimal.

Baca juga: 3 Langkah Mudah Membuat Buyer Persona

Di lain sisi, followers umumnya menyukai konten yang mereka buat. Jadi, biarkan mereka membuat suatu konten yang memang sudah disukai oleh para followers. Dengan begitu, iklan yang Anda buat pun akan lebih optimal.

Kendati demikian, hal tersebut bukan berarti mereka memegang kendali kampanye Anda sepenuhnya. Anda juga bisa memberi mereka batasan-batasan. Selain itu, beri tahu juga tujuan apa yang ingin dicapai dari promosi tersebut.

4. Minta Influencer Membuat Video Ulasan yang Detail

Sebelum menjelaskan kepada customer, influencer harus tahu detail tentang produk maupun jasa milik Anda. Dengan begitu, mereka bisa menjelaskan secara detail kepada followers.

Beritahu mereka tentang produk atau jasa Anda secara menyeluruh. Setelah itu, mintalah mereka untuk menjelaskannya kepada followers. Cara ini sangat ampuh untuk mengenalkan apa yang Anda tawarkan kepada konsumen.

Umumnya, customer juga suka bentuk promosi yang natural. Artinya, bukan jenis promosi yang diiklankan dengan hanya membaca teks. 

5. Melacak Performa Hasil Promosi Para Influencer

Jika Anda menggunakan lebih dari dua influencer, maka wajib untuk melacak performa mereka. Cara ini untuk mengukur seberapa baik kinerja mereka dalam membantu pemasaran.

Jika menggunakan lebih dari dua, tentu akan sulit menilai influencer mana yang memberikan dampak bagus. Sistem pelacakan ini dikenal dengan sebutan ROI (Return on Investment).

Ada beberapa cara mengukur performa influencer melalui metode ROI. Beberapa di antaranya yaitu melalui Tracking Pixels, link afiliasi, kode kupon, tautan yang ada di dalam video Youtube, dan lainnya.

Baca juga: Cara Optimasi SEO Pencarian Konten Melalui Suara


Dengan cara di atas, kini Anda bisa mengoptimalkan performa influencer marketing yang dipilih. Tujuannya agar bisnis yang dikembangkan melalui website WordPress Indonesia milik Anda kebanjiran orderan.

Selamat mencoba. 

Salam,
~eL

Related Articles

Cara Cek dan Memilih Nama Domain Website

Cara Cek dan Memilih Nama Domain Website

Meski terkesan sederhana, nama domain memiliki peran penting dalam sebuah digital marketing. Nama domain kita nantinya akan digunakan untuk mengakses website oleh para klien/customer. Maka dari itu, perhatikanlah nama sebaik mungkin, dan cek domain website sebelum...

Cara Membuat Powerbank Anda Terlihat Stylish

Cara Membuat Powerbank Anda Terlihat Stylish

Powerbank adalah produk yang memudahkan Anda dalam mengisi daya di dalam smartphone. Anda dapat mengisi daya menjadi lebih praktis tanpa perlu mencari colokan yang cukup merepotkan. Selain digunakan untuk mengisi daya, powerbank sudah semakin baik dari waktu ke waktu....

3 Langkah Mudah Membuat Buyer Persona

3 Langkah Mudah Membuat Buyer Persona

Istilah buyer persona dikenal di dunia digital marketing sebagai representasi dari segmentasi target pelanggan dalam sebuah bisnis. Seperti yang kita ketahui dalam membangun sebuah bisnis, strategi yang diperlukan bukan hanya tentang promosi dan marketing, akan tetapi...

Comments

0 Comments

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *