Bung, Browser dan Search Engine itu Beda, Beda!

Perbedaan search engine dan browser

Anda pasti sudah tahu perbedaan search engine dan browser. Kalaupun belum enggak apa-apa, karena saya akan dengan senang hati menceritakannya.


Apa itu Browser?

Internet memiliki banyak pintu masuk. So far, 3 inilah yang saya tahu: web browser, web application, mobile application.

Browser atau web browser adalah software yang kita gunakan untuk mengakses halaman-halaman web di internet. Contoh: Chrome (miliknya Google), Firefox, Edge, Safari, Brave, the legendary Internet Explorer, dll.

Address bar di browser
Adress bar di browser

Browser, sama seperti software lainnya, harus diinstal di komputer atau ponsel kita. Untuk mengakses sebuah website, kita hanya perlu mengetikkan alamat atau domain web tersebut di address bar (omnibox). Itu kalau kita tahu alamatnya, bagaimana kalau tidak?


Search Engine Adalah …

Saat artikel ini ditulis, 1 September 2022, ada 2 miliar website di seluruh dunia (sumber: Internet Live Stats). Jumlah itu bertambah setiap detiknya. Jika katakanlah setiap web punya 10 taxonomy (kategori dan tag), 100 post, 200 gambar, 73 video, dan 10 page. Sekarang kalikan semuanya dan jawab ini: “Berapa jumlah halaman web yang ada diinternet?”

Jawabannya adalah … banyak.

Masih ingat bahwa internet adalah jaringan maha luas? Kita bisa menemukan banyak hal di dalamnya. Lalu bagaimana caranya kita menemukan informasi yang kita inginkan? Di antara miliaran web itu, bagaimana kita tahu mana yang harus dituju jika kita tidak hafal alamatnya?

DENGAN MENCARI melalui web browser.

Sayangnya web browser tidak bisa melakukannya karena memang tidak dibuat untuk itu. Mereka hanya bisa menampilkan sebuah halaman web jika kita tahu persis alamatnya.

Tapi Anda tak perlu khawatir karena kita tidak perlu masuk ke dalam jaringan untuk mencari di antara miliar website. Ada mesin atau software yang bisa melakukan itu: SEARCH ENGINE.

Search engine atau mesin pencari adalah software yang dirancang untuk melakukan pencarian data di internet. Masing-masing search engine punya bot-bot untuk mengumpulkan data.


Browser vs. Search Engine

Dari dua pengertian di bab sebelum ini bisa disimpulkan bahwa browser adalah software untuk menampilkan sebuah situs web, sedangkan search engine atau mesin pencari adalah mesin yang ada di dalam browser.

Keduanya saling berhubungan, yang satu memerlukan yang lain. Kita tidak bisa mengakses search engine tanpa browser. Sebaliknya, kita bisa menggunakan browser tanpa search engine, tetapi tidak bisa mencari apa-apa.

Namun, hubungan antara browser dengan search engine tidak selalu sederhana, kadang ada rumit-rumitnya.

  1. Ada browser yang punya search engine sendiri:
    • Chrome (browser) dengan Google Search (search engine).
    • Yandex Browser dengan Yandex (search engine).
    • Edge (browser) dengan Bing (search engine).
    • Brave (browser) dengan Brave Search (search engine).
  2. Ada yang hanya punya browser tanpa search engine:
    • Firefox dan Firefox Developer Edition.
    • Vivaldi.
  3. Ada juga yang hanya punya search engine tanpa browser:
    • DuckDuckGo.
    • Startpage.
  4. Dan yang paling rumit di antara semuanya: Yahoo!

Ya, kita bisa menggunakan browser dari penyedia yang satu tapi menggunakan search engine dari penyedia yang lain. Contoh, Anda bisa menggunakan browser Google Chrome dan menggunakan DuckDuckGo untuk mesin pencarinya.


Selain mesin pencari yang ada di browser, ada juga yang namanya local search engine. Fungsinya sama, yaitu untuk melakukan pencarian, tetapi hasil pencariannya berupa daftar bisnis atau atau apa pun yang ada di dekat lokasi kita. Misalnya, Facebook Search dan Twitter Search.

“Lalu bagaimana dengan tombol search yang ada di website-website atau marketplace? Apakah itu mesin pencari juga?”

Bukan. Fitur search di website tidak bekerja seperti search engine (crawling, indexing, serving), melainkan mengambil data langsung dari database.

Demikian obrolan kita tentang perbedaan search engine dan browser. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel lainnya. (eL)

Foto Langit Amaravati

Langit Amaravati

Web developer, graphic designer, techno blogger.

Peminum kopi fundamentalis. Hobi mendengarkan lagu dangdut koplo dan lagu campursari. Jika tidak sedang ngoding dan melayout buku, biasanya Langit melukis, belajar bahasa pemrograman baru, atau meracau di Twitter.

Related Posts

Cara kerja search engine

Cara Kerja Search Engine

Cara menggunakan VPN

Cara Mudah dan Aman Menggunakan VPN di HP dan Laptop

Search engine selain Google Search

9 Search Engine Selain Google Search

2 Comments

Tinggalkan komentar