Tools yang Berguna untuk Blogger Non-desainer

Jul 3, 2021 | ART & DESIGN, BLOGGING, DESIGN | 0 comments

Sebagai blogger, Anda tentu kerap bersinggungan dengan ngedit foto, membuat infografis, dan elemen pendukung tulisan lainnya. Tapi, bagaimana jika Anda tidak punya software desain dan/atau tidak bisa mempergunakannya? Jangan khawatir, dengan kecanggihan teknologi, hal tersebut bisa diatasi.

Selain Canva dan Adobe Sparks, ada beberapa tool atau software desain berbasis web dan aplikasi yang bisa Anda pergunakan.


Tool Desain untuk Blogger

Banyak sekali software desain gratis yang bisa digunakan secara online. Berikut daftar tool untuk membantu Anda membuat elemen pendukung artikel blog.

1. Freepik Editor

Freepik Editor

Persis seperti Canva, saya bahkan curiga bahwa Freepik sengaja membuat ini untuk menyaingi hegemoni Canva. Tapi sebagai pengguna, kita sih senang-senang saja karena itu artinya akan lebih banyak pilihan dan software yang bisa digunakan.

Di Freepik Editor, tersedia template yang bisa digunakan, meski sepertinya belum terlalu banyak. Tapi mengingat Freepik punya lebih banyak resource, Anda akan lebih terbantu.

2. Mockupbro

Mockupbro

Untuk membuat mockup. Biasanya untuk membuat mockup harus menggunakan Photoshop, sekarang bisa online meski pilihan template-nya masih terbatas. Tapi saya kira untuk blog mah cukup lah.

3. Flaticon

Flaticon

Sesuai namanya, ini adalah icon library. Misalnya, Anda mau membuat infografis di Canva tapi tidak menemukan ikon yg dibutuhkan, bisa ngambil dari sini. Bisa edit warna dulu lalu save as PNG atau SVG kemudian diunggah ke Canva.

Flaticon merupakan “anak perusahaannya” Freepik, jadi produk yang sama bisa Anda temukan di Freepik, Freepik Editor, dan Slidesgo.

4. Vecteezy Editor

Vecteezy Editor

Belum ada template, tapi Anda bisa digunakan untuk ngedit vektor. Biasanya, untuk ngedit vektor harus pakai Adobe Illustrator atau Corel. Nah, sekarang Anda bisa memakai Vecteezy Editor. Cara pakainya juga lebih mudah.

5. Crop Circle

Crop Circle

Bukan tool mutakhir, tapi siapa tahu Anda butuh untuk membuat image bulat atau apa kek.

6. Image Resizer

Untuk memperkecil size foto tanpa kehilangan kualitas supaya foto Anda tidak lalawora beratnya. Juga agar blog Anda tidak terkena bahaya laten low diskspace.

Catatan: untuk pengguna WordPress, saya tidak menyarankan plugin untuk memperkecil ukuran foto. Jauh lebih baik kalau foto sudah dikompres sebelum diunggah. Too much plugin will kill your site.

7. Animaker

Untuk membua video animasi. Lumayanlah untuk lomba blog.

8. Pixlr

pixlr

“Photoshop” online, tapi sekarang ada template segala. Ada aplikasinya juga.

9. Slidesgo

Slidesgo lebih tepat disebut resource, bukan software karena kita tidak bisa membuat atau ngedit on-site. Di sini Anda bisa mendapatkan template slide (ppt & google slide). Bisa dipakai kalau Anda ngisi materi atau perlu presentasi.

10. Storyset

Nah ini andalan saya. Kalau bikin featured image untuk blog saya ngambil ilustrasinya dari sini. Memang, tidak banyak modifikasi yang bisa kita lakukan selain mengganti warna dan menghilangkan elemen-elemen tertentu. But, so far cukup memadai sebagai resource.


Dari kacamata saya sebagai desainer, daftar software-software yang saya rekomendasikan di atas cukup memadai untuk blogger non-desainer. Tapi jika Anda punya software andalan lain yang bisa dipergunakan dan ingin menambahkan, dengan senang hati saya persilakan.

Salam,
~eL

Traktir Kopi!

 

Suka dan merasa konten di blog ini berguna buat Anda?

Traktir saya kopi supaya saya bisa terus membuat konten-konten yang bermanfaat.

Thank you. 🙂

 

Nih buat jajan

Related Articles

Step by Step Migrasi dari Blogspot ke WordPress Self Hosted

Beberapa waktu lalu kita sudah pernah ngobrol tentang hal-hal yang perlu dipersiapkan sebelum migrasi dari Blogspot ke WordPress. Nah, jika Anda sudah mantap jiwa raga (halah), sekarang kita bahas langkah-langkah migrasinya. Migrasi atau pindah antarplatform layaknya...

Persiapan Sebelum Migrasi dari Blogspot ke WordPress Self Hosted

Banyak hal yang perlu dipertimbangkan dan dipersiapkan sebelum memutuskan untuk migrasi dari Blogspot ke WordPress self hosted. Hal-hal yang perlu dipikirkan matang-matang agar ketika sudah migrasi, blog Anda tidak jadi terbengkalai. Sebelum masuk ke pembahasan, perlu...

Comments

0 Comments

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *