Rice Cooker Cosmos Harmond untuk Nasi yang Lebih Sehat

by | Dec 13, 2019 | ADVERTORIAL, LIFESTYLE | 3 comments

Ngaliwet kayaknya enak, nih,” ide itu tercetus tiba-tiba.

Setelah beberapa menit baru sadar bahwa kemampuan saya memasak setara dengan kemampuan Nia Ramadhani dalam mengupas salak: NOL BESAR.

“Aduh, pan teu boga kastrol. Emang bisa ngaliwet make rice cooker? Kumaha carana?”

Pertanyaan itu terus menggema. Membuat saya berada dalam dilema antara pesan Go-Food masak nasi biasa atau keluar dari zona nyaman dan mencoba hal baru. Karena bayangan nasi liwet dipadu sambal terasi, lalap, dan ikan asin terus menari-nari, maka saya menghubungi Ceu Nisa untuk meminta resep.

Lagipula, barangkali inilah waktu yang tepat untuk menjajal performa (((performa))) rice cooker Cosmos Harmond yang saya miliki. Jika biasanya saya membahas teknologi atau blogging, Anda pasti penasaran kan gimana skill saya di dapur? 😀


Menanak Nasi Liwet dengan Rice Cooker Cosmos Harmond CRJ-6288

Rice cooker Cosmos yang memiliki kapasitas 2 liter ini ternyata bisa banget lho dipakai untuk memasak nasi liwet. Caranya sama seperti ketika memasak nasi biasa. Dalam percobaan pertama, langsung sukses!

Resep Nasi Liwet

Bila Anda kebetulan ingin memasak menu yang sama, berikut resep nasi liwet yang saya dapatkan dari Ceu Nisa.

Bahan-Bahan

  1. 1 liter beras
  2. 200 cc santan kental
  3. 1 batang besar daun bawang iris
  4. 5 siung bawang merah
  5. 1 buah tomat sedang
  6. 1 blok kaldu instan
  7. 1 sdm margarin
  8. 2 lembar daun salam.
  9. 1 batang serai, potong jadi 3 bagian dan pipihkan.

Cara Membuat

  1. Cuci beras sampai bersih. Masukkan ke dalam rice cooker Cosmos Harmond.
  2. Masukkan santan kental, encerkan dengan air sampai ukuran 1 1/4 buku jari
  3. Masukkan kaldu bubuk, aduk hingga larut sempurna.
  4. Masukkan margarin.
  5. Iris semua semua bumbu, taburkan di atas beras. Bisa juga ditambah rawit bila suka pedas.
  6. Nyalakan rice cooker. TONG POHO DIJETREKKEUN! PENTING! 😀
  7. Tunggu hingga matang. Lima menit setelah nasi matang, aduk sebentar.
  8. Selamat menikmati.

Tip Agar Nasi Liwet Tetap Lezat dan Sehat

Sebagai makanan pokok sebagian besar masyarakat Indonesia, nasi menjadi menu utama yang mesti diperhatikan kualitasnya. Kualitas di sini bukan hanya tentang rasa, tapi juga tentang kesehatannya. Berikut beberapa tip untuk menjaga nasi tetap sehat dan pulen.

Pundi, tempat penyimpanan beras Cosmos
Rice Cooker Cosmos Harmond CRJ-6288
  • Cuci beras hingga bersih sebelum dimasak. Eits, tapi mencuci beras tak perlu sampai airnya bening sekali karena justru akan menguras nutrisi beras itu sendiri. Cukup tiga kali pencucian, yang penting beras bersih dari serah (padi yang belum terkupas), kerikil, atau benda asing lainnya.
  • Gunakan gelas ukur untuk takaran yang pas. Beras memiliki karakteristiknya sendiri-sendiri, tapi bagi Anda yang tidak yakin sebaiknya gunakan gelas ukur. Rasio beras dan air 1:2, artinya 1 gelas beras = 2 gelas air. Takaran untuk nasi liwet pun nyaris sama.
  • Aduk nasi 5 menit setelah matang. Hal ini dimaksudkan agar uap air tersebar rata, juga agar nasi lebih pulen.
  • Jangan mencolokkan rice cooker terus menerus. Rice cooker Cosmos Harmond CRJ-6288 memang memiliki mode cooking dan warming, juga dilengkapi dengan tongolan dan thermostat yang menjaga suhu nasi. Tapi memanaskan nasi terus-menerus akan menyebabkan nasi cepat kering. So, sebaiknya cabut colokan beberapa menit setelah nasi matang. Jika akan menghangatkan, cukup colokkan kembali rice cooker 30 menit sebelum maka. Hemat listrik juga, sih. 😀
  • Simpan beras di tempat yang layak. Selain rice cooker, tempat menyimpan beras juga cukup penting. Kebetulan saya juga menggunakan sarana penyimpan beras Cosmos-007-Pundi. Dengan Pundi, tidak khawatir lagi beras berkutu.

Rice Cooker Sehat dan Antigores, Sebuah Testimoni

Selain metode menanak nasi seperti dalam tip di atas, menjaga nasi tetap sehat juga tergantung pada device (gini nih kalau blogger tekno ngomongin masak-memasak, istilahnya suka ngaco 😀 ) yang kita gunakan. Yup, untuk jaga nasi sehat, rice cooker pun berpengaruh pada kesehatan nasi yang kita tanak.

Sebagai pengguna rice cooker Cosmos Harmond, mari saya ceritakan beberapa kelebihannya.

Innerpan Antigores

Ketika menanak nasi, nasi apa pun itu, kita kerap dihadapkan pada sisa kerak atau nasi kering di permukaan innerpan atau panci. Hal ini bisa disebabkan beberapa hal. Dalam kasus ibu pemalas seperti saya, biasanya karena masih ada sedikit sisa nasi tanpa langsung dicuci atau baru dicuci keesokan harinya.

Alhasil, mencucinya jadi susah, kalau memakai sikat kawat, khawatir lapisan innerpan terkelupas. Ini nih yang berbahaya karena Perfluorooctanoic acid (PFOA), bahan kimia yang sering digunakan dalam proses pembuatan lapisan teflon, bersifat karsinogen (dapat memicu kanker) jika tercampur dengan makanan lalu tertelan.

Nah, ini yang saya suka dari rice cooker Cosmos, innerpan-nya dilengkapi teknologi harmond, teknologi yang membuat panci tidak mudah tergores atau terkelupas meskipun disikat dengan sikat besi. Selain aman bagi kesehatan, harmond juga membuat panci lebih tahan lama. Ekonomis gitu lah.

TIP: Rendam panci dengan air selama beberapa saat agar nasi kering yang menempel lebih mudah dibersihkan. Untuk menghilangkan noda berminyak, gunakan sabun pencuci piring sedikit saja lalu cuci sampai bersih.

Bagi Anda yang penasaran, saya bikin video khusus untuk membuktikan bahwa innerpan Cosmos Harmond emang antigores.

Innerpan Handle

Pernahkah Anda tanpa sadar mengangkat panci rice cooker yang masih panas dengan tangan kosong? Saya pernah, sering. Memang sih, tidak sampai membuat tangan melepuh, tapi karena kaget bisa saja secara refleks kita menjatuhkan panci dan nasi yang baru matang itu tumpah berserakan. Pas laper banget, eh nasinya malah tumpah. Kan sakiiittt. 🙁

Kejadian nahas itu tidak akan terjadi karena Cosmos Harmond memiliki innerpan handle (pegangan panci) sehingga memudahkan kita ketika memindahkannya. Enggak harus dicongkel pakai garpu (itu saya) atau kukurilingan neangan lap.

IMHO, fitur innerpan handle merupakan inovasi yang patut diapresiasi. Angkat jempol untuk Cosmos.

Tongolan

Naon sih istilah yang lebih ilmiahna? 😀 Tongolan berfungsi untuk mengatur sirkulasi panas. Selain itu, nasi jadi lebih sehat karena tak ada lagi uap air berlebihan yang menyebabkan nasi cepat basi atau lembek.


Bagi Anda yang kebetulan sedang mencari rice cooker sehat, Cosmos Harmond bisa dibeli di toko-toko offilne. Untuk pembelian online, Anda bisa jalan-jalan ke Cosmos official store di Lazada, Blibli, Tokopedia, Shopee, dan Bukalapak.

Atau, kalau ingin kepo lebih jauh tentang produk-produk Cosmos dan tip-tip bermanfaat serta resep, silakan kepoin link berikut:

  • Website: www.cosmos.id
  • Instagram: @cosmosonline
  • Facebook: mycosmos
  • Youtube: /BelanjaCosmos

Oke, saya cukupkan sekian ngobrol-ngobrol kita kali ini. Selamat memasak. 🙂

Cheers,
~eL

3
Leave a Reply

avatar
2 Comment threads
1 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
3 Comment authors
AntieLangit AmaravatiMba TeNgu Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Mba TeNgu
Guest
Mba TeNgu

Cosmos tuh emang merk idaman banget. Di rumah punya, cosmos tapi yang seri ala kadarnya. Yang sering dipake buat anak kos. Cuma bisa masak ga bisa nganget 😂. Tapi, ngeliat ini kok panci teflonnya bagus jadi kepengen punya. Kemaren liat di supermarket deket rumah, si cosmos ini lagi ada diskon. Kayanya bikin hati ga bisa tahan kalo gini

Antie
Guest

aku punya rice cooker dan magic jar cosmos merk lama, awet lho sampai sekarang. emang bener2 juara nih cosmos. innerpan disikat pakai besi juga gak lecet. paling yang hilang cuma tongolannya karena udah lama banget.

Share This